APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Masalah dan Sistem Ekonomi

MATERI

Pengertian kebutuhan

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 2 modul 1.jpg

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya secara alamiah melalui pencapaian kesejahteraan. Kebutuhan dapat dibedakan berdasarkan tingkat kepentingannya, waktu, sifat, dan subjeknya. Pemenuhan kebutuhan dapat berupa barang, jasa, sesuatu yang berwujud maupun sesuatu yang tidak berwujud. Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan dipengaruhi oleh keadaan alam, agama, adat, dan peradaban. Sifat dari kebutuhan adalah tidak terbatas, meningkat dan selalu berubah. 

 

Macam-Macam Kebutuhan

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 2 modul 1.jpg

Kebutuhan manusia dihadapkan dengan pilihan untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka. Secara umum atau jika ditinjau dari keharusan pemenuhannya, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Kebutuhan primer Kebutuhan primer merupakan sesuatu yang harus dipenuhi manusia untuk melangsungkan hidupnya. Kebutuhan ini sering disebut kebutuhan alamiah atau kebutuhan utama. Agar dapat hidup layak, manusia harus memenuhi kebutuhan primernya, yakni makan, berpakaian, dan mempunyai tempat tinggal.

  2. Kebutuhan sekunder Jenis ini sering disebut sebagai kebutuhan pelengkap karena dipenuhi setelah kebutuhan primer. Adapun contohnya, sepatu, tas, dan peralatan untuk bekerja. 

  3. Kebutuhan tersier Kebutuhan ini bersifat mewah. Pemenuhan kebutuhan tersier bertujuan untuk menaikan status sosial. Adapun contohnya, penggunaan mobil mewah dan perhiasan mahal.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Mengapa setiap manusia memiliki kebutuhan yang beragam dan berbeda-beda? Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini, mulai dari kondisi alam sampai peradaban.

  1. Lingkungan, Lingkungan dapat memengaruhi kebutuhan manusia. Individu yang tinggal di lingkungan tertentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan individu di lingkungan lainnya. Contohnya, orang yang tinggal di daerah beriklim dingin cenderung membutuhkan pakaian tebal dan makanan berkalori tinggi untuk menjaga tubuh tetap hangat. Sebaliknya, orang yang tinggal di daerah panas cenderung berpakaian tipis dan menghindari makanan berkalori tinggi. 

  2. Agama, Agama bisa menjadi penyebab perbedaan kebutuhan tiap individu. Sebagai contoh, seorang muslim memerlukan sajadah, peci, tasbih, dan Al-Quran untuk beribadah. Sementara, penganut agama Hindu menggunakan bunga, janur, dan pelengkap lainnya untu melaksanakan ritual keagamaan. 

  3. Adat istiadat, Adat memengaruhi kebutuhan dan pola hidup seseorang. Contohnya, masyarakat suku Tapanuli mempunyai tradisi menggunakan ulos dalam acara-acara adat. 

  4. Peradaban, Kemajuan peradaban yang berbeda-beda di tiap wilayah juga menyebabkan perbedaan kebutuhan. Sebagai contoh, nenek moyang kita di masa lalu sudah merasa cukup hanya dengan berpakaian sederhana dan makan umbi-umbian. Namun, seiring perkembangan zaman dan kemajuan peradaban, jenis pakaian dan makanan yang dikonsumsi masyarakat semakin beragam.

 

1.

soal dibawah ini dengan tepat!

Kebutuhan dasar yang paling penting disebut


A. Kebutuhan Primer
B. Kebutuhan sekunder
C. Kebutuhan individu
D. Kebutuhan masa depan
E. Kebutuhan sekarang

JAWABAN BENAR

A.

PEMBAHASAN

Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan Kesehatan atau disebut kebutuhan primer

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Yang termasuk kebutuhan jasmani adalah sebagai berikut, kecuali


A. Makanan
B. Pakaian
C. Alat-alat olahraga
D. Rekreasi
E. Minuman

JAWABAN BENAR

D.

Rekreasi

PEMBAHASAN

Kebutuhan Jasmani. Pasti sudah paham ya, yang namanya jasmani, berkaitan dengan raga atau tubuh. Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh agar dapat memenuhi kepuasan raga.

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan proses pembuatannya yaitu


A. Barang subtitusi dan barang komplementer
B. Barang konsumsi dan barang produksi
C. Barang ekonomis dan barang produksi
D. Bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.
E. Barang setengah jadi

JAWABAN BENAR

D.

Bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

PEMBAHASAN

Alat pemuas kebutuhan berdasarkan proses pembuatannya terdiri dari barang mentah atau bahan baku, kemudian diproses menjadi barang setengah jadi sampai akhirnya siap dijual ke konsumen menjadi barang jadi.

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dikemukakan oleh


A. David Ricardo
B. Adam Smith
C. Paul. A. Samuelson
D. Alfred Marshall
E. Keyness

JAWABAN BENAR

C.

Paul. A. Samuelson

PEMBAHASAN

Pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dikemukakan oleh Paul. A. Samuelson.

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Kebutuhan individu dan kelompok adalah penggolongan kebutuhan berdasarkan....


A. Waktu
B. Sifat
C. Intensitas
D. Subyek
E. Tempat

JAWABAN BENAR

D.

Subyek

PEMBAHASAN

Kebutuhan individu dan kelompok adalah penggolongan kebutuhan berdasarkan subjek atau orang nya..

redesain-navbar Portlet