APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Fenomena Geosfer: Biosfer

MATERI

Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Sebagai Akibat Terjadinya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul Dengan Laut Tengah Australia - Asia menyebabkan persebaran flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi 3 wilayah, yaitu sebagai berikut.

Indonesia Barat, jenis flora dan faunanya sejenis dengan flora dan fauna di Asia. Makin ke arah kawasan timur jenisnya semakin langka. Jenis floranya antara lain: karet, kapur barus (kamper), kemenyan, meranti, mahoni, dan sebagainya. Jenis faunanya antara lain gajah, badak, harimau tutul, ular sanca, banteng, dan sebagainya. 

Indonesia Timur, jenis flora dan faunanya sejenis dengan flora dan fauna di Australia. Makin ke arah kawasan barat jenisnya semakin langka. Jenis floranya antara lain pohon rasamala dan eucalyptus. Jenis fauna nya antara lain kuskus (berbagai jenis), burung kasuari, burung cendrawasih, dan kanguru beruang pohon (karena bentuknya mirip beruang, kanguru ini suka hidup di pepohonan). 

Indonesia Tengah, di kawasan Indonesia Tengah merupakan daerah peralihan antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Flora dan fauna yang ditemukan di bagian tengah Indonesia disebut sebagai tipe peralihan. Wilayah Indonesia yang termasuk ke bagian tengah adalah Pulau Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

Iklim Indonesia bagian tengah memiliki kelembaban udara dan curah hujan yang rendah. Karena itu, flora yang ditemukan di wilayah ini didominasi oleh rempah-rempah seperti pala, cengkeh, cendana, eboni, dan anggrek.

Di sisi fauna, banyak pula terdapat hewan endemik Indonesia yang menempati Indonesia bagian tengah, diantaranya adalah komodo, anoa, babi rusa, dan burung maleo.

Antara Indonesia Barat dengan Indonesia Tengah dibatasi oleh garis Wallace. Antara Indonesia Tengah dengan Indonesia Timur dibatasi oleh garis Weber. 
 

Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Flora dan Fauna Indonesia
 

Alfred Russel Wallace, seorang ahli bangsa Inggris yang mengadakan penelitian di Indonesia tentang fauna pada tahun 1854 - 1862. Sedangkan Max William Carl Weber, seorang sarjana bangsa Jerman dalam bidang ilmu hewan (zoologi). Pada tabel berikut dapat kita bandingkan jenis-jenis binatang Indonesia Barat, Indonesia Tengah, dan Indonesia Timur.

Berikut persebaran fauna menurut garis Wallace dan Weber pada peta Indonesia.


 

Jenis Hutan di Indonesia

Jenis-Jenis Hutan di Indonesia dan Pemanfaatannya


Oleh karena Indonesia beriklim tropis dan banyak mendapat hujan, wilayah ini mempunyai hutan-hutan lebat yang disebut hutan hujan tropis. Di Indonesia terdapat beberapa macam hutan, seperti berikut ini.

Hutan hujan tropis, terdapat di daerah yang banyak mendapat hujan. Pohon-pohon dalam hutan ini berdaun rindang dan lantai hutan gelap karena sinar matahari tidak dapat menembus daun-daun rindangnya. Tanah dan udara dalam hutan lembab karena uap airnya sukar naik berevaporasi ke atas. Pohon-pohon dalam hutan tersebut sering dililit oleh tumbuhan sulur, seperti rotan.persebaran hutan hujan tropis di Indonesia berada di pulau-pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Hutan musim, terdapat di daerah yang dipengaruhi iklim musim. Selama musim kemarau, daun pohon-pohon di hutan musim ini banyak yang gugur sehingga meranggas. Sebaliknya, setelah musim penghujan daun pohon-pohon hutan musim lebat kembali. Hutan musim sering juga disebut hutan homogen karena terdiri atas satu jenis tumbuhan saja. Persebaran hutan musim di Indonesia banyak terdapat di pulau Jawa (Tengah & Timur), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hutan bakau, terdapat di dataran rendah pantai yang banyak lumpurnya. Pohon bakau mempunyai akar menjulang di atas permukaan air pada waktu air laut surut dan terendam pada waktu air laut pasang. Akar pohon bakau dapat menahan abrasi (kikisan ombak) air laut. Persebaran hutan mangrove di Indonesia umumnya terletak di pantai dataran rendah pulau besar, yaitu di pantai timur Sumatera, pantai barat dan utara Sulawesi, pantai utara Jawa, dan pesisir Kaimana dan teluk Bintuni di Papua.


Hutan sabana (stepa), terdapat di daerah kurang hujan. Hutan sabana merupakan padang rumput (stepa) yang di sebagian tempat terdapat hutan dengan pohon-pohon yang rendah. Hutan ini dimanfaatkan sebagai lahan usaha peternakan sapi dan kuda yang banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 
 

 

Kerusakan Flora dan Fauna

 Perusakan dalam Usaha Pertanian

Perusakan dalam usaha pertanian sering terjadi dalam sistem perladangan maupun usaha-usaha untuk meningkatkan produksi pertanian sendiri, misalnya: pembasmian hama, pemupukan, pemilihan bibit unggul, pembangunan bendungan, dan lain-lainnya.

Membuka Lahan Pertanian

Berladang Sistem berladang, yaitu cara bercocok tanam dengan membuka hutan. Apabila tanah tersebut sudah ditanam 2 sampai 3 kali maka biasanya sudah tidak memuaskan lagi sehingga tanah ladang itu ditinggalkan dan membuka daerah baru lagi. Sementara tanah yang ditinggalkan telah menjadi tanah kritis dan gundul dan perlu waktu yang lama untuk dapat kembali ke keadaan semula.

Pemupukan Penambahan pupuk juga harus diteliti dahulu, tidak dapat sembarang pupuk kita gunakan. Tanah yang ditaburi pupuk tidak semuanya dimanfaatkan oleh tanaman. Sebagian ikut dalam aliran air ke sungai. Pupuk yang tergenang dalam air lama-kelamaan menyuburkan pertumbuhan ganggang dan eceng gondok sehingga dapat merusakkan kehidupan ikan, merusak bendungan, dan mengganggu pembangkit tenaga listrik.

Pembasmian Hama Dalam menggunakan pestisida dilakukan secara hati-hati karena pestisida ini dapat juga mematikan tumbuhan atau hewan lain yang kita perlukan. Akibat lain dari penggunaan pestisida, yaitu timbulnya residu atau sisa pestisida dalam bahan makanan. Residu tersebut dapat membahayakan kehidupan manusia.

Pengolahan Tanah Miring Tanah miring dan gundul mudah terkena erosi, apalagi jika daerah tersebut kemudian diolah. Hal tersebut akan memperbesar terjadinya bahaya tanah longsor yang akan membawa kerugian bagi kita.

Keberadaan laut sangat penting artinya bagi manusia. Di samping sebagai sarana lalu lintas, laut juga merupakan sumber daya yang kaya akan protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Banyak kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan para nelayan sering justru ikut merusak kehidupan alam perairan kita sendiri, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Perusakan itu antara lain sebagai berikut:

  • Penangkapan ikan jenis tertentu secara besar-besaran tanpa memperhatikan kelestarian jenis ikan tersebut.
  • Dalam penangkapan ikan nelayan menggunakan jaring yang dapat menangkap ikan besar maupun kecil. Dengan demikian produksi ikan di masa yang akan datang dapat mengalami kemunduran.
  • Penangkapan ikan dengan menggunakan racun dan bahan peledak. Hal ini juga sangat merugikan, sebab dapat mematikan ikan besar maupun kecil, yang berarti juga akan mengurangi produksi ikan di masa yang akan datang.
  • Penghancuran karang-karang pantai dan hutan bakau membawa pengaruh bagi kelestarian perkembangan ikan, sebab daerah tersebut merupakan tempat bertelurnya ikan.
     

1.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Di Indonesia dijumpai daerah sabana yaitu terletak di...


A. Papua
B. Sumatera
C. Jawa barat
D. Sulawesi
E. Nusa Tenggara Barat/Timur

JAWABAN BENAR

E.

Nusa Tenggara Barat/Timur

PEMBAHASAN

Sabana terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana berupa padang rumput yang diselingi pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara

2.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Bison adalah salah satu jenis hewan khas yang dapat ditemui di daerah persebaran wilayah...


A. Paleartik
B. Oriental
C. Neartik
D. Neotropical
E. Ethiophian

JAWABAN BENAR

C.

Neartik

PEMBAHASAN

Bison merupakan hewan khas dari kawasan Amerika Serikat, Amerika Utara dekat Kutub Utara, dan Greenland sehingga membuatnya termasuk hewan neartik.

Hewan khas lainnya daerah ini adalah ayam kalkun liar (Numida meleagris), tikus berkantung di Gurun Pasifik Timur, muskox, caribau (Rangifer tarandus), domba gunung, Salamander (Andrias davidianus), Tupai (Tupaia javanica)

3.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian Flora dan Fauna dengan berbagai cara. Usaha untuk membentuk kawasan secara khusus melindungi satwa tertentu disebut dengan….


A. Suaka margasatwa
B. Taman Nasional
C. Suaka Alam
D. Cagar alam
E. Cagar satwa

JAWABAN BENAR

A.

Suaka margasatwa

PEMBAHASAN

Suaka margasatwa adalah kawasan hutan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman atau memiliki keunikan jenis satwa yang membutuhkan perlindungan/pembinaan bagi kelangsungan hidupnya terhadap habitatnya.

4.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Berdasarkan pembatasan wilayah tumbuh-tumbuhan menurut Junghun, aktivitas perkebunan yang cocok pada ketinggian 500m-700 m dari permukaan laut adalah….


A. Perkebunan bawang
B. Perkebunan kelapa
C. Perkebunan karet
D. Perkebunan tembakau
E. Perkebunan teh

JAWABAN BENAR

E.

Perkebunan teh

PEMBAHASAN

Zona iklim sedang merupakan iklim yang berada di tempat yang memiliki ketinggian antara 600 m hingga 1.500 m dpl. Adapun beberapa jenis tanaman yang cocok kita tanam di wilayah yang memiliki iklim sedang antara lain adalah padi, tembakau, teh, kopi, cokelat, kina dan sayur-sayuran seperti kol, sawi, selada dll.

5.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Untuk melindungi hewan langka dari kepunahan, maka pemerintah membuat suakamargasatwa di beberapa daerah di Indonesia. Jenis hewan yang dilindungi tersebut adalah ....


A. Orang utan, babi hutan, kerbau
B. Badak bercula satu, orang utan, kuda
C. Orang utan, komodo, badak bercula satu
D. Banteng, burung merak, kerbau
E. Burung merak, kerbau, kuda

JAWABAN BENAR

C.

Orang utan, komodo, badak bercula satu

PEMBAHASAN

Untuk melindungi hewan langka dari kepunahan, maka pemerintah membuat suakamargasatwa di beberapa daerah di Indonesia. Jenis hewan yang dilindungi tersebut adalah orang utan, komodo, badak bercula satu, harimau, gajah, singa, beruang, dan sebagainya.

6.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Contoh fauna Indonesia bagian barat (asiatis) adalah…


A. babi rusa
B. komodo
C. maleo
D. badak bercula satu
E. kuskus

JAWABAN BENAR

D.

badak bercula satu

PEMBAHASAN

Jenis fauna Indonesia bagian barat (asiatis) antara lain gajah, badak, harimau tutul, ular sanca, banteng, dan sebagainya. 
 

7.

Tentukan jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut ini.

Wilayah persebaran hutan musim di Indonesia meliputi…


A. Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur
B. Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali
C. Bali, Nusa Tenggara, Maluku
D. Bali, Kalimantan, Papua
E. Nusa Tenggara, Maluku, Papua

JAWABAN BENAR

B.

Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali

PEMBAHASAN

Persebaran hutan musim di Indonesia banyak terdapat di Pulau Jawa (Tengah & Timur) dan Nusa Tenggara Barat.  
 

redesain-navbar Portlet