APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Peta Belajar Pintar

Sobat, ini nih ada Peta Belajar Bersama IPS bab tiga



 

Yuk, mulai belajar bersama !

Perdagangan Internasional



Sumber : turbobrokers.com

Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antar individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. 

Faktor yang mendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional, diantaranya sebagai berikut : 

  1. Faktor Alam/Potensi Alam
  2. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
  3. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara 
  4. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi
  5. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut 
  6. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi. 
  7. Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang
  8. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain
  9. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak ada satu negarapun di dunia yang dapat hidup sendiri

Perdagangan Internasional ini mempunyai berbagai manfaat seperti menurut Sadono Sukirno. Manfaat Perdagangan Internasional adalah sebagai berikut.

  1. Menjalin Persahabatan Antar Negara 
  2. Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri 
    Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut diantaranya kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
  3. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi 
    Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
  4. Memperluas pasar dan menambah keuntungan 
    Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksi) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut ke luar negeri. 
  5. Transfer teknologi modern 
    Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien dan cara-cara manajemen yang lebih modern 

Selain daripada manfaat yang begitu banyak pada perdagangan internasional terdapat juga hambatan dalam kegiatan ini. 
Adapun Faktor Penghambat sebagai berikut :

  1. Perbedaan Nilai Mata Uang 

     
  2. Pemberlakuan kebijakan perdagangan oleh pemerintah
  3. Kebijakan lembaga ekonomi internasional yang menguntungkan negara anggotanya
  4. Konflik dan peperangan
     

 

Pasar Bebas



Sumber : Tambah Pinter
Sobat pintar sudah tau apa itu pasar bebas ? Yuk kita cari tahu bersama. Jadi Pasar Bebas adalah kondisi ketika negara-negara mengurangi tarif bahkan menghilangkan tarif barang. Tujuan dari adanya pasar bebas untuk meningkatkan kegiatan perdagangan yang ditandai dengan kesepakatan dari negara-negara yang ikut. 
Macam-macam pasar bebas di dunia : 

  1. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
    MEA merupakan pasar bebas di asia tenggara, sesuai dengan namanya negara yang tergabung di MEA adalah negara ASEAN yang dibentuk pada tahun 1992.  Seluruh anggota MEA diperbolehkan menjual barang dan jasa ke seluruh anggota MEA, oleh karena itu bermunculan pekerja dari luar negeri yang masuk ke dalam negeri.

    Sumber : meaindonesia
    Dengan adanya MEA, kesempatan bagi produsen dalam negeri untuk memperluas jangkauan pasar semakin besar, namun dapat juga menjadi tantangan untuk produk-produk dalam negeri yang ikut turut bersaing dengan produk luar negeri. 
  2. ASEAN Free Trade Area (AFTA) 

    Sumber : Kompas.com 
    AFTA merupakan kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk kawasan perdagangan bebas guna meningkatkan daya saing ekonomi di kawasan regional ASEAN yang dibentuk pada tahun 1992 di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura.
    AFTA berharap dapat menjadi basis produksi dunia dengan menciptakan pasar regional untuk 500 juta penduduk ASEAN. Tujuannya menjadikan kawasan ASEAN sebagai berikut.
    - Tempat produksi yang kompetitif sehingga ASEAN memiliki daya saing tinggi di tingkat global
    - Meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN
    - Meningkatkan ketertarikan investasi dari negeri dalam bentuk Foreign Direct Investment

  3. Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 

    Sumber : Wikipedia
    APEC adalah  sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan serta kerjasama di antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik, saat ini terdapat 21 negara anggota yang terdiri dari negara-negara di Asia dan Pasifik. 
    Tujuannya sendiri untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara anggota APEC dan sarana peningkatan investasi

Latihan 1

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Perdagangan antar negara muncul karena berbagai alasan. Alasan utama adalah ....
 

A. Setiap negara memiliki sumber daya atau faktor keunggulan yang tidak ditemukan di negara lain

B. Kelebihan hasil produksi di suatu negara

C. Perbedaan kondisi alam

D. Mencari laba

Latihan 2

Kerjakan soal berikut dengan benar !

Berikut ini bukan manfaat dari perdagangan internasional ....
 

A. Alih teknologi

B. Mempercepat pertumbuhan ekonomi

C. Menambah perolehan devisa

D. Perbedaan keahlian

Mengembangkan ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat



Sumber : goodnewsfromindonesia.id

Dalam setiap kegiatan ekonomi diperlukan pemikiran yang kreatif. Seorang wirausahawan adalah orang-orang yang mempunyai melihat, menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat serta memastikan keberhasilan.

Menurut Supriadi Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan sebelumnya. Itu artinya dalam sebuah kreatifitas berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Lalu seperti apa Ekonomi Kreatif di Indonesia ?


Mengacu pada INPRES No. 6 Tahun 2009 era ekonomi baru yang mengintensifkan pemanfaatan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock knowledge. Ekonomi kreatif merupakan pengembangan konsep yang berlandaskan sumber aset kreatif yang diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan potensi  ekonomi, Nahh Keragaman budaya daerah sebagai bahan baku industri kreatif, yakni dengan munculnya aneka ragam kerajinan dan berbagai produk masyarakat Indonesia di bidang industri kreatif.


Berbagai macam sektor yang dapat dijumpai pada ekonomi kreatif loh Sobat. Sektor pertama adalah bidang kuliner. Dalam bidang kuliner, ekonomi kreatif dapat dilihat dari segi pembuatan jenis makanan yaitu terdapat jenis makanan baru, dan biasanya sangat out of the box loh Sobat. Sebagai contoh pada gambar berikut yaitu Klepon Cake.

Biasanya kue klepon ini kita jumpai dengan bentuk yang bulat dan berwarna hijau serta dibalut dengan parutan kelapa, namun karena adanya kreativitas maka klepon ini dibuat menjadi kue atau cake yang biasanya berukuran besar, wahh menarik ya Sobat Pintar. Gimana kalian tertarik untuk membuatnya ? 

Sumber : kompas.com

Sektor berikutnya adalah bidang periklanan. Jika dilihat saat ini pada media sosial banyak kegiatan ekonomi seperti promosi iklan barang, hal ini mempunyai pengaruh yang cukup baik untuk penjualan barang dagangan tersebut, serta penggunaan desain grafis dalam pembuatan poster sebagai media periklanan menjadi sangat penting loh Sobat.

Ekonomi kreatif selanjutnya pada bidang arsitektur. Kegiatan yang satu ini berkaitan dengan desain bangunan baik secara menyeluruh ataupun pada level makro dan mikro. Design gedung, landscape arsitektur dan detail konstruksi juga hal yang dikerjakan pada bidang ini. 


Kerajinan atau Craft bidang ekonomi kreatif selanjutnya yang akan kita bahas. Sobat pintar banyak bukan yang menyukai kegiatan ini karena menjadi salah satu sektor yang populer saat ini. Kegiatan kerja ninna berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi produk yang dibuat atau dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai proses penyelesaiannya. 

Sektor digital yaitu bidang Televisi dan Radio (Broadcasting) merupakan kegiatan dengan usaha kreasi berupa produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, dan infotainment), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio. Kegiatan ini termasuk dalam station relay (pemancar) siaran radio dan televisi. 
 

Latihan 1

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Adanya manusia-manusia yang bisa melihat masa itu dari sudut yang berbeda dan ditambah dengan adanya teknologi semakin mempermudah menemukan solusi yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan manusia akan menghasilkan….
 

A. Bisnis startup

B. Manusia Bisnis

C. Market leader

D. Pasar bebas

Latihan 2

Kerjakan soal berikut dengan benar!

Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi dengan mendasarkan pada ide dan gagasan-gagasan inovatif individu masyarakat disebut ....

A. Industri kreatif

B. Ekonomi kreatif

C. Produk kreatif

D. Tenaga kreatif

redesain-navbar Portlet