APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia (Wajib)

Hikayat

MATERI

Unsur Instrinsik Hikayat

Apa Saja Unsur Instrinsik Hikayat Tema ?

1. Tema adalah pokok pikiran yang menjadi dasar cerita yang dicetuskan oleh pengarang. Biasanya, tema hikayat berupa kehidupan kerajaan, hal-hal di luar akal pikiran (ajaib), petualangan, ketuhanan, dan lain-lain. Tema dominan dalam hikayat adalah petualangan Tokoh dan penokohan.

2. Tokoh dan penokohan adalah cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter tokoh-tokoh dalam cerita. Untuk menggambarkan karakter seorang tokoh tersebut, pengarang dapat menggunakan teknik sebagai berikut. Penggambaran fisik dan perilaku tokoh. Penggambaran oleh tokoh lain. Tokoh dalam sebuah hikayat atau cerita fiksi dapat dibedakan kedalam beberapa jenis penamaan berdasarkan dari sudut mana penamaan itu dilakukan.

* Berdasarkan tingkat peanan sebuah cerita, tokoh dapat dibedakan sebagai berikut:

a. Tokoh utama adalah tokoh yang diutamakan penceritaannya dalam cerita yang besangkutan. Ia merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

b. Tokoh bawahan adalah tokoh yang tidah sentral kedudukannya didalam cerita, tetai kehadirannya sangat di perlukan untuk menunjang atau mendukung tokoh utama.

* Berdasarkan fungsi penampilan tokoh, tokoh dapat dibedakan sebagai berikut:

a. Tokoh protagonis, adalah tokoh yang merupkan pengejawantahan norma-norma, nilai-nilai yang ideal bagi kita.

b. Tokoh antagonis adalah tokoh penentang utama dari protagonis

* Berdasarkan perwatakan nya, takoh dapat dibedakan sebagai berikut:

a. Tokoh sederhana, adalah tokoh yang hanyaa memiliki satu kualitas pribadi tertentu, satu sifat watak tertentu saja. Ia tidak diungkapkan berbagai kemungkinan sisi kehidupannya. Sifat dan tingkah laku tokoh ini bersifat datar, monoton, dan hanya mencerminkan satu watak tertentu.

b. Tokoh bulat, adalah tokoh yang memiliki berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian, dan jati dirinya. Ia dapat menampilkan watak dan tingkah laku bermacam-macam, bahkan mungkin bertetangan dan sulit diduga[[1]].

3. Alur, adalah rangkaian peristiwa yang memiliki hubungan sebab akibat sehingga menjadi satu kesatuan yang padu, bulat dan utuh. Dalam hikayat, terdapat beberapa peristiwa yang pada dasarnya merupakan wadah pertentangan antara tokoh utama yang baik dan tokoh utama yang jahat. Biasanya yang baiklah yang mendapatkan kemenangan gemilang, sedangkan yang jahat dapat dikalahkan. Pada umumnya tokoh utama berada di pihak yang benar, berwatak baik, dan dengan kehebatan dan kesaktiannya dia unggul dalam suatu perkelahian atau pertentangan.

4. Latar, yaitu tempat, hubungan waktu, suasana, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa secara konkret dan jelas. Unsur latar dibagi empat, yaitu:

a. Latar tempat, merujuk pada lokasi berupa tempat-tempat dengan nama tertentu terjadinya peristiwa.

b. Latar waktu, berhubungan dengan ‘kapan’ terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

c. Latar sosial, merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat di suatu tempat yang di ceritakan dalam hikayat. Pada umumnya, berkaitan dengan tradisi dan adat-istiadat yang masih kental.

d. Latar suasana, berhubungan dengan keadaan yang tergambar dalam hikayat. Misalkan ketakutan, romantisme, dan lain-lain.

5. Gaya bahasa, adalah cara khas penyusunan dan penyampaian dalam bentuk tulisan dan lisan. Ruang lingkup dalam tulisan meliputi penggunaan kalimat, pemilihan diksi, penggunaan majas, dan penghematan kata. Dalam hikayat, yang digunakan yaitu bahasa Melayu dengan berbagai macam diksi, majas, dan penggunaan katanya cenderung tidak efektif, sehingga kita sulit memahaminya. Namun, ada beberapa hikayat yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga kita tidak kesulitan dalm membacanya.

6. Sudut pandang, adalah cara pengarang menempatkan dirinya dalam bercerita. Pencerita biasanya menempatkan diri ebagai orang ketiga, dengan menggunakan teknik ‘diaan’, menempatkan pencerita sebagai orang pertama hanya terdapat dalam hikayat Abdullah.

7. Amanat, merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Biasanya berisi petuah kehidupan, dan sebagainya.

Apa Saja Unsur Ekstrinsik Hikayat ?

1. Nilai, merupakan ajaran-ajaran yang terkandung dalam sebuah cerita. Nilai terbagi menjadi tujuh, antara lain:

a. Nilai ketuhanan, berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan sebagai Sang Pencipta.

b. Nilai agama, menyangkut aturan-aturan yang terkait dengan hubungan manusia dengan Tuhan.

c. Nilai moral, yaitu hubungan yang menyangkut masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antar manusia.

d. Nilai budaya, merupakan masalah adat-istiadat, bahasa, dan kepercayaan.

e. Nilai sosial, menyangkut hubungan antara manusia dengan manusia lain dalam kehidupan sosialnya.

f. Nilai pendidikan, berhubungan dengan ajaran yang dapat diambil dari sebuah cerita.

g. Nilai psikologis; menyangkut masalah eksisitensi diri manusia, kebimbangan, ketakutan, dendam, dan hal lain yang dialami oleh manusia.

2. Latar belakang sosial budaya.

Biasanya masih terikat dengan tradisi dan adat-istiadat setempat.

3. Latar belakang pendidikan pengarang.

Para penulis hikayat sudah berpendidikan cukup tinggi, terbukti dengan karya-karyanya yang masih bertemakan kehidupan kerajaan. Sedangkan, cerita rakyat biasa sangat jarang di ceritakan. Sekalipun ada, cerita rakyat tersebut bertemakan kepahlawanan, kecerdikan seseorang, dan kemalangan seseorang. Selain itu, terbukti dengan penggunaan bahasa Melayu tinggi, bukan bahasa Melayu sehari-hari (Lingua Franca)

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan cermat!

Unsur instristik dalam hikayat antara lain adalah.....


A. Orientasi,pemenuhan
B. Tema,alur
C. Event, krisis
D. Latar, reaksi
E. Resolusi, event

JAWABAN BENAR

B.

Tema,alur

PEMBAHASAN

Unsur instrinsik dari hikayat adalah tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

2.

Jawablah soal berikut!

Unsur ekstrinsik di hikayat adalah .....


A. Berhubungan dengan tema
B. Berhubungan dengan latar belakang tokoh atau pemain
C. Berhubungan dengan latar belakang penulis
D. Berhubungan dengan fisik
E. Berhubungan dengan watak

JAWABAN BENAR

C.

Berhubungan dengan latar belakang penulis

PEMBAHASAN

Unsur ekstrinsik dalam hikayat adalah berhubungan dengan amanat

redesain-navbar Portlet