APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Memahami Bencana

MATERI

Pengertian Bencana


Coba sobat perhatikan gambar berikut ini!


Sumber: Geologinesia

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia secara geografis terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, pertemuan Pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania serta pertemuan tiga lempeng aktif yaitu Lempeng Pasifik, Indo-Australia dan Eurasia. Posisi inilah yang menyebabkan wilayah Indonesia berpotensi tinggi terjadi bencana. Tahukah sobat apa yang dimaksud dengan bencana? dan apa saja jenis-jenis bencana? Yuk kita bahas!

Definisi Bencana

Menurut Undang-Undang No 24 Tahun 2007 Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Di dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 juga didefinisikan mengenai bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial.

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Bencana nonalam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa nonalam yang antara lain berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit.

Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia yang meliputi konflik sosial antarkelompok atau antar komunitas masyarakat, dan teror.

 

Jenis-Jenis Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Gempa bumi: Getaran atau goncangan tiba-tiba dari kerak bumi yang dapat menyebabkan kerusakan struktur bangunan dan infrastruktur serta menimbulkan kepanikan dan korban jiwa.

Tsunami: Gelombang laut yang besar dan merusak yang dihasilkan oleh gempa bumi di dasar laut atau letusan gunung berapi di bawah atau dekat permukaan air.

Banjir: Perendaman daratan yang luas oleh air yang melimpah, biasanya akibat curah hujan yang tinggi, air pasang, atau kerusakan pada sistem drainase.

Tanah longsor: Gerakan tiba-tiba dan cepat dari tanah atau batuan yang meluncur dari lereng atau bukit, sering disebabkan oleh hujan, gempa bumi, atau kegiatan manusia seperti penebangan hutan.

Kekeringan: Keadaan ketika suplai air yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan lingkungan, menyebabkan krisis air, kelaparan, kehilangan tanaman pertanian, dan kerugian ekonomi.

Topan atau badai siklon: Siklon tropis yang kuat dengan angin kencang, hujan deras, dan gelombang tinggi, yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada pesisir dan wilayah terdampak.

Letusan vulkanik: Pelepasan material vulkanik, gas, dan lava dari gunung berapi yang dapat menyebabkan kerusakan struktural, mengubur permukiman, dan mengancam keselamatan penduduk di sekitarnya.

Kebakaran hutan: Kebakaran yang meluas di area hutan atau lahan gambut, biasanya dipicu oleh cuaca kering, aktivitas manusia yang tidak hati-hati, atau kebakaran terencana.

Wabah penyakit: Penyebaran penyakit menular yang meluas dan mempengaruhi populasi manusia secara signifikan, seperti wabah influenza, wabah COVID-19, malaria, kolera, dan sebagainya.

Konflik dan bencana terkait konflik: Bencana yang terjadi sebagai akibat dari konflik bersenjata atau perang, termasuk kerusakan fisik, pengungsi, kelaparan, dan pelanggaran hak asasi manusia.

 

1.

Jawablah pertanyaan berikut!

Apa yang dimaksud dengan bencana?

 

 


A. Kejadian alam yang tidak berbahaya
B. Kejadian tak terduga yang menyenangkan
C. Kejadian yang menyebabkan kerusakan fisik dan sosial yang signifikan
D. Kejadian yang hanya terjadi di daerah perkotaan
E. Kejadian yang tidak berdampak pada manusia

JAWABAN BENAR

C.

Kejadian yang menyebabkan kerusakan fisik dan sosial yang signifikan

PEMBAHASAN

Bencana adalah kejadian yang melibatkan kerusakan fisik dan sosial yang signifikan, biasanya disebabkan oleh kejadian alam atau aktivitas manusia.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar!

Bencana yang melibatkan pelepasan energi besar dari dalam bumi disebut…

 


A. Banjir
B. Gempa bumi
C. Kebakaran hutan
D. Topan
E. Tsunami

JAWABAN BENAR

B.

Gempa bumi

PEMBAHASAN

Bencana yang melibatkan pelepasan energi besar dari dalam bumi disebut gempa bumi. Ini sering disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik di bawah permukaan bumi.

 

3.

Kerjakan soal berikut!

Bencana yang melibatkan kejadian seperti kecelakaan industri, ledakan, atau kegagalan infrastruktur disebut…

 


A. Bencana alam
B. Bencana sosial
C. Bencana teknologi
D. Bencana ekonomi
E. Bencana lingkungan

JAWABAN BENAR

C.

Bencana teknologi

PEMBAHASAN

Bencana teknologi adalah jenis bencana yang melibatkan kejadian seperti kecelakaan industri, ledakan, atau kegagalan infrastruktur. Contohnya termasuk kecelakaan nuklir atau kebocoran minyak.

4.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Bencana yang melibatkan terjadinya longsor, tanah runtuh, dan erosi disebut…

 


A. Gempa bumi
B. Banjir
C. Kebakaran hutan
D. Tanah bergerak
E. Tsunami

JAWABAN BENAR

D.

Tanah bergerak

PEMBAHASAN

Bencana yang melibatkan terjadinya longsor, tanah runtuh, dan erosi disebut tanah bergerak. Ini sering terjadi akibat faktor-faktor seperti curah hujan berlebihan, perubahan lereng, atau kegiatan manusia yang merusak tanah.

5.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Jenis bencana yang disebabkan oleh perubahan cuaca dan gejala alam disebut…

 


A. Bencana sosial
B. Bencana alam
C. Bencana manusia
D. Bencana teknologi
E. Bencana ekonomi

JAWABAN BENAR

B.

Bencana alam

PEMBAHASAN

Bencana alam adalah jenis bencana yang disebabkan oleh perubahan cuaca dan gejala alam, seperti banjir, gempa bumi, topan, dll.

redesain-navbar Portlet