redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti Verified

Jl cemara 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

LIHAT LOKASI

Akreditasi C

Tipe Swasta

Status PTS

Profil Kampus

Profil

Akademik Teknologi Grafika Trisakti atau yang sering disebut dengan ATG Trisakti, didirikan pada tahun 1985 atas prakarsa dan gagasan dari Cosmos Sutiyono,B.Sc, seorang mantan pejabat Pusat Grafika yang merupakan hasil kesepakatannya dengan Rektor Universitas Trisakti berkaitan dengan keperluan pengelolaan unit percetakan Universitas Trisakti ketika itu, mendapat dorongan dari beberapa pihak yang merasa ikut bertanggungjawab terhadap perkembangan industri grafika.  Hal ini mengingat lembaga pendidikan setingkat akademi yang ada di Indonesia pada saat itu hanya ada satu, dan kondisinya pun kurang berkembang sesuai yang diharapkan.

Selain memperoleh dukungan Rektor Universitas Trisakti yang pada saat itu dijabat Prof.Dr.Ir.P. Haryasudirdja, Yayasan Trisakti juga mendukung pendirian Akademi Teknologi Grafika di bawah naungan Yayasan Trisakti, sebagai badan hukum penyelenggara Universitas, Sekolah Tinggi, dan Akademi di lingkungan Trisakti.

Dalam kelanjutannya, Yayasan Trisakti lalu mengambil alih tugas dan tanggungjawab pendirian ATG Trisakti dan mengajukannya ke Kopertis Wilayah III Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.  Di dalam surat pengajuan tertanggal 25 April 1985, Yayasn Trisakti mengusulkan agar proses belajar mengajar ATG Trisakti dapat dimulai pada tanggal 1 September 1985.

Berdasrkan surat pengajuan dari Yayasan Trisakti, Tim Evaluasi dari Kopertis Wilayah III DKI Jakarta kemudian melakukan peninjauan ke ATG Trisakti pada tanggal 12 Juni 1985. Tak lama setelah peninjauan, dalam suratnya No. 19/KopIII/S.IV/85 tanggal 26 Juni 1985, Kopertis Wialyah III DKI Jakarta mengeluarkan persetujuan sementara pendirian ATG Trisakti, dengan program studi strata D3 Teknologi Grafika.  Dengan demikian secara operasional ATG Trisakti diperbolehkan untuk menyelanggarakan pendidikan dan pengajaran setelah menerima mahasiswa baru ATG Trisakti dilaksanakan oleh Rektor Usakti tanggal 2 September 1985, bersama-sama dengan penerimaan mahasiswa baru dari Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi lainnya di lingkungan Yayasan Trisakti.  Dengan mempertimbangkan kenyataan itu, melalui Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan Trisakti No. 158/S/1985 tentang Pendirian ATG Trisakti, tanggal 2 September 1985 akhirnya dinyatakan sebagai hari kelahiran ATG Trisakti.

Berjalan dengan status izin operasional selama kurang lebih tiga tahun, berdasarkan SK Mendikbud Nomor: 0230/O/1988 ATG Trisakti kemudian mendapat status baru yakni ”Terdaftar”.  Setelah tiga tahun beroperasi dengan status ”Terdaftar”, sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor:0218/O/1991, tanggal 23 April 1991, status ATG Trisakti berubah lagi menjadi ”Diakui”.

Grafik Data Dosen & Mahasiswa

Grafik Data Dosen

Grafik Data Mahasiswa

Rasio Data Dosen & Mahasiswa

1:31,8

Daftar Jurusan

Desain Komunikasi Visual

sekolah tinggi media komunikasi trisakti

https://www.mediakomtrisakti.ac.id/s1-desain-komunikasi-visual/

Akreditasi

C

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Teknik Grafika

sekolah tinggi media komunikasi trisakti

https://www.mediakomtrisakti.ac.id/d4-teknologi-grafika/

Akreditasi

C

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Jalur Pendaftaran

Berikut ini daftar jalur pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti tahun ajaran 2020/2021:

jalur pendaftaran
jalur pendaftaran

03 Juni 2018 - 08 Juli 2020

Penerimaan Mahasiswa Baru Tutup

Berita

Yuk sobat cari tau berita terbaru seputar kampus!