APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

MATERI

Definisi Pertumbuhan Ekonom

Definisi Pertumbuhan Ekonomi

Sumber:maucash.id

Hai sobat, apa sih pertumbuhan ekonomi itu? Jadi, pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Selain itu, Simon Kuznets menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan keadaan dimana suatu negara mampu meningkatkan output (hasil produksi ekonomi) berdasarkan kemajuan teknologi yang diiringi dengan penyesuaian ideologi. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan pertumbuhan produksi barang dan jasa di suatu wilayah perekonomian dalam selang waktu tertentu. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi, maka semakin cepat proses pertambahan output wilayah, sehingga prospek perkembangan wilayah semakin baik. Dengan diketahuinya sumber sumber pertumbuhan ekonomi, akan dapat ditentukan sektor prioritas pembangunan. 

Oleh karena itu perlu kita ketahui bersama sobat, bahwa ada tiga komponen yang berkaitan satu sama lain dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yaitu peningkatan produksi negara, kemajuan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, dan penyesuaian ideologi yang terbuka dalam menerima teknologi baru.

Teori Pertumbuhan Ekonomi


Sumber: ekurd.net

Teori Ekonomi KLASIK
Adam Smith

Teori Adam Smith beranggapan bahwa pertumbuhan ekonomi sebenarnya bertumpu pada adanya pertambahan penduduk. Dengan adanya pertambahan penduduk maka akan terdapat pertambahan output atau hasil. Teori Adam Smith ini tertuang dalam bukunya yang berjudul An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.

David Ricardo 

David Ricardo Ricardo berpendapat bahwa faktor pertumbuhan penduduk yang semakin besar sampai menjadi dua kali lipat pada suatu saat akan menyebabkan jumlah tenaga kerja melimpah. Kelebihan tenaga kerja akan mengakibatkan upah menjadi turun. Upah tersebut hanya dapat digunakan untuk membiayai taraf hidup minimum sehingga perekonomian akan mengalami kemandegan (stationary state). Teori David Ricardo ini dituangkan dalam bukunya yang berjudul The Principles of Political and Taxation.

Teori Ekonomi NEO KLASIK
Joseph Schumpeter

Pertumbuhan ekonomi suatu negara terjadi jika para pengusaha mengadakan inovasi dan mampu mengadakan kombinasi baru atas investasinya atau proses produksinya.

Robert M. Solow
Robert Solow berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan rangkaian kegiatan yang bersumber pada manusia, akumulasi modal, pemakaian teknologi modern dan hasil atau output. Adapun pertumbuhan penduduk dapat berdampak positif dan dapat berdampak negatif. Oleh karenanya, menurut Robert Solow, pertambahan penduduk harus dimanfaatkan sebagai sumber daya yang positif.

Harrod Domar
Teori ini beranggapan bahwa modal harus dipakai secara efektif karena pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi oleh peranan pembentukan modal tersebut. Teori ini juga membahas tentang pendapatan nasional dan kesempatan kerja.

Teori Historis
Frederich List

Pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dilihat dari teknik produksi sebagai sumber penghidupan. Tahapan terdiri dari: 

  1. Masa berburu dan mengembara
  2. Masa berternak dan bertani
  3. Masa bertani dan kerajinan
  4. Masa industri dan perdagangan.

Karl Bucher

Perkembangan ekonomi ditinjau dari jarak antara produsen dengan konsumen. Tahapan ini terdiri dari:

  1. Rumah tangga tertutup
  2. Rumah tangga kota
  3. Rumah tangga bangsa
  4. Rumah tangga dunia

Perhitungan Pertumbuhan Ekonomi

Hai Sobat Pintar, kali ini kita akan mempelajari mengenai perhitungan pada pertumbuhan ekonomi!!


Pertumbuhan ekonomi itu dapat dijadikan sebagai patokan yang melihat kemajuan suatu negara dan bagaimana hasil dari pembangunan yang dilakukan selama periode tersebut. Jika pembangunan yang dilakukan pemerintah berhasil dengan efektif, maka akan terlihat pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diukur dengan cara membandingkan, misalnya untuk ukuran nasional, Gross National Product (GNP) atau Gross Domestic Product (GDP) tahun yang sedang berjalan dengan tahun sebelumnya, atau dapat dituliskan dalam rumus sebagai berikut:

Oke, langsung saja kita mengenal lebih dekat melalui contoh soal di bawah ini:

Contoh Soal:

GDP Negara X tahun 2020 adalah US$160 miliar dan nilai GDP tahun 2021 adalah US$168 miliar. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi yang dicapai negara X adalah ….

Jawab:

Diperoleh informasi nilai GDP Negara X tahun 2020 adalah US$160 miliar dan nilai GDP tahun 2021 adalah US$168 miliar. Sehingga, besar nilai pertumbuhan ekonomi negara yang dicapai adalah….
PE= GDP2021-GDP 2020/GDP2020
      = 168M-160M/160M 
    = 0.05 x 100%
    = 5%
Jadi, tingkat pertumbuhan Ekonomi negara X tahun 2021 adalah sebesar 5%.

1.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Aspek tabungan dan investasi adalah sebuah instrumen penting dalam penentu utama adanya pertumbuhan ekonomi. Pendapat tersebut dikemukakan oleh ....


A. Friedrich List
B. Harrod-Domar
C. Robert Solow
D. Werner Sombart
E. Max Weber

JAWABAN BENAR

B.

Harrod-Domar

PEMBAHASAN

Menurut Harrod-Domar investasi dapat memperbesar kapasitas produksi ekonomi dengan cara meningkatkan stok modal. Pembentukan modal ini dianggap sebagai pengeluaran yang akan menambah permintaan kebutuhan seluruh masyarakat

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Menurut pendapat Frederich List pertumbuhan perekonomian dapat diukur berdasarkan perkembangan….


A. Sarana distribusi
B. Peradaban masyarakat
C. Teknik produksi
D. Pasar
E. Sarana tukar menukar

JAWABAN BENAR

C.

Teknik produksi

PEMBAHASAN

Menurut Friendrich List, pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dilihat dari teknik produksi sebagai sumber penghidupan. Tahapan terdiri dari : 

  1. Masa berburu dan mengembara
  2. Masa beternak dan bertani
  3. Masa bertani dan kerajinan
  4. Masa industri dan perdagangan.

3.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Tujuan utama adanya perhitungan pertumbuhan ekonomi adalah ….


A. Meningkatkan inflasi
B. Melihat kemajuan kondisi perekonomian
C. Memakmurkan negara
D. Meningkatkan kesejahteraan rakyat
E. Mengurangi pengangguran

JAWABAN BENAR

B.

Melihat kemajuan kondisi perekonomian

PEMBAHASAN

Pertumbuhan ekonomi dapat dijadikan sebagai patokan yang melihat kemajuan suatu negara dan bagaimana hasil dari pembangunan yang dilakukan selama periode tersebut. Jika pembangunan yang dilakukan pemerintah berhasil dengan efektif, maka akan terlihat pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam masyarakat.

4.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Berikut ini GNP Negara Y: 
GNP tahun 2018 Rp12.500 M
GNP tahun 2019 Rp13.250 M
GNP tahun 2020 Rp14.850 M
Berapa besar pertumbuhan ekonomi Negara Y tahun 2019 ....


A. 5,6%
B. 6%
C. 8%
D. 10,7%
E. 12%

JAWABAN BENAR

B.

6%

PEMBAHASAN

Menggunakan Rumus sebagai berikut:

PE= 13.250-12.500/12.500 x 100%= 6% 

5.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Penghitungan pertumbuhan ekonomi sangat bermanfaat bagi perekonomian suatu negara. Salah satu manfaatnya adalah ....


A. Digunakan untuk mengukur hasil pembangunan nasional
B. Menunjukkan peningkatan kualitas masyarakat
C. Digunakan sebagai alat ukur kualitas tenaga kerja suatu negara
D. Digunakan untuk menggambarkan ketimpangan ekonomi
E. Menggambarkan tingkat pemerataan pendapatan masyarakat

JAWABAN BENAR

A.

Digunakan untuk mengukur hasil pembangunan nasional

PEMBAHASAN

Penghitungan pertumbuhan ekonomi sangat bermanfaat bagi perekonomian suatu negara. Salah satu manfaatnya adalah digunakan untuk mengukur hasil pembangunan nasional. Pertumbuhan ekonomi adalah perubahan perekonomian kearah yang lebih baik lagi dari tahun ke tahun, sehingga pertumbuhan ekonomi digunakan sebagai alat pembanding bagi pertumbuhan ekonomi dari tahun-tahun sebelumnya.

redesain-navbar Portlet