redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) Verified

Kompleks Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Akreditasi A

Tipe Negeri

Status PTN-BH

Ranking

20858

Webometrics

Profil Kampus

Profil

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) dahulu dikenal sebagai Akademi Sekretari/Lembaga Pendidikan Kejuruan Tarakanita atau lebih dikenal dengan Aksek/LPK Tarakanita didirikan pada 10 Januari 1968 di Pulo Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tentu tidak begitu saja lembaga pendidikan yang khusus mendidik kaum perempuan ini ‘lahir’. Ada sesuatu yang melatari ‘dilahirkannya’ lembaga pendidikan yang satu ini. Dan, keberadaan lembaga pendidikan yang satu ini tidak terlepas dari karya misi dari para Suster Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih St. Carolus Borromeus atau Suster-suster CB yang sudah berkarya di Indonesia sejak puluhan tahun sebelumnya.

Dunia sekretaris merupakan salah satu pilihan yang memiliki peluang untuk dikembangkan pada saat itu. Kebijakan pemerintah yang mulai mencanangkan pembangunan jangka panjang dan menengah, dengan memberi peluang sebesar-besarnya pada kegiatan penanaman modal pada tahun 1967, baik modal dalam negeri maupun modal asing, telah membuka peluang tersedianya banyak lapangan kerja. Peluang inipun tentu saja termasuk tenaga sekretaris.

Dari Aksek/LPK Tarakanita menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) Tarakanita

Tidaklah lengkap kalau kualitas sebuah institusi pendidikan hanya diukur dengan suksesnya penyelenggaraan pendidikan, prasarana dan sarana fisik, staf pengajar yang handal dan program perkuliahan yang komprehensif. tetapi juga pada sejauh mana institusi pendidikan tersebut berhasil menciptakan lulusan-lulusan yang handal yang berhasil diserap di pasaran lapangan kerja. Dan, Aksek/LPK Tarakanita telah berhasil mempadukan semua hal tersebut.

Perjalanan Aksek/LPK Tarakanita rasanya boleh dicatat sebagai sebuah “success story”. Betapa tidak, semua alumni Aksek/LPK Tarakanita telah membuktikan kemampuannya, di mana mereka selalu diterima di institusi manapun. Alumni Aksek/LPK Tarakanita selalu ‘laku’ di pasaran kerja. Mereka tersebar di berbagai perusahaan, baik perusahaan perorangan maunpun perusahaan publik, baik perusahaan nasional maupun perusahaan multinasional. Setiap tahun selalu saja ada penawaran untuk posisi sekretaris alumni Aksek/LPK Tarakanita, baik lewat iklan maupun yang langsung menguhubungi kampus. Tentu ini merupakan sebuah prestasi sekaligus prestise.

Namun, seperti pepatah mengatakan ‘lebih sulit mempertahankan dari pada merebut’, Aksek/LPK Tarakanita pun menyadari hal tersebut. Di tengah hingar bingar derasnya persaingan, Aksek/LPK Tarakanita bertekad untuk terus mempertahankan kualitas yang ada, sambil terus berupaya untuk merebut peluang-peluang baru yang ada di depan. Bagaimanapun, Aksek/LPK Tarakanita akan tetap mengobarkan semangat dan tekad sesuai dengan semboyan untuk menjadi yang terbaik dan terdepan dalam “Menghasilkan Sekretaris Profesional yang Bermoral dan Berwawasan Global”.

BNSP Competency Award 2009 dan Pengembangan Lokasi Kampus di Thamrin City

Hanya satu tahun berselang sejak perubahannya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita, sebuah pengakuan akan kualitas kembali diperoleh STIKS Tarakanita. Penghargaan yang langsung diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar tersebut adalah BNSP Competency Award 2009 untuk kategori lembaga pendidikan. BNSP Competency Award merupakan penghargaan tertinggi untuk pengabdian, perjuangan, dan jasa yang istimewa kepada perorangan dari masyarakat umum, Industri/perusahaan/pelaku usaha, organisasi profesi atau lembaga pendidikan dan pelatihan yang mampu membuktikan diri dalam pencapaian kompetensi di bidangnya, atau telah berhasil menggerakkan, membangun, meningkatkan kompetensi bangsa.

Pengakuan akan kualitas tersebut tidak lantas membuat STIKS Tarakanita berpuas diri. Demi memberikan pelayanan terbaik pada peserta didik serta upaya pengembangan kampus, mulai pertengahan tahun 2011 STIKS Tarakanita telah hadir di tengah jantung kota Jakarta, tepatnya di Thamrin City Community Center untuk Program Studi Komunikasi Bisnis (S 1) baik kelas reguler maupun kelas eksekutif dan Program Studi Sekretari (D 3) kelas eksekutif.

Pemilihan lokasi kampus yang dekat dengan pusat pemerintahan, kegiatan perkantoran, dan bisnis merupakan upaya menjawab tuntutan peserta didik yang mayoritas adalah perempuan karir dengan aktivitas padat dan keterbatasan waktu untuk melaksanakan studi. Upaya pengembangan lokasi kampus tersebut diharapkan terus berlanjut dengan terobosan-terobosan baru dalam hal peningkatan kualitas pelayanan, guna mendukung tercapainya tujuan lembaga, yaitu menjadikan STIKS Tarakanita ‘ladang persemaian tunas-tunas muda yang profesional, bermoral, dan berwawasan global’.

Daftar Jurusan

Ilmu Komunikasi

ilmu komunikasi

https://stiks-tarakanita.ac.id

Akreditasi

B

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Sekretaris

sekretari

https://stiks-tarakanita.ac.id

Akreditasi

B

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Jalur Pendaftaran

Berikut ini daftar jalur pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ajaran 2020/2021:

01 September 2020 - 30 September 2021

Jalur Reguler

Buka
Daftar Sekarang

01 September 2020 - 30 September 2021

Jalur Reguler

Buka
Daftar Sekarang

Daftar Alumni Penting

Credit Analyst

Brigitta Caroline

Rr Patricia Prinza

Berita

Yuk sobat cari tau berita terbaru seputar kampus!