APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Sosiologi

Permasalahan Sosial

MATERI

Kemiskinan



Kemiskinan sebagai Masalah Sosial

Kemiskinan dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Kemiskinan terbagi menjadi dua, yakni kemiskinan absolut dan kemiskinan relatif. Seseorang dapat dikatakan mengalami kemiskinan absolut apabila ia tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan, dan papan. Sedangkan kemiskinan relatif mengacu pada kurangnya sumber daya material dan ekonomi jika dibandingkan dengan beberapa individu atau kelompok lainnya. Penyebab kemiskinan dapat dilihat berdasarkan faktor pribadi, factor geografis, factor ekonomi, dan factor social. 

Faktor pribadi:

  • Penyakit, baik fisik maupun mental 
  • Kecelakaan 
  • Buta huruf 
  • Kemalasan 
  • Pemborosan 
  • Demoralisasi moral

Faktor geografis 

  • Iklim dan cuaca yang kurang baik 
  • Tidak adanya sumber daya alam yang memadai 
  • Bencana alam

Factor ekonomis 

  • Distribusi kekayaan yang tidak merata 
  • Masalah pada pertanian 
  • Depresi ekonomi 
  • Pengangguran 
  • Penimbunan kekayaan yang tidak produktif

Factor social

  • System pendidikan yang kurang merata dan memadai
  • Perumahan yang tidak cukup
  • Salah Kelola rumah tangga

Kriminalitas


Kriminalitas sebagai Masalah Sosial 

Selain kemiskinan, kriminalitas juga merupakan salah satu jenis masalah sosial yang seringkali kita temukan di sekitar kita. Kriminalitas identik dengan penyimpangan namun memiliki arti yang berbeda. Kriminalitas merupakan bentuk penyimpangan atau perilaku yang melanggar hukum pidana tertentu. Sedangkan penyimpangan merupakan kegagalan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma sosial yang ada di masyarakat. Terdapat dua perspektif yang melihat sebab dari timbulnya kriminalitas. Pertama, menurut teori asosiasi diferensial yang dikemukakan oleh Edwin H. Sutherland, dimana perilaku criminal seperti hal nya perilaku lainnya merupakan hasil perilaku yang dipelajari ketika seseorang berinteraksi dengan orang yang melakukan tindakan kriminal dalam suatu lingkungan yang sama. Kedua, teori ketegangan (strain theory) yang dikemukakan oleh Robert K. Merton dimana penyimpangan lebih mungkin terjadi ketika adanya ketidaksesuaian antara tujuan yang dianggap baik oleh masyarakat dan cara untuk memperolehnya. Berikut ini beberapa faktor yang mendorong timbulnya tindak kriminalitas:

  1. Adanya perubahan sosial, ekonomi, dan politik 
  2. Pemerintahan yang lemah dan korup 
  3. Masalah kependudukan dan kesulitan ekonomi
  4. Sikap mental yang keliru 
  5. Kurangnya model teladan

Kesenjangan Sosial


Kesenjangan Social sebagai Masalah Sosial 

Kesenjangan social identik dengan pada pengkategorian individu dengan individu lain berdasarkan karakteristik seperti usia, jenis kelamin, dan kelas sosial. Kesenjangan sosial seringkali dibentuk oleh berbagai faktor struktural seperti lokasi geografis, status kewarganegaraan, dan identitas budaya. Terdapat dua bentuk kesenjangan, yakni kesenjangan klasik dan kesenjangan baru. Kesenjangan klasik mengacu pada perbedaan kelas, status, kekayaan, dan prestise yang dimediasi oleh gender, pendapatan, dan pendidikan. Sedangkan kesenjangan baru lebih besar dan memiliki sifat yang kompleksitas seperti pola konsumsi, gaya hidup, dan dinamika identitas. Kesenjangan sosial juga memiliki keterkaitan erat dengan kesenjangan ekonomi. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kesenjangan ekonomi:

  1. Menurunnya pendapatan perkapita karena adanya pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi tanpa diimbangi dengan produktivitas.
  2. Ketidakmerataan pembangunan antardaerah 
  3. Rendahnya mobilitas social 
     

Ketidakadilan


Ketidakadilan sebagai Masalah Sosial 

Ketidakadilan identik pada masalah pembagian sesuatu terhadap hak seseorang atau kelompok yang dilakukan secara tidak proporsional. Terdapat beberapa bentuk ketidakadilan, diantaranya:

  1. Stereotip,, merupakan pemberian sifat tertentu kepada individu berdasarkan kategori kelompoknya dimana stereotip merupakan jenis prasangka berdasarkan beberapa kategori seperti ras, jenis kelamin, kebangsaan, tampilan fisik, dan lain sebagainya. 
  2. Marginalisasi, merupakan proses pemutusan hubungan kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya. 
  3. Subordinasi, merupakan penomorduaan atau pembedaan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu dimana pada umumnya yang menjadi subordinasi adalah kelompok minoritas. 
  4. Dominasi, merupakan suatu kondisi yang dialami oleh seseorang atau kelompok dimana mereka bergantung pada hubungan sosial dimana seseorang atau kelompok lain memegang kekuasaan yang sewenang-wenang atas mereka. 
     

1.

Jawablah pertanyaan berikut!

Berikut ini manakah yang merupakan faktor pribadi yang menimbulkan kemiskinan?


A. Iklim dan cuaca yang kurang baik
B. Demoralisasi moral
C. Distribusi kekayaan yang tidak merata
D. Depresi ekonomi
E. Perubahan sosial yang cepat

JAWABAN BENAR

B.

Demoralisasi moral

PEMBAHASAN

Faktor pribadi yang menimbulkan kemiskinan diantaranya: 

  1. Penyakit, baik fisik maupun mental 
  2. Kecelakaan 
  3. Buta huruf 
  4. Kemalasan 
  5. Pemborosan 
  6. Demoralisasi moral

2.

Jawablah pertanyaan berikut!

Kemiskinan absolut adalah ....


A. Kemiskinan yang terjadi pada individu atau kelompok yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan, dan papan
B. Kemiskinan yang terjadi pada kelompok yang terlibat dalam masalah sosial
C. Kemiskinan yang disebabkan oleh faktor ekonomi
D. Kemiskinan yang terjadi karena individu atau kelompok tidak mampu memenuhi kebutuhan dalam aspek pendidikan
E. Kemiskinan karena kurangnya sumber daya material dan ekonomi jika dibandingkan dengan beberapa individu atau kelompok lainnya.

JAWABAN BENAR

A.

Kemiskinan yang terjadi pada individu atau kelompok yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan, dan papan

PEMBAHASAN

Kemiskinan absolut adalah kemiskinan yang terjadi pada individu atau kelompok yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan, dan papan merupakan pengertian dari kemiskinan absolut.
 

3.

Jawablah pertanyaan berikut!

Penyimpangan atau perilaku yang melanggar hukum pidana tertentu disebut dengan ....


A. Penyimpangan sosial
B. Kesenjangan sosial
C. Disintegrasi
D. Kriminalitas
E. Ketidakadilan

JAWABAN BENAR

D.

Kriminalitas

PEMBAHASAN

Kriminalitas merupakan penyimpangan atau perilaku yang melanggar hukum pidana tertentu.

4.

Jawablah pertanyaan berikut!

Kesenjangan yang mengacu pada perbedaan kelas, status, kekayaan, dan prestise yang dimediasi oleh gender, pendapatan, dan pendidikan disebut sebagai kesenjangan ....


A. Baru
B. Klasik
C. Relatif
D. Struktural
E. Fungsional

JAWABAN BENAR

B.

Klasik

PEMBAHASAN

Kesenjangan klasik mengacu pada perbedaan kelas, status, kekayaan, dan prestise yang dimediasi oleh gender, pendapatan, dan pendidikan. 

5.

Jawablah pertanyaan berikut!

Proses pemutusan hubungan kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya disebut sebagai ....


A. Dominasi
B. Stereotip
C. Subordinasi
D. Integrasi
E. Marginalisasi

JAWABAN BENAR

E.

Marginalisasi

PEMBAHASAN

Marginalisasi merupakan proses pemutusan hubungan kelompok tertentu dengan lembaga sosial utama seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya. 

redesain-navbar Portlet