Belajar Pintar Materi SMP, SMA, SMK
BelajarPintarV3
Matematika Wajib
Nilai Mutlak
MATERI
Konsep Nilai Mutlak
Sumber : Christtiny.blogspot.com
Halo, Sobat Pintar! Kalian pasti mengetahui tentang perpindahan dan jarak, bukan? Menurut kalian, apakah perpindahan dari satu tempat ke tempat lain bisa berupa bilangan negatif?
Kalau hasil perhitungannya negatif, bagaimana? Apakah perhitungan kita salah? Tentu tidak dong, sobat, karena suatu perpindahan yang dilakukan tidak memperhitungkan arah, tetapi hanya memperhitungkan banyak langkah selama kita berpindah.
Apakah logis jika banyaknya langkah yang kita lakukan itu bernilai negatif? Daripada makin bingung antara positif dan negatif, kita langsung aja yuk belajar tentang NILAI MUTLAK.
Nilai mutlak atau nilai absolut merupakan nilai dari sembarang bilangan yang tidak mungkin bernilai negatif, tetapi masih mungkin bernilai nol. secara matematis, nilai mutlak dapat didefinisikan:
Jika terdapat nilai mutlak dalam bentuk aljabar, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
Sifat-Sifat Nilai Mutlak
Untuk x, y elemen bilangan real dengan y tidak sama dengan 0, berlaku sifat berikut:
Grafik Fungsi Nilai Mutlak
Jika digambarkan dalam bentuk grafik, fungsi nilai mutlak akan membentuk garis lurus menyerupai huruf V pada interval tertentu.
Grafik fungsi nilai mutlak memiliki satu puncak dan simetris antara ruas kanan dan kirinya.
Grafik fungsi nilai mutlak selalu berada diatas sumbu x, karena sifat nilai mutlak yang selalu bernilai positif.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat grafik nilai mutlak yaitu
- Tentukan nilai x sehingga membuat y = 0
- Akan diperoleh titik koordinat (x,0) sebagai puncak grafik
- Selanjutnya gunakan titik bantu untuk menentukan titik lain yang dilalui grafik (dapat menggunakan bantuan tabel)
- Letakkan titik-titik koordinat yang diperoleh pada bidang koordinat cartesius
- Buatlah garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang koordinat cartesius, sehingga diperoleh grafik suatu fungsi nilai mutlak
Persamaan Nilai Mutlak
Persamaan nilai mutlak yaitu persamaan yang memuat nilai mutlak sehingga selalu bernilai nonnegatif.
Bentuk Persamaan Nilai Mutlak
Penyelesaian persamaan nilai mutlak satu variabel adalah nilai pengganti variabel yang memenuhi persamaan tersebut.
Penyelesaian persamaan nilai mutlak satu variabel |ax+b| = c dapat dicari dengan cara:
- Menggambar grafik fungsi nilai mutlak. Titik potong antara grafik nilai mutlak y = | ax + b | dengan garis y = c merupakan hasil penyelesaiannya.
- Berdasarkan definisi nilai mutlak
Contoh:
Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan 6 - x = 3 !
Pembahasan:
Dengan cara definisi nilai mutlak diperoleh:
- Mengkuadratkan kedua ruas
Contoh:
Tentukan himpunan penyelesaian dari x + 5 = 4 !
Pembahasan:
1.
Jawablah soal berikut ini!
Hasil dari | 4 - 12 | adalah….
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9
JAWABAN BENAR
D.
8
PEMBAHASAN
2.
Jawablah soal berikut!
Nilai dari | x - 3 | = 5x + 9 adalah ....
A. 1 atau 3
B. 1 atau -3
C. -1 atau -3
D. 3 atau -1
E. 6 atau 12
JAWABAN BENAR
C.
-1 atau -3
PEMBAHASAN
| x - 3 | = 5x + 9 berarti
x - 3 = 5x + 9 atau x - 3 = - ( 5x + 9 )
x - 5x = 9 + 3 x + 5x = 3 - 9
-4x = 12 6x = -6
x = -12/4 x = -6/6
x = -3 x = -1
Jadi, hasil dari | x - 3 | = 5x + 9 adalah -1 dan -3
3.
Jawablah soal berikut ini!
Salah satu nilai x yang memenuhi | 2x + 1 | = | 7x - 4 | adalah ....
A. 1/3
B. 0
C. -1/3
D. -1
E. -4
JAWABAN BENAR
A.
1/3
PEMBAHASAN
| 2x + 1 | = | 7x - 4 | berarti
2x + 1 = 7x - 4 atau 2x + 1 = - ( 7x - 4 )
2x - 7x = -4 -1 2x + 7x = 4 - 1
-5x = -5 9x = 3
x = (-5)/(-5) x = 3/9
x = 1 x = 1/3
Jadi, hasil dari | 2x + 1 | = | 7x - 4 | adalah 1 atau 1/3.
4.
Jawablah sal berikut ini!
Nilai x yang memenuhi persamaan 7 | x + 8 | - 2 = 12 adalah ....
A. 4 atau 20
B. -4 atau -20
C. 2 atau 8
D. 6 atau 10
E. -6 atau -10
JAWABAN BENAR
E.
-6 atau -10
PEMBAHASAN
7 | x + 8 | - 2 = 12
7 | x + 8 | = 12 + 2
| x + 8 | = 14/7
| x + 8 | = 2 berarti
x + 8 = 2 atau x + 8 = -2
x = 2 - 8 x = - 2 - 8
x = -6 x = -10
Jadi, nilai x yang memenuhi adalah -6 atau -10.
5.
Jawablah soal berikut ini!
Hasil dari | 3x - 6 | 2 - 9 = 0 adalah ....
A. 3 atau -3
B. 1 atau -1
C. 1 atau -3
D. 1 atau 3
E. 3 atau -1
JAWABAN BENAR
D.
1 atau 3
PEMBAHASAN
| 3x - 6 | 2 - 9 = 0
Misal p = | 3x - 6 |, maka
p2 - 9 = 0
( p - 3 ) ( p + 3 ) = 0
p = 3 atau p = -3 (tidak digunakan karena nilai mutlak tidak mungkin negatif)
Jadi | 3x - 6 | = 3, berarti
3x - 6 = 3 atau 3x - 6 = -3
3x = 3 + 6 3x = -3 + 6
3x = 9 3x = 3
x = 9/3 x = 3/3
x = 3 x = 1
Jadi, hasil dari | 3x - 6 | = 3 adalah 1 dan 3.
Oops!!!
Yah, jawaban kamu meleset nih. Ingin melihat pembahasan soal ini?
BENAR!!!
Selamat!
Jawaban kamu benar. Ingin lihat pembahasan soal ini?
footer_v3
Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat
sesuai minat dan bakatmu.
Aku Pintar memiliki visi membuat pendidikan merata, mudah dijangkau, dan terjangkau dengan Program Journey Pintar yang merupakan sebuah program persiapan lengkap bagi siswa SMA/SMK/sederajat yang ingin masuk ke perguruan tinggi impiannya.
Kontak Kami
Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat
© 2024 Aku Pintar. All Rights Reserved