APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

MATERI

Pengertian Ilmu Ekonomi


 

Ilmu ekonomi pengertian dari Oikonomia yaitu dari bahasa latin dari asal kata OIKOS yang berarti rumah tangga dan NOMOS yang berarti aturan. Sehingga secara sederhana Ekonomi diartikan sebagai aturan-aturan dalam  rumah tangga dalam upaya memenuhi kebutuhan.

  1. Sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan ilmu ekonomi, aturan-aturan dalam rumah tangga mengalami penyesuaian serta pengembangan sebagai berikut (Ilmu Ekonomi menurut beberapa ahli): Ilmu ekonomi secara sis1ema1is mempelajari Tingkah laku manusia dalam usahanya unTuk mengalokasikan sumber – sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu (ADAM SMITH).
  2. Ilmu ekonomi adalah ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari – hari (ALFRED MARSHALL).
  3. Ilmu ekonomi adalah ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi (PAUL A SAMUELSON)

Inti dari pengertian yang disampaikan dari para ahli tersebut, ilmu ekonomi berperan aktif untuk mensejahterakan manusia baik secara perorangan maupun kelompok.

Prinsip Ekonomi


 

Pengertian prinsip ekonomi adalah panduan dalam kegiatan ekonomi yang mengacu pada upaya memperoleh perbandingan rasional antara usaha dan hasil. Dalam melakukan kegiatan ekonomi, setiap orang ingin memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan usaha minimal. Oleh karena itu, muncullah prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Konsep utama prinsip ekonomi adalah menjelaskan bahwa tidak ada yang benar-benar gratis. Setiap barang atau jasa membutuhkan timbal balik atas apa yang diberikan. Artinya, seseorang harus membayar atau melakukan sesuatu sebagai ganti atas barang atau jasa yang diterima. Prinsip ekonomi ini berlaku dalam setiap jenis kegiatan ekonomi, mulai dari produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Sebagaimana dijelaskan melalui pengertian di atas, tujuan prinsip ekonomi adalah mencapai perbandingan rasional antara usaha yang dilakukan dan hasil yang diperoleh. Sederhananya, tujuan prinsip ekonomi adalah memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir adanya kerugian.

Tujuan Ekonomi


 

Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi Menurut KBBI, ekonomi adalah: ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan); pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga; tata kehidupan perekonomian (suatu negara); urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara); Keempat definisi tersebut berkaitan bukan hanya dengan keuangan, tetapi juga dalam kehidupan secara umum (perhatikan definisi ke-2, tentang pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga, yang mana dapat dilihat dalam seluruh elemen kehidupan).

Karena itu, salah satu tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui bagaimana cara kerja masyarakat maupun dunia. Ilmu ekonomi berada pada jantung dari semua pengambilan keputusan. Dengan keluasan jangkauan kajiannya, ekonomi dapat melihat bagaimana individu, perusahaan, pemerintah, dan elemen lain seperti organisasi non profit dalam mengambil keputusan menggunakan sumber daya yang terbatas.

Selain itu, ilmu ekonomi memberikan kerangka konseptual tentang bagaimana menciptakan solusi dunia yang lebih baik kepada orang yang mempelajarinya. Perlu diingat bahwa hampir semua permasalahan sosial yang paling kritis di dunia seperti pengangguran, inflasi, kemiskinan, polusi, kesetaraan hak manusia, biaya pelayanan kesehatan dan lain-lain, merupakan permasalahan ekonomi. 

Manfaat Ekonomi


 

 Manfaat dan tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah:

  • Memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi baik secara lokal, nasional, maupun global
  • Membantu pembuat kebijakan untuk memahami pola perilaku ekonomi masyarakat
  • Dapat memberikan sumbang dan kontribusi berupa pemikiran tentang potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi yang diambil oleh seorang pemimpin Memberikan masukan dan kritik dalam pengambilan keputusan terkait tindakan-tindakan ekonomi
  • Meningkatkan kepekaan seseorang terhadap situasi ekonomi baik secara lokal, nasional, maupun globa
  • Membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi
  • Membantu memberikan pengertian pada potensi dan keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi

Beberapa tujuan mempelajari ilmu ekonomi diantaranya:

  1. Mencari tahu benang merah antara peristiwa yang terjadi dengan perekonomian Tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mencari tahu tentang pengertian dari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam proses perekonomian. Dengan ilmu ekonomi, kita bisa mencari tahu apa hubungan antara kejadian atau peristiwa peristiwa perekonomian yang ada.
  2. Memanfaatkan ilmu ekonomi sebagai landasan dalam pengambilan keputusan Ilmu ekonomi juga dapat digunakan untuk landasan pengambilan keputusan. terutama masalah yang berkaitan dengan ekonomi baik di tataran lokal maupun nasional.
  3. Menciptakan kondisi yang kondusif dan baik untuk kemajuan perekonomian Selain dua tujuan di atas, mempelajari ilmu ekonomi juga bertujuan untuk menciptakan kondisi yang kondusif demi kemajuan perekonomian dalam masyarakat. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, pastinya semua pelaku ekonomi mampu bersinergi dan bekerjasama dalam upaya menciptakan sebuah kondisi yang baik dan kondusi.
  4. Melatih kreativitas dalam berwirausaha dan mandiri Tujuan mempelajari ilmu ekonomi lainnya adalah untuk melatih agar seseorang dapat mengembangkan kreativitasnya untuk berwirausaha dan mandiri. Makanya ilmu sangat disarankan untuk orang-orang yang ingin menjalan usaha. Pasalnya ilmu ini pasti sangat dibutuhkan.

1.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Pengertian Ilmu Ekonomi adalah …


A. Hal yang mempelajari perilaku manusia dalam menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia
B. Ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia seari-hari
C. Suatu kajian tentang hukum berbagai jenis golongan masyarakat
D. Ilmu atau studi yang mempelajari tentang kehidupan manusia sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan
E. Mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya mengalokasikan sumber daya yang terbatas

JAWABAN BENAR

A.

Hal yang mempelajari perilaku manusia dalam menggunakan sumber daya yang langka untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia

PEMBAHASAN

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Ilmu ini muncul karena manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas, tetapi sumber daya yang tersedia untuk memenuhinya terbatas.

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui....


A. Usaha manusia mencari kemakmuran
B. Peristiwa-peristiwa dalam masyarakat
C. Usaha manusia memenuhi kebutuhan
D. Usaha manusia menciptakan barang
E. Usaha manusia meningkatkan manfaat barang

JAWABAN BENAR

C.

Usaha manusia memenuhi kebutuhan

PEMBAHASAN

Ilmu ekonomi adalah analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Ilmu ekonomi mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan sumber daya yang terbatas itu. Tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui sumber-sumber daya yang ada dalam memenuhi kebutuhan.

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Prinsip ekonomi dapat diterapkan kepada setiap pelajar dalam kehidupannya, seperti …


A. membeli alat tulis sesuai keperluannya
B. menulis pesan-pesan di seragam tanda kelulusan
C. mempelajari materi yang baru saja diberikan oleh guru
D. membelanjakan seluruh uangnya untuk membeli alat tulis
E. membeli hal yang tidak penting

JAWABAN BENAR

A.

membeli alat tulis sesuai keperluannya

PEMBAHASAN

Prinsip ekonomi adalah istilah yang sudah tak asing lagi. Ketika Anda membeli suatu barang dan merelakan uang yang ada punya untuk ditukar dengan barang yang dibeli, itulah salah satu bentuk prinsip ekonomi

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Apa saja manfaat mempelajari ilmu ekonomi?


A. Memberikan pemahaman atas potensi kebijakan ekonomi.
B. Memberikan pemahaman atas keterbatasan kebijakan ekonomi.
C. Membantu memahami bentuk perilaku ekonomi di dunia nyata secara lebih baik.
D. Membantu lebih mahir atau ahli dalam menyelesaikan masalah ekonomi
E. Semua benar

JAWABAN BENAR

E.

Semua benar

PEMBAHASAN

Manfaat mempelajari ilmu ekonomi adalah Memberikan pemahaman atas potensi kebijakan ekonomi, Memberikan pemahaman atas keterbatasan kebijakan ekonomi, Membantu memahami bentuk perilaku ekonomi di dunia nyata secara lebih baik, Membantu lebih mahir atau ahli dalam menyelesaikan masalah ekonomi.

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Yang bukan termasuk penerapan prinsip ekonomi pada produksi adalah ...


A. Pemakaian bahan baku yang bermutu baik
B. Lokasi perusahaan yang dekat dengan lokasi bahan baku
C. Lokasi perusahaan yang dekat dengan lokasi bahan baku
D. Mengirimkan barang tepat waktu ke konsumen
E. Melakukan produksi tepat waktu

JAWABAN BENAR

D.

Mengirimkan barang tepat waktu ke konsumen

PEMBAHASAN

Ilmu ekonomi berfokus mengkaji tindakan ekonomi yang dilakukan oleh individu maupun kelompok dalam masyarakat. Sementara tindakan ekonomi merupakan istilah yang merujuk pada bagaimana individu/kelompok menerapkan berbagai cara dalam memenuhi kebutuhannya untuk meraih hasil terbaik salah satunya dalam produksi dengan menerapkan prinsip ekonomi.

redesain-navbar Portlet