website-baru-navbar Portlet

website-baru-navbar Portlet

new-univ Portlet

Logo kampus

Universitas Sawerigading Makassar

http://www.unsamakassar.ac.id/

Alamat

Jl. Kandea No.127 Bontoala Tua Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Tipe

SWASTA

Status

PTS

Akreditasi

C

PROFIL

Perguruan Sawerigading yang melahirkan Universitas Sawerigading, sudah beroperasi sejak 1943. Perguruan ini dirintis oleh Haji Syahadat Daeng Situju. Nama perguruan dan kampus diambil dari salah seorang tokoh Bugis bernama Sawerigading yang sangat hebat dan menguasai beberapa wilayah menyebar di beberapa tempat di masa lalu.

Haji Syahadat,  lahir  di Bantaeng 1888.  Sekolah di  Volks School, Sampai kelas tiga.  Meneruskan di Veroolg School (Sekolah Rakyat Sambungan). Dia diterima sekolah raja di Makassar dan   memilih jurusan keguruan.  Setelah tamat  ditempatkan sebagai guru sekolah rakyat di Palleko Takalar. Di antara bekas muridnya termasuk Karaeng Polongbangkeng seorang Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Pajonga  Dg Ngalle. Muridnya di sekolah rakyat di Jongaya, termasuk Andi  Pangerang Pettarani mantan Gubernur Sulawesi dan Andi Ijo Karaeng Lalolang bekas raja Sombaya di Gowa. 

Periode 1920 – 1930 Syahadat berjuang dalam bidang pers, menerbitkan, surat kabat ‘Anak Kunci’,  menulis dalam  sura  kabar  di Pemberitaan Makassar, Berita Baru  dan penerbitan lainnya. Antara tahun 1925 dan 1930 Syahadat  juga turut mengelola ekonomi dan turut mendirikan PT (NV) “Wajo”.

Sewaktu perguruan Taman Siswa di Makassar berdiri sesudah 1930, Syahadat  turut membantu, sehingga Perguruan Sawerigading mulai dikelola 5 April 1943, sebenarnya menuruti pola pendidikan nasional Taman Siswa.  Syahadat Dg.Situju memimpin Perguruan dan Universitas Sawerigading  sampai akhir hayatnya.

Sepeninggal  Haji Syahadat  pada tgl 2 September 1950,  pimpinan  Universitas Sawerigading  diambil alih  puteranya ke-3, Nuruddin Syahadat. Dibawah pimpinan Nuruddin Syahadat Perguruan dan Universitas Sawerigading  berkembang pesat sampai di Pulau Jawa dan Sumatera Tanjung Pinang


PRESTASI

1. Juara 1 fighter (perkelahian bebas),

2. Juara 2 seni

3. Juara 1 di kejuaraan dunia di Jepang

terpopuler

Laporkan Diskusi

Review

Apakah anda yakin untuk menghapus diskusi ini?

Alasan Dilaporkan


website-baru-footer Portlet

Logo Aku Pintar

Daftar Beasiswa Kuliah di Aplikasi Aku Pintar

Ada puluhan beasiswa sedang dibuka. Ayo buruan!