APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Rayakan Badan Kekeluargaan Fakultas Pariwisata ke-39

avatar penulis

Kartika Putri

29 April 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) merayakan Badan Kekeluargaan (BK) ke-39 bertempat di area Dekanat Fakultas Pariwisata Kampus Unud Jimbaran, Jumat (26/4/2024). Perayaan ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan Fakultas Pariwisata Unud Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par. Turut hadir dalam BK ke-39, Rektor, para Dekan atau yang mewakili, Dekan Fakultas Pariwisata beserta jajaran dan sivitas akademika serta undangan lainnya.

Ketua Panitia Dr. I Made Bayu Ariwangsa dalam laporannya menyampaikan, Badan Kekeluargaan Fakultas Pariwisata (BKFPAR) ke-39 ini mengambil tema “Memperkuat Integritas Menuju Kemakmuran Bersama” dengan tagline "Strengthen Integrity Towards Prosperity" yang merupakan bentuk relevansi yang kuat dengan kondisi pariwisata saat ini di tengah tantangan yang dihadapi oleh industri pariwisata. Di tengah pesatnya pertumbuhan pariwisata global, terutama dengan adopsi teknologi dan kemajuan digital, integritas menjadi kunci utama untuk mencapai kemakmuran yang berkelanjutan.

Integritas merupakan sebuah pondasi nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi kunci utama dalam memperjuangkan keberhasilan bersama serta mencapai kemakmuran yang berkelanjutan dalam lingkungan kekeluargaan. Melalui komitmen yang kuat terhadap integritas, Badan Kekeluargaan Fakultas Pariwisata menjadi wadah yang kokoh untuk memupuk semangat kerja sama, penghargaan terhadap keberagaman, dan pencapaian bersama dalam meraih kemakmuran bagi seluruh keluarga Fakultas Pariwisata.

Serangkaian dengan BK ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan antara lain, talkshow, pemilihan jegeg bagus Fakultas Pariwisata, pengabdian masyarakat, apel upacara bendera yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2024, serta Seminar Internasional yang akan berlangsung pada tanggal 3 Mei 2024. Ketua Panitia berharap penyelenggaraan BKFPAR di hari jadinya ke-39 menjadi momentum untuk selalu berbenah menjadi lebih maju, makmur, berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, dan mendapat pengakuan secara nasional dan internasional.

Dekan Fakultas Pariwisata Dr. I Wayan Suardana dalam kesempatan ini menyampaikan, Fakultas Pariwisata tahun ini fokus melakukan kegiatan pada pencapaian IKU, hanya untuk dua pemenuhan standarisasi nasional, yang pertama adalah menyelesaikan target untuk internasionalisasi melalui seluruh akreditasi program studi melalui akreditasi FIBAA, sesuai target renstra tahun 2025 memperoleh sertifikat AUN dan di tahun 2023 sudah didapatkan oleh Program Studi Pengelolaan Perhotelan, sedangkan untuk program studi lainnya akan diupayakan tahun ini untuk akreditasi FIBAA. Yang kedua Fakultas Pariwisata saat ini sedang melaksanakan proses implementasi Zona Integritas Bebas dari Korupsi dan perbaikan layanan, hal ini ditindaklanjuti dengan dilaksanakan penandatanganan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi oleh jajaran pimpinan dan penandatanganan Pakta Integritas untuk menuju internasionalisasi. Fakultas Pariwisata berkomitmen untuk meningkatkan kualitas, baik kualitas pembelajaran, pendidikan maupun yang lainnya. 

Selain itu, Fakultas Pariwisata tahun ini harus membuka program studi di luar kampus utama, seperti diskusi yang sudah dilaksanakan sebelumnya dengan Dinas Pariwisata Labuan Bajo untuk merespon MoU yang sudah ditandatangai oleh Rektor terkait dengan pembukaan program studi baru pariwisata di Labuan Bajo dan Papua. Melalui pelaksanaan BKFPAR ini diharapkan Fakultas Pariwisata menjadi bagian yang berperan penting bagi Universitas Udayana.

Sementara itu Rektor Unud Prof. Ngakan Putu Gede Suardana menyampaikan rasa bangga terhadap Fakultas Pariwisata yang telah berhasil memperoleh akreditasi international AUN QA untuk Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan pada tahun 2023 lalu. Peningkatan kualitas fakultas ini sangat penting mengingat Fakultas Pariwisata memiliki peranan yang strategis dalam dunia pendidikan pariwisata, dimana pariwisata merupakan sektor utama dalam pembangunan nasional, khususnya Bali. Ke depannya diharapkan Fakultas Pariwisata terus meningkatkan kualitasnya sebagai institusi pendidikan yang menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam industri pariwisata. Tentunya upaya ini harus didukung oleh semua civitas akademika mulai dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa. 

Selain itu diharapkan seluruh civitas akademika mengedepankan integritas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jadikanlah integritas pilar utama dalam upaya memajukan lembaga, sehingga dapat menjadi teladan bagi generasi mendatang.

"Hanya dengan integritas yang kokoh, kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk mencapai kemakmuran bersama, tidak hanya bagi Fakultas Pariwisata dan Universitas Udayana namun juga bagi masyarakat luas. Semoga kerja keras dan kolaborasi yang telah dilaksanakan dapat terus berjalan dan lebih banyak menghasilkan prestasi dan manfaat yang baik bagi semua pihak," ujar Rektor.

 

Sumber : Berita UNUD