APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Pengantar Ilmu Geografi

MATERI

Pendekatan Geografi

 

PENDEKATAN KERUANGAN (SPASIAL)

Menekankan analisisnya pada eksistensi ruang sebagai kajiannya. Ruang dapat dilihat dari struktur, pola, dan proses. 

Contoh analisis pendekatan keruangan ialah pada saat musim hujan sering terjadi banjir di Jakarta. Penekanan dari pernyataan tersebut terletak pada lokasi yaitu Jakarta

PENDEKATAN KELINGKUNGAN (EKOLOGI)

Menganalisis suatu fenomena berdasarkan interaksi manusia dengan lingkungannya. Pendekatan ini mengaitkan hubungan makhluk hidup dengan lingkungan fisik serta hubungan makhluk hidup dengan fenomena alam dan perilaku manusia. 

Contoh menganalisis masalah banjir di Jakarta dengan pendekatan kelingkungan adalah dengan menganalisis perilaku masyarakat setempat dalam mengelola alam di lokasi tersebut. 

PENDEKATAN KOMPLEKS WILAYAH

Merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Perbedaan antar wilayah (areal differentiation) pengkajiannya membutuhkan pendekatan yang kompleks. 

Contoh pendekatan ini ialah kegiatan pembangunan di daerah hulu sungai menyebabkan banjir di daerah hilir. Pendekatan kompleks wilayah pada pernyataan tersebut terletak pada keterkaitan atau sebab-akibat yang ditimbulkan oleh pembangunan di suatu wilayah.
 

1.

Perhatikan soal berikut!

Musim kemarau panjang di Indonesia tahun 2015 memaksa petani merugi. Fenomena ini terjadi karena adanya El Nino di Samudera Pasifik bagian timur. Pendekatan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah....


A. pendekatan keruangan
B. pendekatan kelingkungan
C. pendekatan kewilayahan
D. pendekatan kompleks wilayah
E. pendekatan distribusi

JAWABAN BENAR

A.

pendekatan keruangan

PEMBAHASAN

Pendekatan keruangan, karena fenomena El Nino adalah peristiwa alamiah dan tidak ada campur tangan manusia di dalamnya.

2.

Perhatikan soal berikut!

Banjir yang sering melanda wilayah pemukiman penduduk di perkotaan adalah akibat dari adanya sedimentasi sungai (pendangkalan sungai). Hal itu terjadi karena banyaknya penduduk yang membuang sampah ke sungai. Pendekatan geografi yang tepat untuk mengkaji hal tersebut adalah...


A. Pendekatan Keruangan
B. Pendekatan Kelingkungan
C. Pendekatan Kewilayahan
D. Pendekatan Regional
E. Pendekatan Korologi

JAWABAN BENAR

B.

Pendekatan Kelingkungan

PEMBAHASAN

Pendekatan kelingkungan adalah pendekatan yang menganalisis gejala atau fenomena geografis berdasarkan pada hubungan antara manusia dengan lingkungannya.

3.

Perhatikan soal berikut!

Bulan Mei 2015 terjadi longsor di Banjarnegara dan mengakibatkan satu desa hancur. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh banyaknya penggundulan di wilayah bukit. Pendekatan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah….


A. Pendekatan keruangan
B. Pendekatan kelingkungan
C. Pendekatan kewilayahan
D. Pendekatan kompleks wilayah
E. Pendekatan distribusi

JAWABAN BENAR

B.

Pendekatan kelingkungan

PEMBAHASAN

Pendekatan kelingkungan karena di dalam kalimat disebutkan bahwa longsor dipicu oleh ulah manusia yaitu penggundulan atau deforestasi.

4.

Perhatikan soal berikut!

Daerah pantai sering dilanda banjir pasang (rob). Kondisi itu dimanfaatkan penduduk untuk usaha pertambakan. Pendekatan geografi untuk menganalisis hal tersebut adalah ....


A. pendekatan spasial
B. pendekatan ekologi
C. pendekatan keruangan
D. pendekatan kelingkungan
E. pendekatan kewilayahan

JAWABAN BENAR

E.

pendekatan kewilayahan

PEMBAHASAN

Pemanfaatan gejala alam oleh penduduk sangat tepat menggunakan pendekatan kewilayahan. Pendekatan ekologis (lingkungan) lebih pada hubungan antarmakhluk hidup dan juga lingkungannya. Sedangkan pendekatan spasial (keruangan) hanya menganalisis persebarannya saja.

redesain-navbar Portlet