Belajar Pintar Materi SMP, SMA, SMK
BelajarPintarV3
Matematika Wajib
Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
MATERI
Konsep Sistem Pertidaksamaan Linear Kuadrat
Dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel terdapat 2 macam sistem, yaitu
- Sistem pertidaksamaan linear-kuadrat
- Sistem pertidaksamaan kuadrat-kuadrat
Sistem Pertidaksamaan Linear Kuadrat
Sistem pertidaksamaan linear-kuadrat berarti suatu sistem pertidaksamaan yang terdiri atas pertidaksamaan linear dan pertidaksamaan kuadrat.
Bentuk umum Pertidaksamaan linear Kuadrat
Dengan * merupakan tanda pertidaksamaan
Langkah-langkah membuat sketsa grafik sistem pertidaksamaan linear-kuadrat sebagai berikut:
- Sketsa grafik masing-masing persamaan persamaan linear dan persamaan kuadrat
- Beri arsiran untuk daerah penyelesaian masing-masing pertidaksamaan.
- Tentukan daerah penyelesaian yang merupakan irisan atau perpotongan daerah yang memenuhi sistem pertidaksamaan terkait.
- Lakukan pengujian kebenaran dengan memilih titik uji di dalam daerah penyelesaian tersebut
Konsep Sistem Pertidaksamaan Kuadrat-Kuadrat
Sistem pertidaksamaan kuadrat-kuadrat berarti suatu sistem pertidaksamaan yang terdiri atas pertidaksamaan kuadrat saja.
Bentuk umum Pertidaksamaan Kuadrat- Kuadrat
Dengan * merupakan tanda pertidaksamaan
Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan Kuadrat -Kuadrat
Sama seperti pertidaksamaan linear-kuadrat, penyelesaian dari sistem pertidaksamaan kuadrat juga berupa daerah penyelesaian.
Langkah-langkah penyelesaian dari Sistem Pertidaksamaan Kuadrat-Kuadrat yaitu :
- Buat sketsa grafik dari masing-masing persamaan kuadrat
- Berilah arsiran untuk daerah penyelesaian masing-masing pertidaksamaan
- Tentukan daerah penyelesaian yang merupakan irisan atau perpotongan dari daerah yang memenuhi sistem pertidaksamaan terkait.
- Lakukan pengujian dengan menguji sembarang titik
Penyelesaian Sistem pertidaksamaan jika diketahui daerah penyelesaiannya
suatu fungsi kuadrat dapat ditentukan jika diketahui beberapa unsurnya, yaitu
- Jika fungsi kuadrat diketahui titik potong dengan sumbu x yaitu (x1 , 0) dan (x2 , 0) maka persamaannya adalah f(x) = a(x – x1)(x – x2)
- Jika suatu fungsi kuadrat diketahui titik baliknya P(p , q), maka persamaannya adalah f(x) = a(x – p)2 + q
Aturan ini dipakai untuk menyusun pertidaksamaan kuadrat jika diketahui gambar daerah penyelesaiannya.
1.
Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
A.
B.
C.
D.
E.
JAWABAN BENAR
C.
PEMBAHASAN
Pada x-5y=2, jika x=0, maka
0-5y=2
y=-2/5 (0,-2/5)
Pada x-5y=2, jika y=0, maka
x-5.0=2
x=2 (2,0)
Pada 7x+y=2, jika x=0, maka
7.0+y=2
y=2 (0,2)
Pada 7x+y=2, jika y=0, maka
7x+0=2
x=2/7 (2/7,0)
Sehingga diperoleh daerah penyelesaian:
2.
Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
A.
B.
C.
D.
E.
JAWABAN BENAR
A.
PEMBAHASAN
Pada x+y=8, jika x=0, maka
0+y=8
y=8 (0,8)
Pada x+y=8, jika y=0, maka
x+0=8
x=8 (8,0)
Pada x+2y=10, jika x=0, maka
0+2y=10
y=10/2=5 (0,5)
Pada x+2y=10, jika y=0, maka
x+2 .0=10
x=10 (10,0)
Sehingga diperoleh daerah penyelesaian
3.
Perhatikan grafik berikut!
Sistem pertidaksamaan linear dua variabel dengan daerah penyelesaian pada grafik tersebut adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
JAWABAN BENAR
E.
PEMBAHASAN
Garis a memotong sumbu x di titik (7,0) dan memotong sumbu y di titik (0,6)
Sehingga diperoleh persamaan
6x+7y=6Ă—7
6x+7y=42
Garis b memotong sumbu x di titik (3,0) dan memotong sumbu y di titik (0,8)
Sehingga diperoleh persamaan
8x+3y=8Ă—3
8x+3y=24
Menentukan simbol pertidaksamaan pada garis a dengan menguji titik (4,1)
6Ă—4 + 7Ă—1 ... 42
24 + 7 ... 42
Menentukan simbol pertidaksamaan pada garis b dengan menguji titik (4,1)
8Ă—4 + 3Ă—1 ... 24
32 + 3 ... 24
maka tersebut merupakan salah satu pertidaksamaannya, sehingga diperoleh SPtLDV
4.
Jawablah soal berikut ini!
Daerah penyelesaiannya adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
JAWABAN BENAR
C.
PEMBAHASAN
Menggambar fungsi y=x2-4
fungsi y=x2-4 merupakan fungsi kuadrat sehingga untuk menggambarkan grafiknya perlu mencari titik yang memotong sumbu x, y dan titik puncaknya, jika y=0, maka
0=x2-4
0=(x-2)(x+2)
x = 2 atau x = -2
Sehingga grafik tersebut memotong sumbu x di dua titik yaitu (2,0) dan (-2,0)
jika x = 0 maka
y=02-4= -4 , maka grafik memotong sumbu y di titik (0,-4)
Menggambar grafik 3x+2y=0
jika y=3, maka
3x+2.3=0
x=-6/3= -2 (-2,3)
jika x=0, maka
3.0+2y=0
y=0 (0,0)
Sehingga diperoleh daerah penyelesaian
5.
Jawablah soal berikut ini!
Daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan kuadrat-kuadrat berikut adalah ....
A.
B.
C.
D.
E.
JAWABAN BENAR
D.
PEMBAHASAN
Menggambar fungsi y=-x2+4x
fungsi y=-x2+4x merupakan fungsi kuadrat sehingga untuk menggambarkan grafiknya perlu mencari titik yang memotong sumbu x, y dan titik puncaknya, jika y=0, maka
0=-x2+4x
0=x(-x+4)
x = 0 atau x = 4
Sehingga grafik tersebut memotong sumbu x di dua titik yaitu (0,0) dan (4,0)
jika x = 0 maka
y=-02+4.0= 0, maka grafik memotong sumbu y di titik (0,0)
Menggambar grafik y=x2-6x+9
fungsi y=x2-6x+9 merupakan fungsi kuadrat sehingga untuk menggambarkan grafiknya perlu mencari titik yang memotong sumbu x, y dan titik puncaknya, jika y=0, maka
0=x2-6x+9
0=(x-3)2
x = 3
Sehingga grafik tersebut memotong sumbu x di satu titik yaitu (3,0)
jika x = 0 maka
y=02-6.0+9= 9, maka grafik memotong sumbu y di titik (0,9)
- Menentukan daerah yang diarsir dengan menguji titik (1,0) pada y<-x2+4x
0<-12+4.1
0<-1+4
0<3 (BENAR)
Maka daerah yang diarsir adalah daerah yang memuat titik (1,0)
Sehingga diperoleh daerah penyelesaian
6.
Jawablah soal berikut ini!
A. (-5,2)
B. (1,-10)
C. (3,5)
D. (-9,3)
E. (4,-3)
JAWABAN BENAR
A.
(-5,2)
PEMBAHASAN
Titik koordinat yang merupakan penyelesaian merupakan titik yang memenuhi pertidaksamaan
Untuk menyelesaikan soal tersebut, maka langsung saja untuk mensubstitusikan pilihannya
Option A
Jadi, (-5,2) merupakan penyelesaiannya
7.
Perhatikan grafik berikut!
Grafik yang diarsir merupakan penyelesaian dari pertidaksamaan….
A.
B.
C.
D.
E.
JAWABAN BENAR
A.
PEMBAHASAN
Grafik garis lurus di atas memotong sumbu-x di (5,0)
dan memotong di sumbu-y (0, 1). Maka persamaan garisnya berbentuk
Dengan demikian, pertidaksamaan garisnya 5y+x=5
Oops!!!
Yah, jawaban kamu meleset nih. Ingin melihat pembahasan soal ini?
BENAR!!!
Selamat!
Jawaban kamu benar. Ingin lihat pembahasan soal ini?
footer_v3
Bersama Aku Pintar temukan jurusan kuliah yang tepat
sesuai minat dan bakatmu.
Aku Pintar memiliki visi membuat pendidikan merata, mudah dijangkau, dan terjangkau dengan Program Journey Pintar yang merupakan sebuah program persiapan lengkap bagi siswa SMA/SMK/sederajat yang ingin masuk ke perguruan tinggi impiannya.
Kontak Kami
Grand Slipi Tower Lt. 42
Jl. S. Parman Kav 22-24
Jakarta Barat
© 2024 Aku Pintar. All Rights Reserved