redesain-navbar Portlet

kampus_pintar_v3

Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis Verified

Jl. D.I Panjaitan No. 11, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

LIHAT LOKASI

Akreditasi C

Tipe Swasta

Status PTS

Profil Kampus

Profil

Keberadaan STT GKE tidak dapat dipisahkan dari Sakula Pandita (Sekolah Pendeta) yang didirikan tahun 1932. Sebanyak lima orang kandidat dididik di sekolah ini selama kurang lebih dua setengah tahun. Sekolah Pendeta ini pernah terhenti selama satu dasawarsa dan baru dibuka kembali pada tahun 1948 dengan nama Sekolah Theologia. Pada tanggal 3 Februari 1963 status Sekolah Theologia ditingkatkan menjadi Akademi Theologia GKE dan pada tanggal 8 Juni 1981 ia memperoleh status Terdaftar dari Departemen Pendidikan RI.

Kemudian berdasarkan Surat keputusan Mendikbud RI No. 0359/U/ 1986 pada tanggal 25 Mei 1986 tentang penetapan kembali Penyesuaian Jalur, Jenjang dan Program Pendidikan serta Unit/Fakultas/Jurusan/Program Studi Status terdaftar pada Perguruan Tinggi Swasta, maka Akademi Theologia GKE menyesuaikan diri dan berganti nama menjadi Akademi Filsafat GKE sehingga status Terdaftar diperbarui lagi dengan SK Mendikbud No. 398/DIKTI/Kep/1992 tertanggal 19 Agustus 1992.

Sehubungan dengan tuntutan pelayanan yang semakin meningkat, baik kuantitas maupun kualitas dan dalam rangka mempersiapkan tenaga pelayan yang terampil di tengah-tengah jemaat, gereja dan masyarakat, maka Sidang Majelis Sinode GKE tanggal 24-25 Juli 1986 menugaskan kepada pengurus Yayasan Pendidikan Teologi (YPT) GKE untuk meningkatkan status Akademi Filsafat GKE menjadi Sekolah Tinggi Teologi GKE.Berdasarkan penugasan tersebut maka dikeluarkanlah SK YPT GKE No. 27, tanggal 1 Juni 1987 tentang peningkatan Akademi Filsafat GKE menjadi Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE).

Upaya awal untuk mendapat status Terdaftar dari KOPERTIS Wilayah XI Kalimantan bagi program Strata 1 mengalami kendala. Namun, dengan diakuinya teologi dalam Ensiklopedi Ilmu yang dikembangkan di Indonesia sesuai SK Mendikbud RI No. 0539/U/1996 dan ujian penyetaraan dosen bulan November 1997, maka syarat-syarat terdaftar untuk program S1 sudah dapat diusahakan. Tetapi proses status STT GKE dari KOPERTIS Wilayah XI Kalimantan tersebut tidak dapat terwujud dan kandas dikarenakan berbagai hambatan.

Pada tahun 2003 STT GKE mengalihkan perjuangan untuk memperoleh statusnya dari Departemen Agama RI. Dalam kurun waktu relatif singkat terbitlah Keputusan Menteri Agama cq. Dirjen Bimas Kristen, No. DJ III/Kep/IIK.00.5/14/160/2004 tanggal 19 Januari 2004 dengan status DIAKUI. Sejak 2003-2005, STT GKE telah melaksanakan Ujian Negara S1 Departemen Agama RI yang diikuti oleh 88 orang alumnus dan semua telah lulus. Pada tahun yang sama (2003) STT GKE mengarahkan semua mahasiswa mengambil program S1 Teologi (S.Th.) sesuai dengan pengembangan STT GKE dan tuntutan jemaat agar lulusan STT GKE memiliki kualitas yang lebih baik.

Grafik Data Dosen & Mahasiswa

Grafik Data Dosen

Grafik Data Mahasiswa

Rasio Data Dosen & Mahasiswa

1:37

Daftar Jurusan

Teologi

sekolah tinggi teologi gereja kalimantan evangelis

http://sttgke.ac.id/index.php?cID=program-sarjana

Akreditasi

C

Kuota Tahun Lalu

0

Pendaftar Tahun Lalu

0

Tingkat Keketatan

Jalur Pendaftaran

Berikut ini daftar jalur pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis tahun ajaran 2020/2021:

03 Mei 2018 - 08 Juli 2020

Penerimaan Mahasiswa Baru Tutup

Berita

Yuk sobat cari tau berita terbaru seputar kampus!