APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Protista

MATERI

Ciri Protista Mirip Jamur



Sobat Pintar apa kalian sudah tahu klasifikasi protista ada apa aja? untuk lebih jelasnya simak materi berikut ini ya....

Dahulu Protista mirip jamur sering dikelompokkan ke dalam kingdom Fungi, namun sekarang pada umumnya para ahli telah mengelompokkan protista ke dalam kingdom tersendiri. Protista mirip jamur menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya dalam bentuk uniseluler.

Akan tetapi, Protista mirip jamur dapat bergabung dan berkelompok sehingga membentuk organisme multiseluler. Dalam keadaan tersebut, Protista mirip jamur mengalami masa transisi dari uniseluler menjadi multiseluler.

Protista mirip jamur atau yang lebih dikenal dengan jamur lendir memiliki susunan sel, cara reproduksi, dan siklus hidup yang berbeda dari jamur. Berdasarkan perbandingan molekuler, jamur lendir mirip dengan beberapa alga walaupun jamur lendir tidak memiliki kloroplas. Protista mirip jamur terdiri atas tiga filum, yaitu Myxomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota.

Myxomycota

Filum Myxomycota terdiri atas jamur lendir. Anggota Myxomycota biasanya memiliki pigmen kuning atau oranye dan bersifat heterotrof. Myxomycota memiliki fase amoeboid berinti banyak dan tidak dibatasi dinding kuat yang disebut plasmodium yang dapat dijumpai dalam siklus hidupnya. Plasmodium dapat bergerak seperti Amoeba di atas substrat dan mencerna makanan secara fagositosis, menelan partikel atau sel secara langsung. Contoh spesies Myxomycota adalah Physarium sp. (Gambar dibawah ini).

Gambar spesies Physarum merupakan salah satu contoh jamur lendir serta salah satu organisme perintis.

Oomycota


Oomycota dikenal sebagai jamur air (water molds), karat putih (white rust), dan downy mildew. Organisme ini terdiri atas hifa (filamen atau benang halus yang membentuk bagian vegetatif jamur) yang terlihat seperti jamur pada umumnya. Oomycota memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Pada umumnya, jamur air merupakan pengurai yang tumbuh pada alga atau hewan mati. Beberapa alga merupakan parasit pada ikan. Anggota dari kelompok Oomycota sebagian besar bereproduksi menghasilkan oogonia. Beberapa yang lainnya bereproduksi secara aseksual dengan zoospora. Pada saat proses reproduksi, zoospora bergerak dengan berenang cepat. Peristiwa tersebut terjadi di dalam air. Contoh spesies Oomycota adalah Saprolegnia (Gambar dibawah ini).

Contoh Protista dari kelompok Oomycota. (a) Bentuk zoosporangia pada Saprolegnia sp. yang akan menghasilkan zoospora, (b) bentuk oogonia pada Saprolegnia sp. yang menghasilkan oogonium, dan (c) jamur air yang tumbuh pada kecoa untuk dirombak atau diuraikan.

Acrasiomycota


Anggota Acrasiomycota atau yang disebut jamur lendir uniseluler, pada dasarnya lebih mirip dengan protozoa uniseluler. Fase vegetatifnya juga merupakan sel yang berfungsi sebagai individu. Jika makanan tidak tersedia, sel-sel akan membentuk agregat atau kumpulan yang berfungsi sebagai unit. Meskipun kumpulan selnya mirip dengan Myxomycota, sel-sel Acrasiomycota tetap mempertahankan identitasnya dan terpisah oleh membran mereka. Perbedaan lainnya, yaitu jamur lendir plasmodium memiliki fase haploid dan diploid. Acrasiomycota memiliki tubuh buah yang berfungsi sebagai alat reproduksi seksual.

Proses pembentukan agregat pada Acrasiomycota

1.

Jawablah soal di bawah ini!

Contoh jamur lendir adalah ....


A. Physarium sp.
B. Phytophthora sp.
C. Saprolegnia sp.
D. Citridiales sp.
E. Phytium sp.

JAWABAN BENAR

A.

Physarium sp.

PEMBAHASAN

Jamur lendir atau Myxomycota adalah sekelompok protista yang berpenampilan mirip jamur namun berperilaku menyerupai amoeba.

Contoh myxomycota antara lain Physarum polycephalum dan Dictyostelium discoideum yang keduanya berfungsi sebagai pengurai sampah organik serta pemakan bakteri.

2.

Beberapa protista sebagai berikut.

  1. Scinata sp.
  2. Phytopthora infestans
  3. Rhodymenia palmate
  4. Phytopthora palmifera
  5. Ascophylum sp.

Protista mirip jamur yang menjadi parasit pada tumbuhan adalah....


A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5

JAWABAN BENAR

C.

2 dan 4

PEMBAHASAN

Phytopthora infestans: parasit pada tanaman kentang.

Phytopthora palmifera: parasit pada tanaman kelapa.
 

3.

Protista mirip jamur dalam ekosistem berperan sebagai....


A. Produsen
B. Pemangsa
C. Konsumen
D. Dekomposer
E. Penghancur

JAWABAN BENAR

D.

Dekomposer

PEMBAHASAN

Protista mirip jamur berperan sebagai dekomposer yang artinya mengolah kembali atau mendaur ulang bahan organik.

4.

Myxomycota merupakan Protista yang menyerupai jamur dan memiliki sifat seperti Amoeba karena …


A. Dapat bergerak dengan kaki semu
B. Dapat bergerak dengan silia
C. Bersifat saprofit
D. Menghasilkan lender
E. Tidak memiliki klorofil

JAWABAN BENAR

A.

Dapat bergerak dengan kaki semu

PEMBAHASAN

Semua jamur lendir menghasilkan sel-sel yang hidup bebas pada sebagian siklus hidupnya. Sel-sel yang hidup bebas ini disebut amoeboid (amoeboid merupakan sel yang memiliki bentuk seperti Amoeba). Sel Amoeboid bergerak layaknya Amoeba, yaitu dengan kaki semu.

5.

Seperti halnya jamur, Oomycota juga dapat menghasilkan spora aseksual berupa …


A. sporangiospora
B. Oospora
C. Blastospora
D. Zoospora
E. Konidiospora

JAWABAN BENAR

B.

Oospora

PEMBAHASAN

Secara aseksual, jamur Oomycota akan menghasilkan sporangium di ujung hifa (filamen/benang). Di dalam sporangium akan dihasilkan spora-spora berflagel (zoospora). Ketika zoospora matang, zoospora akan keluar dari sporangium. Apabila spora jatuh di tempat yang sesuai, zoospora akan berkecambah dan tumbuh menjadi miselium (masa hifa) baru.

redesain-navbar Portlet