APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

USK Sosialisasikan Program Pendanaan Riset Matching Fund Kedaireka

avatar penulis

Merriam Merriam

9 January 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Syiah Kuala melakukan kegiatan sosialisasi program dana pandanan (matching found) kolaborasi dunia industri dengan perguruan tinggi melalui platform Kedaireka tahun 2024. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemitraan dan Bisnis USK Prof. Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 8 Januari 2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah peneliti USK. Adapun narasumber untuk kegiatan sosialisasi ini adalah Tim Ahli Dana Pandanan 2024 Prof. Chan Basaruddin, Ph.D.

Pada kesempatan ini, Taufiq Saidi dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya menyambut baik terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Sebab menurutnya, kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman bagi para peneliti USK yang ingin terlibat dalam program riset ini.

Dirinya berharap, pada tahun ini jumlah peneliti USK yang proposalnya bisa lolos pada program hibah riset ini jumlahnya bisa meningkat dari tahun sebelumnya.

“Kita berharap tahun ini, bisa lebih banyak lagi peneliti USK yang lolos. Jadi ini kesempatan yang baik bagi kita semua untuk bertanya, agar kita bisa menyiapkan proporsal riset ini dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, Basaruddin dalam paparannya mengatakan, ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian dalam menyiapkan proporsal hibah riset ini. Di antaranya adalah, memperhatikan dengan baik pilihan skema riset. Lalu adanya kesulitan dalam menterjemahkan bentuk luaran pada masing-masing skema, khususnya di bidang non saintek.

Selanjutnya, berkaca dalam tahun sebelumnya, hal lain yang patu menjadi perhatian adalah kapasitas mitra dalam mendukung kebutuhan sumber daya  yang diperlukan dalam pengembangan rekacipta harus menjadi pertimbangan dalam mencari mitra.

Selanjutnya, ia juga mengingatkan calon penerima hibah riset ini untuk memperhatikan dengan baikk mekanisme seleksi, yang salah satu syaratnya adalah pengusul harus memasukan proporsal secara lengkap sejak awal pengusulan.