APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

MATERI

Sebagai Pengatur, Konsumen dan Produsen

C:\Users\Ester\Pictures\Cover AP\bab 3 modul 5.jpg

Saat berperan sebagai produsen, rumah tangga pemerintah bertugas menyediakan berbagai fasilitas umum. Pemerintah akan memonopoli sektor produksi, seperti bahan bakar, air, dan makanan. Kemudian saat menjalankan perannya sebagai konsumen, rumah tangga pemerintah akan melakukan konsumsi dengan belanja rutin yang terdiri dari pembayaran gaji pegawai pemerintah.

Pemerintah akan menyediakan anggaran untuk pelaksanaan harian di berbagai instansi pemerintah. Selain itu, pemerintah juga turut melakukan konsumsi belanja dalam membangun infrastruktur. Konsumsi belanja untuk infrastruktur dapat berwujud pembangunan fasilitas umum, seperti sekolah, jalan, rumah sakit, pelabuhan, bendungan, dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemerintah mengambil bagian terpenting dalam aktivitas ekonomi sebuah negara. Secara garis besar, tugas pemerintah dalam kegiatan ekonomi negara adalah menciptakan iklim perekonomian yang sehat dan dinamis.

Fungsi Rumah Tangga Pemerintah

Jika disimpulkan, berikut adalah beberapa poin fungsi rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi suatu negara:

  • Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan lapangan kerja.

  • Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap maju atau mundurnya perekonomian masyarakat.

  • Menjaga stabilitas ekonomi dengan menyusun berbagai kebijakan ekonomi.

  • Mengendalikan tingkat harga dan inflasi.

  • Bertindak sebagai supplier dan demander

  • Menggunakan hasil pajak untuk membangun fasilitas umum.

  • Menarik pajak langsung ataupun pajak tidak langsung.

Peran Rumah Tangga Pemerintah dalam Kegiatan Ekonomi

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, dalam kegiatan ekonomi rumah tangga pemerintah memiliki peranan penting dalam menjalankan roda perekonomian. Perekonomian tanah air perlu dikendalikan dengan berbagai kebijakan yang menguntungkan.

Rumah tangga pemerintah sebagai pelaku ekonomi memiliki peran utama sebagai pengendali kebijakan ekonomi yang dapat memakmurkan seluruh masyarakatnya. Kegiatan ekonomi pemerintah diantaranya adalah membuat kebijakan fiskal, kebijakan moneter, peraturan keuangan internasional, dan lain sebagainya.

Kebijakan fiskal sebagai kegiatan ekonomi pemerintah dibuat berkaitan dengan pendapatan dan pengeluaran negara. Kemudian kebijakan moneter dibuat oleh pemerintah untuk mengatur jumlah uang yang beredar demi mengendalikan laju inflasi.

Selanjutnya, pemerintah membuat peraturan keuangan internasional dalam kegiatan ekonomi. Peraturan tersebut terdapat di bidang keuangan yang berkaitan dengan dunia internasional, baik kerja sama ekonomi dengan negara lain, perdagangan internasional, dan lain sebagainya. Kegiatan ekonomi lainnya yang dijalankan pemerintah ialah menyusun rancangan ekonomi jangka pendek, menengah, dan panjang.

Pemerintah juga membantu pembiayaan pembangunan dalam negeri dengan melakukan pinjaman dari luar negeri. Dalam kegiatan ekonomi, pemerintah berupaya mendirikan perusahaan negara yang akan difungsikan untuk menstabilkan perekonomian. Sementara itu, pemerintah turut menjalankan kegiatan ekonomi dengan menyediakan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat dan menyewa tenaga kerja ahli untuk membantu melakukan kebijakan moneter.

Tiga peran penting rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi, yakni regulator, produsen, dan konsumen. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai tiga peran penting rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi.

1. Regulator

Pertama, peran rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi adalah regulator atau pengatur perekonomian. Rumah tangga pemerintah berperan mengatur perekonomian untuk mensejahterakan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan. Dalam menjalankan perannya, rumah tangga pemerintah terus berupaya menciptakan perekonomian yang adil dan merata bagi  setiap lapisan masyarakat.

Pemerintah menciptakan aturan atau regulasi berbentuk pemberian subsidi di perusahaan dalam negeri. Mengapa? Hal tersebut dilakukan untuk menjaga produk dalam negeri dapat bersaing dengan produk luar negeri. Selain itu, rumah tangga pemerintah berperan menentukan besaran pajak. Pemerintah menetapkan besaran pajak progresif agar tercipta kebijakan yang adil.

2. Produsen

Kedua, peran rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi ialah produsen. Dalam menjalankan perannya yang satu ini pemerintah memproduksi barang dan jasa. Rumah tangga produsen tanah air berbentuk Badan Usaha Milik Negara atau disingkat BUMN yang bernaung di bawah pemerintah. Perusahaan Listrik Negara atau PLN dan PT Kereta Api Indonesia merupakan contoh produsen dalam rumah tangga pemerintah.

3. Konsumen

Konsumen merupakan peran ketiga rumah tangga pemerintah dalam kegiatan ekonomi. Rumah tangga pemerintah juga memiliki peran sebagai konsumen, sama halnya dengan rumah tangga keluarga. Pemerintah dalam menjalankan perannya yang satu ini membutuhkan sarana dan prasarana penunjang sistem perekonomian

Sarana dan prasarana yang diperlukan dibeli dari rumah tangga produsen. Secara sederhana, kantor pemerintahan membutuhkan berbagai alat tulis setiap harinya untuk dapat bekerja atau beraktivitas. Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi jika pemerintah membeli berbagai produk alat tulis pada produsen atau perusahaan.

1.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Perilaku negara, masyarakat, dan kelompok masyarakat dipelajari dalam ….


A. teori distribusi
B. teori konsumsi
C. teori produksi
D. teori ekonomi mikro
E. teori ekonomi makro

JAWABAN BENAR

E.

teori ekonomi makro

PEMBAHASAN

Teori ekonomi makro merupakan teori yang membahas masalah ekonomi secara keseluruhan menyangkut sistem dan organisasi ekonomi.

2.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Pemerintah menaikkan suku bunga bank untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar. Kebijakan tersebut dinamakan ….


A. kebijakan fiskal
B. kebijakan non moneter
C. politik diskonto
D. politik pasar terbuka
E. politik persediaan kas

JAWABAN BENAR

C.

politik diskonto

PEMBAHASAN

Politik diskonto adalah kebijakan untuk menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga bank.

3.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Yang sering juga disebut teori pendapatan masyarakat adalah ….


A. teori distribusi
B. teori konsumsi
C. teori produksi
D. teori ekonomi mikro
E. teori ekonomi makro

JAWABAN BENAR

E.

teori ekonomi makro

PEMBAHASAN

Teori ekonomi makro sering disebut teori pendapatan masyarakat.

4.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Pemerintah menarik investor baik dari dalam maupun dari luar negeri. Hal itu diharapkan dapat mengatasi masalah ….


A. Kemiskinan
B. Keterbelakangan
C. Pengangguran
D. kekurangan modal
E. hasil pembangunan tidak merata

JAWABAN BENAR

D.

kekurangan modal

PEMBAHASAN

Dalam rangka mengatasi permodalan, pemerintah menarik investor dalam dan luar negeri.

5.

Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!

Permasalahan ekonomi yang biasa dihadapi negara maju, antara lain berikut ini, kecuali ….


A. teknologi yang maju berdampak pada kerusakan lingkungan
B. produk negara berkembang beredar di pasar
C. investor banyak pindah di negara berkembang
D. kekurangan tenaga kerja
E. kekurangan modal

JAWABAN BENAR

E.

kekurangan modal

PEMBAHASAN

Negara maju biasanya negara yang sudah mempunyai banyak modal.

redesain-navbar Portlet