APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

LPPM Untirta Gelar Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence Untuk Pembelajaran di Perguruan Tinggi

avatar penulis

Kartika Putri

15 May 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Untuk Pembelajaran Di Perguruan Tinggi di Ruang Multimedia Untirta Sindangsari (15/05).

Hadir dalam kegiatan ini Dr. Rusmana, Ir., MP., selaku Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. Hj. Meuta, S.E., M.P., selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Untirta, dan Dr. Anwar Muttaqin, S.Si., M.Si., selaku Kepala Pusat Penelitian Pendidikan, Vokasi dan Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh.

Kegiatan diawali dengan laporan dari Dr. Anwar selaku Ketua Panitia sekaligus Koordinator Pusat Penelitian Pendidikan, Vokasi dan Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh yang menyampaikan mengenai kegiatan hari ini ditujukan untuk memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) agar mampu memaksimalkan kegiatan pembelajaran di linkungan Untirta. Sambutan selanjutnya datang dari Kepala LPPM Untirta yaitu Prof. Meuta.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Rusmana yang memberikan arahannya kepada seluruh Dosen yang hadir dalam kegiatan ini untuk dapat menyerap ilmu yang disampaikan hari ini demi kelangsungan pembelajaran yang lebih baik di Untirta khususnya terkait pemanfaatan Artificial Intelligence agar digunakan dengan bijak.

Selanjutnya, sesi pemaparan materi pertama oleh Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom., dari Universitas Indonesia yang menyampaikan materi mengenai Artificial Intelligence untuk Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Berjalannya sesi materi pertama ini, dipandu oleh Ahmad Shulhany, S.Pd., M.Si., dari Politeknik Pelayanan Banten selaku Moderator.

Sesi pemaparan kedua berlanjut dan masih disampaikan oleh Prof. Wisnu dari Universitas Indonesia yang menyampaikan mengenai materi Artificial Intelligence untuk Pengembangan Bahan Ajar atau Sumber Belajar. Sesi materi kedua ini dipandu oleh Huswatun Hasanah, M.Pd., dari Universitas Banten Jaya selaku Moderator.

Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi bersama antara peserta dengan pemateri serta pemberian plakat penghargaan dari LPPM Untirta untuk Pemateri. (AB/IHS/AAP).

 

Sumber : Berita Untirta