redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Unsulbar - Burapha Thailand Jalin Kerjasama Riset

avatar penulis

Anita cahyaningrum

24 January 2018

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

MAJENE – Universitas Negeri Sulawesi Barat (Unsulbar) terus meningkatkan kerjasama dalam upaya peningkatan kualitas pendidikannya. Salah satunya adalah dengan membangun hubungan kerjasama dengan Universitas Burapha Thailand.

Kerjasama itu terbangun ketika Rektor Burapha University Thailand, Profesor Sompol Pongthai melakukan kunjungan dengan Pemprov Sulbar dan Unsulbar. Rektor Unsulbar, Akhsan Djalaluddin, mengatakan, sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang baru, Unsulbar telah membangun kerjasama dengan berbagai PTN di Indonesia seperti Universitas Trisakti, dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Terakhir, Unsulbar resmi menjalin kerjasama dengan Universitas Burapha Thailand. Kerjasama yang dibangun tersebut sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara Unsulbar dengan Universitas Trisakti. Akhsan menyebutkan, kerjasama yang dibangun dengan Burapha meliputi kerjasama riset, pengembangan pendidikan, pertukaran pelajar dan pertukaran dosen, pengembangan kapasitas dosen dan pengembangan studi baru khususnya bidang pertanian dan perkebunan.

"Kita di Sulbar memiliki potensi pertanian yang cukup melimpah. Untuk itu, penting bagi Unsulbar sebagai satu-satunya PTN untuk mendukung pengembangan potensi-potensi yang ada," kata Akshan saat menerima kunjungan Rektor Burapha University Thailand, di Majene, Senin (12/10/2015).

Menurut Akshan, kedatangan perguruan tinggi dari Thailand ini dapat mempercepat pengembangan pendidikan di daerah ini. Terutama, bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di Unsulbar sebagai perguruan tinggi negeri di provinsi Sulbar.

Sementara itu, Pemprov Sulbar mengapresiasi kerjasama antara Unsulbar dengan perguruan tinggi di luar negeri karena dapat mempercepat pengembangan Unsulbar dan secara umum dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Barat.

Asisten bidang Pemerintahan Provinsi Sulawesi Barat, Nur Alam Tahir, mengaku kerjasama yang dibangun dua lembaga pendidikan terebut dinilai cukup positif. Bahkan, Pemprov Sulbar sangat mengapresiasi kerjasama tersebut.

"Kami berharap kerjasama ini bukan hanya sampai di sini, tapi terus berkelanjutan. Apalagi, Burapha University Thailand, merupakan perguruan tinggi terbaik di negaranya," tandas Nur Alam.

 

Sumber : https://news.okezone.com