APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia

MATERI

Pengertian Non Bank

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 6 modul 3.jpg

Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) merupakan badan usaha di bidang keuangan yang boleh menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat tetapi bukan dalam bentuk tabungan, giro, maupun deposito. Dana dapat dihimpun dengan mengeluarkan surat-surat berharga, selanjutnya menyalurkannya untuk pembiayaan investasi perusahaan yang membutuhkan pinjaman.

Bank dan lembaga keuangan bukan bank (LKBB) berperan vital dalam aktivitas perekonomian di Indonesia.

Dasar hukum pendirian dan usaha lembaga keuangan bukan bank ialah UU No. 15 Tahun 1952 tentang penetapan “Undang-undang Darurat tentang Bursa” (Lembaran Negara No 79 tahun 1951) sebagai Undang-undang. Yang dimaksudkan dengan bursa dalam arti Undang-undang ini ialah bursa-bursa perdagangan di Indonesia, yang didirikan untuk perdagangan uang dan effek, termasuk semua pelelangan effek. Dasar hukum lain dari LKBB adalah Surat Keputusan Menteri Keuangan No. Kep. 38/MK/IV/1972 yang kemudian diubah dengan Keputusan Menteri Keuangan No.280/KMK.01/1989 tentang pengawasan dan pembinaan lembaga keuangan bukan bank dan peraturan perundang-undangan lain yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan. Tujuan didirikan Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) adalah untuk mendorong pengembangan pasar uang dan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan, terutama para pengusaha lemah.

Fungsi Non Bank


1. Pemberian Bantuan Modal

Meskipun di bank terdapat program pembelian bantuan modal, tetapi kenyataannya hal itu menjadi salah satu fungsi diadakannya LKBB. Pemberian bantuan modal yang dilakukan oleh LKBB biasanya dalam bentuk kredit, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan adanya LKBB ini, sangat memudahkan masyarakat yang ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki modal dan tentunya dengan bunga yang sangat ringan. Meminjam modal di LKBB ini juga menjadi solusi agar Anda tidak terjerat hutang yang sangat tinggi dari pihak rentenir.

2. Mengumpulkan Dana

Memiliki fungsi sebagai pengumpul dana dari masyarakat dengan mengeluarkan dokumen berharga dan menyalurkannya kembali untuk pembiayaan investasi kepada perseorangan maupun perusahaan yang membutuhkan.

3. Mendorong Pengembangan Perekonomian Pasar Uang dan Pasar Modal

Lembaga ini juga berfungsi sebagai penggerak, penanggung, dan perantara di setiap pengeluaran dan penukaran saham-saham, surat utang, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya.

4. Menjadi Perantara

Berperan menjadi perantara bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia serta menjadi badan hukum pemerintah dalam pengadaan kredit di dalam negeri maupun luar negeri.

5. Mencari Tenaga Ahli

Memiliki fungsi sebagai perantara untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam mendapatkan tenaga ahli di bidang finansial.

7. Membuka Kegiatan Lain

Sebagai pelaksana kegiatan usaha lain di bidang keuangan. Namun, sebelumnya harus mendapatkan persetujuan dari menteri keuangan Republik Indonesia.

Ruang Lingkup Non Bank


 

Yang dimaksud Ruang lingkup dari LKBB adalah lembaga pembiayaan, Lembaga pembiayaan terdiri dari beberapa lembaga yaitu sewa guna usaha (leasing), modal  ventura, pembiayaan konsumen, jasa anjak piutang dan kartu plastik. 

Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank

Keberadaan Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB ) tentunya telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Manfaat-manfaat tersebut bisa dirasakan dari produk-produk yang ditawarkannya, sebagai berikut :

  • Pegadaian memberikan manfaat bagi masyarakat yang memerlukan dana
  • Perusahaan memberikan manfaat jaminan risiko yang mungkin terjadi sesuai dengan jasa yang ditawarkan
  • Lembaga dana pensiun memberikan kesejahteraan kepada karyawan perusahaan terutama yang telah pensiun
  • Lembaga pembiayaan memberikan pinjaman kepada masyarakat dalam hal pendanaan kegiatan konsumsinya.
  • Koperasi memberikan manfaat kepada para anggota dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha

Peran-Peran LKBB

Lembaga Keuangan Bukan Bank “LKBB” punya peranan yang penting dalam perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Dengan adanya LKBB maka konsumsi domestik bergerak maju dan mendorong laju perekonomian.

Adapun beberapa kegiatan usaha LKBB di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga.
  • Memberikan fasilitas kredit kepada perusahaan swasta dan pemerintah, baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
  • Berperan menjadi perantara bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan menjadi badan hukum pemerintah daka pengadaan kredit dalam negeri maupun luar negeri.
  • Menyertakan modal perusahan-perusahaan dan penjualan saham di pasar modal.
  • Menjadi perantara bagi perusahaan dalam mendapatkan tenaga ahli di bidang finansial.
  • Melaksanakan kegiatan usaha lain di bidang keuangan atas persetujuan menteri keuangan Republik Indonesia.

 

Macam-Macam Badan Usaha LK Non Bank


 

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam merupakan salah satu lembaga finansial yang menghimpun dana dari setiap anggotanya, kemudian menyalurkannya kembali kepada anggota maupun non-anggota yang sedang membutuhkan dana. Sumber pemasukan koperasi berasal dari anggota dan juga pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Tujuan dibuatnya koperasi simpan pinjam ini, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya dan juga seluruh masyarakat Indonesia. Sudah ada banyak jenis-jenis koperasi simpan pinjam yang mungkin saja bisa membantu Anda, seperti Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), dan Koperasi Pasar. Namun, pastikan koperasi yang Anda pilih di bawah naungan pemerintah.

Pegadaian

Untuk yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pegadaian termasuk salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki fungsi sebagai penyaluran kredit kepada masyarakat. Dasar hukum yang digunakan adalah hukum gadai sehingga masyarakat terhindar dari bunga yang terlalu tinggi. Bagi Anda yang pernah melakukan transaksi di pegadaian, pasti sudah tahu mekanismenya. Namun, untuk Anda yang baru akan mengikuti program-program di pegadaian, jangan khawatir karena semua prosesnya sangat mudah. Pegadaian bukan hanya tempat untuk menggadaikan barang saja, tetapi ada beberapa produk layanan lain yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  1. Gadai konvensional.
  2. Gadai syariah.
  3. Gadai emas.
  4. Jasa taksiran dan sertifikasi logam mulia.Jasa penitipan barang berharga.

Perusahaan Dana Pensiun

berbagai lembaga keuangan bukan bank

Lembaga jasa keuangan non bank bukan hanya menyediakan produk peminjaman saja, tetapi juga ada lembaga yang menyediakan layanan jaminan hari tua, yaitu Perusahaan Dana Pensiun. Perusahaan Dana Pensiun adalah badan usaha LKBB yang menyediakan layanan jaminan masa tua dengan cara menghimpun dana yang dipotong dari gaji karyawan setiap bulannya. Kemudian dana tersebut akan diserahkan kepada masyarakat tersebut ketika sudah pensiun atau tidak bekerja lagi. Dalam kata lain, cara ini sama saja seperti Anda menabung untuk membiayai kehidupan di masa tua. Perusahaan Dana Pensuin memiliki beberapa jenis berikut ini:

  1. Taspen.
  2. Asabri.
  3. BPJS Ketenagakerjaan.
  4. DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja).
  5. DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan).

Perusahaan Leasing

Nyatanya, perusahaan yang bergabung dalam LKBB itu sangat banyak ya, salah satunya adalah perusahaan leasing atau Multifinance yang memberikan layanan pembiayaan dengan sistem kontrak sewa yang digabungkan dengan pembelian secara angsuran kepada perusahaan maupun perorangan. Adanya perusahaan ini tentu sangat membantu sekali untuk Anda yang ingin memiliki kendaraan bermotor tanpa harus membayar secara tunai. Adapun beberapa perusahaan leasing yang cukup populer di Indonesia di antaranya sebagai berikut.

  1. BCA Finance.
  2. BFI Finance.
  3. Summit Oto Finance.
  4. Indomobil Finance Indonesia.
  5. Astra Credit Companies (ACC).
  6. Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.
  7. Federal International Finance (FIF).

Perusahaan Asuransi

Satu lagi perusahaan finansial yang bisa membantu kehidupan Anda, yaitu perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi adalah lembaga yang menghimpun dana dengan cara menarik premi setiap bulannya selama masa kontrak kepada nasabah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak dan sesuai yang tertulis di dalam polis. Tujuan dari asuransi ini adalah untuk mengendalikan keuangan seseorang tetap terjaga ketika terjadi risiko yang membutuhkan biaya. Adapun beberapa jenis asuransi yang bisa Anda miliki adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi kesehatan.
  2. Asuransi jiwa.
  3. Asuransi pendidikan.
  4. Asuransi kendaraan.
  5. Asuransi kepemilikan rumah dan properti.
  6. Asuransi bisnis.

Itulah informasi seputar lembaga jasa keuangan non bank beserta contoh-contoh lembaganya yang bisa memberikan kemudahan bagi kelangsungan kehidupan Anda. Gunakan lembaga-lembaga tersebut dengan bijak dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Dana pensiun didapat dari ... pegawai selama dia bekerja.


A. Hutang
B. Honor
C. Jatah
D. Iuran
E. Piutang

JAWABAN BENAR

B.

Honor

PEMBAHASAN

Dana pensiun didapat dari Honor pegawai selama dia bekerja

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Di bawah ini yang tidak termasuk contoh asuransi yaitu ...


A. ASKES
B. Bumi Putera
C. Jiwasraya
D. BNI
E. Asuransi Jiwa

JAWABAN BENAR

D.

BNI

PEMBAHASAN

Di bawah ini yang tidak termasuk contoh asuransi adalah BNI

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Produk yang menjanjikan ganti rugi jika terjadi sesuatu pada anggotanya dinamakan...


A. Sewa guna
B. Asuransi
C. Koperasi
D. Pegadaian
E. BRI

JAWABAN BENAR

B.

Asuransi

PEMBAHASAN

Produk yang menjanjikan ganti rugi jika terjadi sesuatu pada anggotanya Asuransi

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang mengelola keuangan para PNS (pegawai negeri) yang telah purna tugas adalah ….


A. Leasing
B. Leasing
C. Koperasi kredit
D. Pegadaian
E. PT. Taspen

JAWABAN BENAR

E.

PT. Taspen

PEMBAHASAN

Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) yang mengelola keuangan para PNS (pegawai negeri) yang telah purna tugas adalah PT. Taspen

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Untuk memberatas riba, kita bisa memanfaatkan...


A. PT ASKES
B. Pegadaian
C. Jamsostek
D. Koperasi kredit.
E. Keuntungan

JAWABAN BENAR

D.

Koperasi kredit.

PEMBAHASAN

Untuk memberantas riba, kita bisa memanfaatkan Koperasi kredit

redesain-navbar Portlet