APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Udayana Gelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Ada Ketentuan Tambahan Dalam Proses Seleksi

avatar penulis

Kartika Putri

15 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 bertempat di Ruang Pertemuan dr. A.A Made Djelantik Fakultas Kedokteran Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (6/2/2024). Sosialisasi ini diikuti oleh peserta dari kalangan guru dan siswa perwakilan SMA, SMK atau sederajat yang ada di Bali yang hadir langsung maupun bergabung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Rektor Unud dan Wakil Rektor, Para Pimpinan Fakultas, Kepala Biro dan undangan lainnya. Sosialisasi yang dibuka langsung Rektor Unud ini menghadirkan tiga narasumber yakni Dr. Dra. Ismaini Zain, M.Si selaku Koordinator Humas dan Promosi SNPMB Kemendikbudristek, Prof. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P.,IPU selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Unud dan Prof. Ir. I Ketut Sudarsana, ST.,Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud.

Adapun materi yang disampaikan yakni Sharing Session Sosialisasi SNPMB 2024 (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru), Sekilas Universitas Udayana, Kriteria Penelusuran Jalur Mandiri Prestasi (PJMP) Universitas Udayana Tahun 2024 dan KIP Kuliah.

Rektor Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU,ASEAN.Eng dalam sambutannya menyampaikan pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024 melalui Jalur SNBP akan dimulai pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Saat ini baik siswa maupun pihak sekolah sedang dalam tahapan pembuatan akun SNPMB 2024 serta pengisian Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS). Pengisian PDSS ini merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami karena berkaitan dengan data yang akan diinput ke sistem dan validasinya menjadi tanggungjawab sekolah. Untuk itu diperlukan pemahaman dan penyamaan persepsi, sehingga tidak ada kekeliruan yang akan merugikan banyak pihak, baik itu pihak sekolah, siswa maupun perguruan tinggi yang diminati. 

Universitas Udayana sebagai salah satu perguruan tinggi negeri sebagai penyelenggara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024, memandang perlu melakukan Sosialisasi SNPMB kepada Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat, khususnya yang berada di Provinsi Bali dengan menghadirkan narasumber yang merupakan panitia SNPMB Pusat yang dalam hal ini hadir Dr. Ismaini Zain untuk memberikan informasi-informasi penting yang berkaitan dengan proses PMB tahun ini. Sudah barang tentu terdapat informasi-informasi baru terkait kebijakan dari Kementerian yang telah ditetapkan dalam PMB Tahun 2024. 

“Dalam kegiatan ini juga sekaligus kami sosialisasikan program studi serta jalur PMB di Universitas Udayana yang akan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Gede Rai Maya Temaja. Di tahun 2024 ini, Universitas Udayana juga berencana untuk membuka kembali jalur prestasi yaitu Penelusuran Jalur Mandiri Prestasi (PJMP) yang informasinya akan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. I Ketut Sudarsana,” ujar Rektor.

Pihaknya berharap pada sosialisasi ini, apabila terdapat hal-hal yang belum jelas atau belum diketahui terkait PMB tahun 2024 ini, peserta agar menggali informasi sebanyak-banyaknya dari narasumber yang hadir.

Narasumber Panitia SNPMB Pusat Dr. Ismaini Zain dalam paparannya mengungkapkan bahwa ada ketentuan tambahan dalam PMB 2024 yakni siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN Manapun.

Kemudian peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah terdaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN Manapun. Untuk pelaksanaan UTBK jalur SNBT dilaksanakan di 74 pusat UTBK PTN dan Sub Pusat UTBK yang menjangkau lebih luas di beberapa wilayah. Lokasi kota dan tanggal tes dapat dilihat di laman resmi SNPMB.

Sumber :  Biro Akademik, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat UNUD