APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Klasifikasi Makhluk Hidup

MATERI

Sistem klasifikasi 1




Sobat, dalam sejarah perkembangan biologi, terdapat beberapa sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan makhluk hidup agar memudahkan kita dalam mempelajari berbagai keanekaragaman hayati di dunia ini dan mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

Sistem Klasifikasi 2 Kingdom (Linnaeus, 1735)

1. Kingdom Vegetabilia (Tumbuhan)

Plantae meliputi makhluk hidup yang memiliki dinding sel dari bahan selulosa dan berklorofil sehingga mampu melakukan fotosintesis.

Contoh: Ganggang, tumbuhan lumut, tumbuhan paku. Dalam klasifikasi 2 kingdom, bakteri dan jamur termasuk dalam kingdom plantae walaupun tidak memiliki klorofil.

2. Kingdom Animalia (Hewan)

Animalia meliputi makhluk hidup yang tidak memiliki dinding sel, tidak berklorofil dan bisa bergerak bebas.

Contoh: hewan berpori (Porifera), cacing (Vermes), hewan berongga (Coelenterata), hewan bersel satu (Protozoa), hewan lunak (Mollusca), dan hewan bertulang belakang (Chordata).

Sistem Klasifikasi 3 Kingdom (Ernst Haeckel, 1866)

Dalam klasifikasi sistem ini, Haeckel menambahkan kingdom protista sebagai organisme netral yang tidak memiliki ciri sebagai tumbuhan maupun hewan. Jadi Sistem klasifikasi 3 kingdom terdiri dari Protista, Plantae, dan Animalia.

Sistem klasifikasi 2


Sistem Klasifikasi 4 Kingdom (Herbert. F. Copeland, 1938)

Dalam sistem klasifikasi 4 Kingdom, terjadi penambahan satu kingdom, yakni kingdom monera yang meliputi bakteri dan alga biru-hijau.

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom (Robert Whittaker, 1969)

Robert mengusulkan kingdom tambahan untuk fungi dengan pertimbangan perbedaan organisme dalam mendapatkan makanan (nutrisi). Klasifikasi lima kingdom inilah yang banyak dijadikan sebagai standar pembelajaran hingga saat ini.

Sistem Klasifikasi 6 Kingdom (Woese dkk., 1969)

Woese mengusulkan untuk memisahkan kingdom monera (kelompok mikroorganisme prokariotik) menjadi dua kingdom, yaitu kingdom eubacteria dan kingdom archaebacteria dengan alasan bahwa archaea memiliki RNA polimerase yang lebih kompleks dari bacteria, kemudian dinding sel archaea juga tidak mengandung peptidoglikan seperti bacteria.

Untuk informasi tambahan bagi Sobat Pintar, selain sistem kingdom masih ada sistem lain yang digunakan sebagai dasar klasifikasi, yaitu sistem 2 empire oleh Chatton tahun 1925 dan sistem 3 domain oleh Woese, dkk tahun 1990.

Untuk memudahkan Sobat Pintar memahami perkembangan sistem klasifikasi, simak tabel sistem klasifikasi berikut ya.....

1.

Jawablah soal di bawah ini!

Anggota kingdom apakah yang dimiliki oleh domain Eukariota?


A. Plantae, Fungi, Monera, Protista, dan Animalia
B. Plantae, Fungi, Protista, dan Animalia
C. Plantae, Fungi, Monera, dan Animalia
D. Plantae, Fungi, dan Animailia
E. Plantae dan Animalia

JAWABAN BENAR

B.

Plantae, Fungi, Protista, dan Animalia

PEMBAHASAN

Kingdom yang merupakan anggota domain Eukariota adalah yang ang- gotanya memiliki membran inti, yaitu: Kingdom Plantae, Kingdom Fungi, Kingdom Protista, dan Kingdom Animalia.

 

2.

Jawablah soal di bawah ini!

Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, termasuk apakah organisme yang memiliki karakteristik uniseluler, heterotrof, tanpa membran inti, dan tanpa organel sel?


A. Fungi
B. Monera
C. Protista
D. Plantae
E. Animalia

JAWABAN BENAR

B.

Monera

PEMBAHASAN

Berdasarkan klasifikasi lima kingdom, organisme yang memiliki karakteristik uniseluler, heterotrof, tanpa membran inti, dan tanpa organel sel adalah Monera. Fungi, Protista, Plantae, dan Animalia masuk ke domain Eukariota, memiliki membran inti.

 

3.

Jawablah soal di bawah ini!

Di dalam klasifikasi, jeruk bali (Citrus maxima), jeruk nipis (Citrus aurantifolia), dan jeruk keprok (Citrus nobilis) termasuk dalam satu kelompok, yaitu pada tingkat....


A. spesies
B. genus
C. familia
D. ordo
E. kelas

JAWABAN BENAR

B.

genus

PEMBAHASAN

Ketiga jeruk tersebut menunjukkan suatu spesies yang berbeda, tetapi menunjukkan genus yang sama, yaitu Citrus.

4.

Jawablah soal di bawah ini!

Tingkatan takson paling rendah yang menempatkan jagung dan padi dalam satu kedudukan sistematik adalah....


A. divisio
B. kelas
C. ordo
D. famili
E. genus

JAWABAN BENAR

B.

kelas

PEMBAHASAN

Tingkatan takson paling rendah yang menempatkan jagung dan padi pada satu kedudukan klasifikasi sistematik adalah kelas Monocotyledoneae.

5.

Jawablah soal di bawah ini!

Kucing, anjing, dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam satu takson yang sama, yaitu ....


A. filum
B. kelas
C. ordo
D. familia
E. genus

JAWABAN BENAR

C.

ordo

PEMBAHASAN

Kucing, anjing, dan harimau dikelompokkan dalam ordo yang sama, yaitu karnivora. Anggota karnivora tubuhnya dapat bergerak cepat; biasanya kaki berjari lima dilengkapi kuku; memiliki gigi taring yang tajam; termasuk predator, yaitu memangsa hewan yang lain.

redesain-navbar Portlet