redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

USU Selenggarakan FGD Diseminasi Data Science and Artificial Intelligence (DS&AI)

avatar penulis

Azrul Prayoga

21 February 2020

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Sumatera Utara melalui Fakultas Ilmu Komunikasi Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Diseminasi Data Science and Artifical Intelligence (DS&AI), bertempat di Hotel Adimulia Medan, Selasa (3/12/2019). Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor III USU Prof Drs Mahyuddin K.M Nasution, MIT, Ph D.

Dalam sambutannya, Warek III USU antara lain mengatakan bahwa Universitas Sumatera Utara telah menggagas proyek DS&AI yang bertujuan untuk mendirikan sebuah program magister baru dalam bidang Data Science and Artificial Intelligence di Asia. Proyek DS&AI ini akan berfokus pada pendidikan setingkat Master, yang memberikan kuliah-kuliah dan panduan lanjut untuk meningkatkan kemampuan riset yang diperlukan, dalam mengembangkan teknologi-teknologi data-driven baru yang inovatif. Sasaran proyek DS&AI nantinya adalah membangun data saintis berkeahlian-tinggi dan kepakaran lainnya yang akan mendorong industri ICT yang sangat diperlukan.

Perkembangan dalam bidang dunia kerja belakangan ini, tren terhadap kebutuhan akan data science atau ilmuwan data sangat tinggi. Bahkan diklaim bahwa bidang pekerjaan yang digeluti oleh data science atau data scientist sangat mahal. Profesi ini membutuhkan pemahaman dan penguasaan andal untuk beberapa bidang ilmu seperti statistik, kemampuan programming, dan kemampuan analisis ilmu lainnya.

Akan tetapi, kebutuhan yang sangat besar terhadap ketersediaan ilmuwan data saat ini masih sangat minim. Belum banyak yang tertarik untuk menekuni bidang yang satu ini. Sementara peluang pekerjaan yang dibutuhkan cukup banyak untuk menjadi seorang data science.

Menjadi seorang ilmuwan data salah satu tugasnya adalah melakukan analisis terhadap sejumlah data yang cukup besar (big data). Tren dalam dunia akademis menunjukkan bahwa, pengembangan program pendidikan yang sesuai untuk membangun kemahiran dalam bidang sains data dan kecerdasan buatan, akan memberikan kontribusi kepada keberhasilan regional dalam mentransformasi ekonomi nasional dari ekonomi berbasis-komoditi menjadi ekonomi berbasis-pengetahuan.

“Pelaksanaan Focus Group Discussion merupakan salah satu wadah atau sarana bagi kita semua dalam menggali dan mendapatkan begitu banyak informasi dan wawasan terkait tema yang dihadirkan, baik melalui para narasumber yang akan memaparkan pemikiran, pengetahuan dan pengalamannya, maupun antara sesama peserta diskusi dalam kesempatan ini. Ilmu pengetahuan hakikatnya akan terus berkembang dalam melahirkan cabang-cabang ilmu baru, serta bidang-bidang pekerjaan baru. Ilmu pengetahuan dikembangkan, tujuannya adalah untuk melahirkan inovasi, yang pada akhirnya akan bermuara pada pemenuhan kebutuhan manusia,” kata Prof Mahyuddin.

Melalui FGD ini, harapannya, semoga nantinya akan tercapai tujuan dan cita-cita besar yang didambakan USU, yakni memiliki program studi baru yang akan menghasilkan data scientist-data scientist andal dan professional. Teknologi semakin berkembang dan manusia dituntut untuk mampu beradaptasi dan mengimbanginya, agar tidak terlindas dan punah oleh ciptaannya sendiri. Digitalisasi dan penggunaan teknologi telah merambah hampir dalam seluruh bidang kehidupan. Dunia menuntut kecepatan dan ketepatan, yang mau tidak mau harus berusaha untuk kita penuhi segera, demi menuju kehidupan dan peradaban manusia yang lebih baik.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Senat Akademik USU Prof Dr Suwarto, SH, MH, para Staf Ahli Rektor USU, Ketua dan Sekretaris Komisi Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Inovasi USU, Dekan Fasilkom-TI USU Prof Dr Opim Salim Sitompul, M.Sc, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Pimpinan Divisi Teknologi Informasi PT Bank Sumut, Manager PT Telkom Indonesia yang diwakili oleh Sudarto, Kepala Bagian Transformasi Bisnis PT Perkebunan Nusantara IV, Plipus Telaumbanua, S. Kom, Perwakilan dari PT Telkomsel, Ketua dan Sekretaris Komisi Pendidikan USU, Ketua dan Sekretaris Komisi Penjaminan, dan Pengawasan Mutu Akademik USU, Ketua dan Sekretaris Komisi Kelembagaan Akademik, Perencanaan, dan Anggaran USU, Ketua dan Sekretaris Unit Pelayanan dan Pengembangan Pendidikan (UPP) USU, Ketua Unit Manajemen Mutu (UMM) USU, Dr. Ing. Ir. Ikhwansyah Isranuri, para Wakil Dekan selingkung Fasilkom TI, Kepala Sekolah SMK IT Marinah Al Hidayah dan Kepala Balai Veteriner Medan.

(usu.ac.id)