APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Inkubator Bisnis Universitas Udayana Gelar Pelatihan Penguatan Kelembagaan Inkubator Bisnis

avatar penulis

Kartika Putri

27 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Inkubator Bisnis Universitas Udayana (Unud) melaksanakan kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Inkubator Bisnis, Pengembangan Mutu SDM untuk Transformasi PTN-BLU menjadi PTN-BH, Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana yang bertempat di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Senin (19/2/2024). Kegiatan ini diikuti oleh 17 dosen perwakilan masing-masing fakultas di lingkungan Universitas Udayana.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia yang dalam hal ini adalah Ketua Inkubator Bisnis Universitas Udayana, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed. Dalam laporannya disampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu Senin-Rabu, 19-21 Februari 2024 yang mana kegiatan ini akan banyak membahas bagaimana peran inkubator bisnis dalam mendukung PTN-BH melalui pentingnya hilirisasi dan komersialisasi hasil riset di Perguruan Tinggi. Disamping itu dalam pelatihan ini juga akan membahas bagaimana pentingnya kolaborasi antara inkubator bisnis sebagai lembaga yang membina wirausaha pemula dengan unit-unit kewirausahaan di masing-masing fakultas.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Udayana yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ir. I Ketut Sudarsana, S.T.,Ph.D. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Udayana yang akan bertransformasi dari PTN-BLU menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) yang mana perlu didukung dengan upaya-upaya peningkatan kualitas pembelajaran, riset, pemberdayaan masyarakat, dan kualitas program-program kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) serta lembaga eksternal lainnya.

Alternatif yang dapat ditempuh untuk mampu mengadakan biaya pendidikan secara mandiri adalah dengan komersialisasi yaitu lisensi paten dan membentuk badan yang mampu mengelola kemampuan profesional dan bisnis yang disebut Inkubator Bisnis perguruan tinggi. Dalam kesempatan ini Wakil Rektor juga menyampaikan harapannya bahwa dosen yang telah mewakili masing-masing fakultas bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini sampai selesai dan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar apa yang menjadi tujuan dan harapan kita bersama dapat tercapai dengan maksimal.

Acara pembukaan ini juga turut dihadiri oleh Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara, MP.,Ph.D selaku Ketua Tim PTN-BH Universitas Udayana serta Dr. Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE, MM, Ak. selaku Koordinator Program Pengembangan SDM Universitas Udayana. 

Setelah acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan Rencana Pengembangan Universitas Udayana menuju PTN-BH oleh Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara, MP.,Ph.D selaku Ketua Tim PTN-BH Universitas Udayana. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Peran Inkubator Bisnis dalam mendukung PTN-BH di hari pertama serta Fundamental Inkubator Bisnis dan Hilirisasi Riset di hari kedua dari narasumber yaitu Catur Sugiarto, S.E., M.SM., M. Rech., Ph.D., CDMP selaku Ketua Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

Di hari kedua serta ketiga kegiatan juga diisi oleh Narasumber Ferie Budiansyah selaku Manajer Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia yang memaparkan materi tentang Pembentukan dan Tata Kelola E-Hub di masing-masing fakultas serta Penguatan Kemitraan & Jejaring Bisnis.

Sumber :  Biro Akademik, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat