APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar

MATERI

Pengertian, Faktor, Jenis, Hukum dan Fungsi dan Kurva Permintaan

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 4 modul 3.jpg

Penawaran

Penawaran adalah satu dari dua indikator penentu pasar bersama dengan permintaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penawaran. Secara umum, penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang tersedia di pasar untuk ditawarkan pada tingkat harga dan waktu tertentu. Penawaran adalah satu dari dua indikator penentu pasar bersama dengan permintaan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi penawaran. Secara umum, penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang tersedia di pasar untuk ditawarkan pada tingkat harga dan waktu tertentu.
Penawaran meliputi tiga hal utama, yaitu: 

  • Jumlah komoditas yang ditawarkan oleh penjual. 
  • Harga komoditas yang diberikan. 
  • Jangka waktu penjual bersedia menjalankan jumlah komoditas atau produk barang dan jasa.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran 

Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi penawaran, yaitu: 

  • Harga produk 

Harga barang adalah faktor utama yang memengaruhi penawaran. Peningkatan dan penurunan harga barang akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari penjualan barang atau jasa. Spekulasi tentang harga produk di masa depan dapat memengaruhi penawaran suatu produk. Jika harga produk naik di masa depan, maka pasokan produk tersebut akan berkurang di pasar saat ini karena keuntungan yang diharapkan oleh penjual di masa depan, begitupun sebaliknya.

  • Kemajuan teknologi 

Peningkatan teknologi berarti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang diperlukan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output. Biaya produksi Dinamika biaya produksi juga memiliki peran penting dalam memengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung mengurangi produksi, sehingga menurunkan penawaran. 

  • Persediaan sarana produksi 

Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi kurang. Penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri. 

  • Peningkatan jumlah produsen 

Jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka kemungkinan besar pemodal-pemodal baru akan berdatangan dan berkecimpung di usaha tersebut. Dengan bertambahnya produsen baru ini, penawaran akan suatu barang atau jasa pun ikut meningkat. 

  • Peristiwa alam 

Jika terjadi banjir atau musim kemarau yang berkepanjangan, hasil panen padi akan berkurang drastis. Kejadian seperti ini akan mengurangi penawaran barang. 

  • Ekspektasi atau harapan produsen 

Jika produsen berekspektasi akan situasi perekonomian yang membaik pada satu tahun mendatang, maka pada saat ini mereka akan menjual barang atau jasa lebih banyak. Begitupun sebaliknya. 

  • Harga barang dan jasa lain 

Beberapa barang dan jasa ada yang bersifat komplementer, dan ada pula yang bersifat substitusi. Contohnya, jika harga laptop meningkat, penawaran laptop pun meningkat. hal ini mendorong produsen untuk meningkatkan pula penawaran printer hingga flashdisk. 

  • Pajak 

Pajak yang ditetap pemerintah terhadap suatu produk dapat memengaruhi kuantitas produk di pasaran. Hal ini dapat terjadi sebab biaya yang dikeluarkan untuk suatu produk akan bertambah dengan adanya pajak. Pajak akan memengaruhi penawaran karena kuantitas produk yang tinggi tentunya berbanding lurus dengan pajak yang harus dibayarkan perusahaan. 

Jenis-jenis Penawaran

Berikut adalah beberapa jenis penawaran, yaitu :

a. Penawaran Individu

Pengertian penawaran individu adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen atau penjual di waktu, tempat atau dengan harga tertentu.

b. Penawaran Pasar

Pengertian penawaran pasar adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh sekelompok produsen atau penjual didalam waktu, tempat dan harga tertentu.

Hukum Penawaran 

Selain faktor harga, penawaran juga dipengaruhi oleh faktor lainnya, seperti tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, serta harapan atau perkiraan. Layaknya permintaan, kita tidak dapat memahami pengaruh semua variabel tersebut sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Untuk memudahkannya, para ekonom biasanya memisahkan faktor-faktor tersebut dan menganalisisnya secara terpisah. Di antara semua faktor, harga dianggap memainkan peran yang sangat penting dan menjadi acuan dalam melakukan analisis penawaran. Hukum penawaran adalah apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, kuantitas yang ditawarkan juga akan menurun, ceteris paribus.

Fungsi Penawaran

Kalau pada fungsi permintaan menggunakan sudut pandang pembeli, maka pada fungsi penawaran kita gunakan sudut pandang penjual. Bayangkan kalian sedang berjualan masker, jika harga masker di pasaran sedang naik maka sebagai penjual pasti kalian akan berusaha menjual masker sebanyak-banyaknya. Sedangkan jika harga masker di pasaran sedang jatuh, kalian pasti akan malas menjualnya karena untungnya tidak begitu besar. Jadi, dari contoh tersebut kita bisa tahu nih kalau ternyata hubungan antara harga dengan fungsi penawaran itu berbanding lurus loh! Karena hubungannya yang berbanding lurus tersebut, bentuk rumus fungsi penawaran bisa kita tuliskan seperti berikut !

P = a + bQ
atau
Q = a + bP

Dengan
Q : jumlah barang yang diminta
P : harga barang per unit
a : angka konstanta
b : koefisien kecenderungan (positif karena hubungan penawaran bersifat berbanding lurus)

Contoh Soal

Dean sedang merintis usaha thrift shop. Pada saat pasar ramai, ia menjual kaosnya dengan harga Rp60.000 untuk penjualan 20 unit. Jika, Dean menjual 30 unit dengan harga Rp80.000. Maka tentukan fungsi penawarannya

Step 1 Kita gunakan kembali rumus persamaan garis lurus

Perhitungan rumus fungsi penawaran

20.000Q – 400.000 = 10P – 600.000
20.000Q = 10P – 200.000
Q = 0,0005P – 10

Jadi, fungsi penawaran Dean adalah sebesar Q = 0,0005P – 10 

Kurva Penawaran

Pada kurva penawaran kebalikannya dari kurva permintaan, apabila harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga naik. Kurva ini mempunyai kemiringan positif artinya kurvanya naik dari pojok kiri bawah ke kanan atas seperti gambar dibawah ini.

Kurva Penawaran

Tidak hanya kurva permintaan yang mengalami pergeseran tetapi kurva penawaran juga, faktornya bisa disebabkan perubahan harga barang dan lainnya. Fungsi dari kurva ini adalah sebagai pembanding harga dengan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan.

Pergeseran Kurva Penawaran

1.

Kerjakan soal dibawah dengan tepat!

Sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu disebut ....


A. Permintaan
B. Penawaran
C. hukum permintaan
D. hukum penawaran
E. harga pasar

JAWABAN BENAR

B.

Penawaran

PEMBAHASAN

Penawaran adalah Sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.

2.

Kerjakan soal dibawah dengan tepat!

Berikut yang bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah ....


A. biaya produksi
B. harga barang itu sendiri
C. tingkat persaingan
D. tujuan perusahaan
E. tingkat teknologi

JAWABAN BENAR

D.

tujuan perusahaan

PEMBAHASAN

yang bukan merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran adalah tujuan perusahaan.

3.

Kerjakan soal dibawah dengan tepat!

Fungsi penawaran dinyatakan dengan persamaan ...


A. Qs = a . bP
B. Qs = a + bP
C. Qs = –a + bP
D. Qs = –a – bp
E. Qs = a – bP

JAWABAN BENAR

B.

Qs = a + bP

PEMBAHASAN

Fungsi penawaran dinyatakan dengan persamaan Qs = a + bP.

4.

Kerjakan soal dibawah dengan tepat!

Diketahui fungsi penawaran P = 4Q + 1000. Bila harga Rp5.000,- maka jumlah barang yang ditawarkan adalah ...


A. 2.000
B. 100
C. 10.000
D. 10
E. 1.000

JAWABAN BENAR

E.

1.000

PEMBAHASAN

P = 4Q + 1000 -4Q = 1000-P Q = -250 + 1/4P -250+1/4 (5000)= 1000

5.

Kerjakan soal dibawah dengan tepat!

Berikut merupakan faktor yang memengaruhi penawaran suatu barang, kecuali….


A. harga bahan baku
B. tingkat teknologi
C. harga barang yang lain
D. selera konsumen
E. laba yang diharapkan

JAWABAN BENAR

E.

laba yang diharapkan

PEMBAHASAN

faktor yang tidak memengaruhi penawaran suatu barang adalah laba yang diharapkan.

redesain-navbar Portlet