APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

MATERI

Motif Ekonomi


 

Pengertian Motif Ekonomi

Manusia sebagai makhluk ekonomi selalu bertindak ekonomi untuk memperoleh kebutuhan hidup yang dibatasi oleh kemampuan. Manusia bertindak ekonomi didorong oleh motivasi-motivasi tertentu. Motif ekonomi adalah dorongan untuk melakukan tindakan ekonomi dalam rangka mencapai kemakmuran. Dengan motif ekonomi orang melakukan kegiatan ekonomi, misalnya memproduksi suatu barang atau menjalankan sebuah perusahaan. Akan te1api yang jelas motif ekonomi mula – mula adalah dorongan untuk kesejahteraan diri sendiri dan keluarga. Setelah hasrat diri terpenuhi barulah muncul kehendak mensejahterakan pihak lain, maupun tetap ada hubungannya dengan yang termotivasi.

Prinsip Ekonomi


 

Pengertian prinsip ekonomi

Prinsip ekonomi merupakan dasar atau pedoman perilaku manusia dalam melakukan kegiatan ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan tindakan manusia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan ekonomi yang dilakukan tiga pelaku ekonomi yang saling berkaitan, yaitu konsumen, produsen, dan pedagang/distributor yang menyalurkan barang, mereka selalu berpedoman pada prinsip ekonomi. Siapakah konsumen, produsen dan distributor itu? Manusia dihadapkan pada pilihan atau alternatif. Dalam menghadapi pilihan tersebut kita harus memilih mana yang paling menguntungkan. Misalnya ketika kita akan berangkat sekolah dihadapkan  pada pilihan naik bis kota atau taksi. Naik bis to1a tarifnya murah, tetapi kurang nyaman dan membutuhkan waktu lebih lama, sedangkan bila naik taksi sebaliknya.

 

Tindakan Ekonomi


 

Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran. Tindakan ekonomi bisa terjadi jika tindakan tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil  untuk melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi suatu kebutuhan. Berikut adalah jenis tindakan ekonomi dan cara mengaplikasikannya dalam bisnis. 

  • Tindakan Ekonomi Rasional Salah satu jenis tindakan ekonomi yang dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kehidupan ekonominya. Kata rasional mempunyai arti pikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan yang rasional ini diperlukan oleh manusia baik dalam sebuah kehidupan sehari-hari atau dalam melakukan usaha. Pertimbangan yang rasional ini dimulai dari suatu hal yang kecil sampai hal yang besar. Contoh aplikasi tindakan ekonomi rasional dalam perusahaan adalah dengan menentukan jenis produksi yang tepat agar semua hasil produksi tersebut dapat terjual secara maksimal, menekan biaya produksi secara rasional tanpa mengurangi kualitas produk. Aplikasi tindakan ekonomi rasional juga menentukan untuk menggunakan tenaga kerja terampil, pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien, menentukan sistem distribusi yang tepat, serta melakukan promosi.
  • Tindakan Ekonomi Irasional Tindakan ekonomi irasional yakni salah satu jenis tindakan ekonomi  di mana seseorang atau perusahaan memiliki sebuah perkiraan menguntungkan tanpa memperhitungkan faktor rasional tetapi dalam suatu kenyataannya justru merugikan. Seseorang maupun perusahaan yang bertindak irasional ini biasanya tidak mempertimbangkan faktor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan. Contoh aplikasi dari tindakan ekonomi irasional dalam perusahaan adalah menetapkan harga tinggi terhadap sebuah produk tanpa memperhitungkan kualitas barang, biaya produksi, dan daya beli masyarakat terhadap produk tersebut sehingga pada akhirnya produk tersebut justru mengalami kegagalan di pasaran. Agar terhindar dari tindakan ekonomi secara irasional, perusahaan perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya dengan mengelola sektor pembiayaan.

 

1.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Data-data berupa jumlah penduduk dan jumlah produksi termasuk ke dalam kelompok ilmu ekonomi


A. Teori
B. Deskriptif
C. Terapan
D. Internasional
E. politik

JAWABAN BENAR

B.

Deskriptif

PEMBAHASAN

Ilmu ekonomi deskriptif sebagai ilmu ekonomi yang menggambarkan bagaimana keadaan perekonomian di masyarakat saat itu. Ekonomi deskriptif sendiri memaparkan data-data dari beragam fakta serta fenomena yang terjadi.

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Seorang ahli ekonomi yang mempelopori pembahasan ekonomi secara sistematis dan menguraikannya secara ilmu pengetahuan adalah….


A. Adam Smith
B. Alfred Marshall
C. J.B. Say
D. Mankiw
E. Keynes

JAWABAN BENAR

A.

Adam Smith

PEMBAHASAN

Adam Smith dikenal sebagai bapak ekonomi, karena adam Smith yang mempelopori ekonomi menjadi sebuah ilmu pengetahuan, Adam Smith juga mengeluarkan banyak sekali teori-teori ekonomi yang digunakan saat ini.

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Di bawah ini yang tidak berkaitan dengan ilmu ekonomi adalah….


A. kelangkaan sumber daya
B. kemakmuran
C. kebutuhan manusia
D. perpindahan penduduk
E. kemiskinan

JAWABAN BENAR

D.

perpindahan penduduk

PEMBAHASAN

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas,  ilmu ekonomi berhubungan dengan kehidupan ekonomi dan perpindahan penduduk bukan termasuk.

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Ilmu yang membahas penerapan dari teori ekonomi adalah dalam kehidupan nayata disebut…


A. ilmu ekonomi deskriptif
B. ilmu ekonomi teori
C. ilmu ekonomi makro
D. ilmu ekonomi mikro
E. ilmu ekonomi terapan

JAWABAN BENAR

E.

ilmu ekonomi terapan

PEMBAHASAN

Ilmu ekonomi terapan penggunaan wawasan atau ilmu yang didapat dari teori serta penelitian ekonomi, dalam rangka pembuatan keputusan yang lebih baik serta pemecahan masalah ekonomi.

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian teori ekonomi secara parsial disebut….


A. mikro ekonomi
B. makro ekonomi
C. ekonomi terapaan
D. ekonomi deskriptif
E. ilmu ekonomi

JAWABAN BENAR

A.

mikro ekonomi

PEMBAHASAN

Ekonomi Mikro merupakan Ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian teori ekonomi secara parsial seperti  mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

redesain-navbar Portlet