redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Politeknik Perikanan Negeri Tual Verified

Jl. Karel Sadsuitubun No. 1 Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku

LIHAT LOKASI

Akreditasi NA

Tipe Negeri

Status PTN

Ranking

20763

Webometrics

Profil Kampus

Profil

Politeknik Perikanan Negeri Tual adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang cukup unik. Hal ini, karena dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia yang terletak di orbitasi pusat pertumbuhan (ibu kota Provinsi), Politeknik Perikanan Negeri Tual letaknya jauh dari orbitasi pusat pertumbuhan tersebut yakni di kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Indonesia. Disamping itu juga, terletak di antara 2 (dua) laut yang kedalamnya berbeda (Laut Banda yang dalam & Laut Arafura yang dangkal). Sejak berdirinya sampai saat ini, Politeknik Perikanan Negeri Tual terdiri dari Jurusan Teknologi Hasil Perikanan/THP dengan empat program studi, yaitu : Teknologi Hasil Perikanan/THP, Teknologi Budidaya Perikanan/TBP, Teknologi Penangkapan Ikan/TPI, dan Agribisnis Perikanan/AGP. Pimpinan Politeknik Perikanan Negeri Tual sampai dengan tahun 2009 adalah Ir.P.Beruatwarin, M.Si (Direktur), Ir.O.Jamlaay, MT (ASDIR I), Ir.Bruri B.Tumiwa, M.Si (ASDIR II), Ir.A.M.Tapotubun, MP (ASDIR III) dan J.A.Rahayaan, S.Pi (ASDIR IV). Setelah itu, dari tahun 2009 sampai sekarang adalah DR.rere.nat.Ir.E.A.Renjaan,M.Sc (Direktur), Ir.C.Waranmasalembun, M.Si (ASDIR I), Ir.O.Jamlaay, MT (ASDIR II), Ir.Bruri B.Tumiwa, M.Si (ASDIR III), dan Abd.Malik Serang, S.Pi., M.Si (ASDIR IV). Orientasi Politeknik ini adalah bidang perikanan, oleh karena dipengaruhi letaknya, yakni terletak di daerah yang terdiri dari pulau-pulau. Perbandingan antara daratan dan lautan adalah 1:3, sehingga dapat dikatakan kabupaten Maluku Tenggara dengan ibu kota Tual merupakan miniaturnya Indonesia. Oleh karena saking banyaknya pulau-pulau (sekitar 100-an), maka terdapat tempat-tempat yang secara natural membentuk laboratorium-laboratorium alam yang luar biasa indah dan lengkap, sehingga dapat dijadikan selain tempat berwisata, tetapi juga menimba ilmu. Oleh karena, terletak di antara Laut Banda & Laut Arafura, maka laut Kabupaten Maluku Tenggara mengandung hasil laut yang tak terbilang jumlahnya dan beraneka ragam serta berkualitas.

 

Adapun Politeknik Perikanan Negeri Tual didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 109/O/2004 tentang Pendirian Politeknik Perikanan Negeri Tual, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2008 tentang Statuta Politeknik Perikanan Negeri Tual.

Grafik Data Dosen & Mahasiswa

Grafik Data Dosen

Grafik Data Mahasiswa

Rasio Data Dosen & Mahasiswa

1:15,3

Daftar Jurusan

Teknologi Hasil Perikanan

teknologi hasil dan bisnis perikanan

http://www.polikant.ac.id

Akreditasi

B

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Agrobisnis Perikanan

teknologi hasil dan bisnis perikanan

http://www.polikant.ac.id

Akreditasi

C

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Bioteknologi Pangan dan Agroindustri

teknologi hasil dan bisnis perikanan

http://www.polikant.ac.id

Akreditasi

NA

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Teknik Kelautan

teknologi pendayagunaan sumberdaya laut

http://www.polikant.ac.id

Akreditasi

NA

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Jalur Pendaftaran

Berikut ini daftar jalur pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Politeknik Perikanan Negeri Tual tahun ajaran 2020/2021:

jalur pendaftaran
jalur pendaftaran

22 Januari 2018 - 14 April 2018

Jalur Undangan atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) Tutup

Berita

Yuk sobat cari tau berita terbaru seputar kampus!