APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Universitas Udayana Gelar Workshop Penyusunan Prosedur Operasional Baku (POB) Merdeka Belajar Kampus Merdeka

avatar penulis

Kartika Putri

21 February 2024

header image article

Photo by Chaitanya Tvs on Unsplash

Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Workshop Penyusunan Prosedur Operasional Baku (POB) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Udayana, Kamis (15/02/2024), bertempat di City of Aventus Hotel, Denpasar. Workshop ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Bidang Kemahsiswaan, para Personalia Unit MBKM, serta para PIC-BKP MBKM Fakultas.

Ketua Panitia Workshop Penyusunan POB ini, Ni Luh Putu Ari Sulatri, S.S., M.Si, dalam laporannya menyampaikan bahwa POB yang akan dirancang kali ini yaitu POB Bina Desa, POB Mitigasi bencana dan POB Wirausaha Merdeka. Selaku  Ketua Pelaksana ia berharap mendapatkan masukan terkait penyusunan POB, sehingga Program MBKM di Universitas Udayana dapat meningkat dari segi kualitas maupun kuantitasnya. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan Universitas Udayana, Prof. Ketut Sudarsana yang dalam hal ini mewakili Rektor membuka acara workshop. Dalam sambutannya Wakil Rektor III menyampaikan apresiasinya kepada Unit LP3M yang sebelumnya sudah mengeluarkan panduan MBKM secara umum untuk digunakan sebagai acuan dalam menerbitkan POB untuk berbagai kegiatan yang mebutuhkan prosedur lebih detail seperti kegiatan bina desa, mitigasi bencana, dan kewirausahaan.

Harapannya workshop ini dapat melahirkan draft POB yang nantinya dijadikan acuan dalam pelaksanaan MBKM, sehingga tidak ada lagi keraguan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan MBKM, terutama terkait bina desa, mitigasi bencana dan kewirausahan, dan diharapkan POB dimaksud dapat diterapkan di tahun 2024 ini. "Pesannya, apapun apapun kegiatan yang dilaksanakan yang terkait dengan kegiatan pembelajaran di luar Prodi agar memberikan dampak peningkatan kompetensi bagi mahasiswa," ujar Wakil Rektor.

Workshop ini menghadirkan 2 (dua) narasumber, yaitu Dr. Ujang Suwarna, S.Hut., M.Sc dari Institut Pertanian Bogor yang menyampaikan materi tentang Praktek Membangun Desa "One Village One CEO" yang pada kesempatan kali ini disampaikan secara daring melalui aplikasi Zoom, dan Dr. Ir. I Ketut Sardiana, MS.Si, selaku Ketua Unit MBKM Universitas Udayana, yang menyampaikan materi tentang Pengelolaan MBKM di Universitas Udayana. Kedua Narsumber tersebut dimoderatori oleh Dr. Ir Luh Putu Wrasiati, M.P.

Sumber : Biro Akademik, Kerjasama, dan Humas UNUD