APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Fisika

Gejala Pemanasan Global

MATERI

Pengendalian Pemanasan Global

  • Jangan menebang pohon sembarangan

Pepohonan merupakan penyerap gas CO2 dan penghasil gas O2 terbesar di dunia. Setiap hari kita bernafas membutuhkan oksigen dan pepohonanlah yang setiap harinya menyediakan oksigen untuk kita. Semakin sedikit pepohonan semakin banyak gas CO2 di atmosfer bumi dan akibatnya membuat bumi semakin panas.

  • Melakukan reboisasi

Banyak aktivitas manusia dengan merusak hutan hanya untuk mencari keuntungan sesaat. Tanpa disadari hutan yang fungsinya sangat vital bagi kehidupan di bumi dirusak oleh sebagian manusia yang tidak bertanggung jawab. Dengan reboisasi terhadap hutan yang sudah gundul kita mencegah pemanasan global dan juga terjadinya banjir dan tanah longsor.

  • Menanam pohon di pekarangan rumah

Memanfaatkan tanah di pekarangan kosong dengan tanaman hias dan tanaman lain yang memiliki daun hijau memiliki potensi menyerap gas CO2 dan CO dan dapat menghasilkan gas oksigen serta lingkungan pekarangan menjadi sejuk dan segar.

  • Menggunakan lampu hemat energi dan mematikan lampu di siang hari

Lampu hemat energy membantu penghematan energi listrik. Matikan lampu penerangan ruangan rumah di siang hari berpengaruh pada penggunaan energy listrik. Penggunaan energy listrik yang berlebihan berdampak pada pembakaran batubara atau BBM untuk mengoperasikan pembangkit listrik. Pembakaran batubara atau BBM menghasilkan gas CO2 yang berpotensi meningkatkan pemanasan global.

  • Kurangi penggunaan kendaraan pribadi

Kendaraan berbahan bakar minyak mengeluarkan gas pembuangan berupa CO2 dan CO dalam jumlah besar gas-gas itu dapat menimbulkan efek rumah kaca yang akhirnya membuat pemanasan global semakin parah.

Persetujuan Internasional

 


 

Sobat Pintar, kerjasama internasional diperlukan untuk mensukseskan pengurangan gas-gas rumah kaca. Tahun 1988 oleh dua organisasi PBB, World meteorological Organization (WMO) dan United Nation Programme (UNEP) didirikan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) atau Panel Antarpemerintah Tentang Perubahan Iklim untuk mengevaluasi risiko perubahan iklim akibat aktivitas manusia.

Pada tahun 1992 pada Earth Summit di Rio de Janeiro Brazil, 150 negara berikrar untuk menghadapi gas rumah kaca dan setuju untuk menindaklanjutinya dalam perjanjian yang mengikat , bentuk kerjasamanya adalah diadakannya United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Menurut UNFCCC Negara-negara peserta sepakat untuk mengumpulkan data berbagai informasi tentang emisi gas rumah kaca. Meskipun perjanjian ini tidak mengikat secara hukum , tetapi banyak Negara melihat kesepakatan ini merupakan lanngkah penting sehingga berkomitmen menjalankannya.

Pada tahun 1997 di jepang, 160 negara merumuskan persetujuan yang lebih kuat yang dikenal dengan Protokol Kyoto. Protokol Kyoto merupakan perjanjian internasional untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh industri dunia dan juga untuk mengatasi berbagai masalah akibat aktivitas manusia terhadap perubahan iklim. Protokol Kyoto mengikat secara hukum bagi Negara-negara peserta untuk mengurangi emisi karbon dioksida , metana, nitrogen dioksida, sulfur hexafluorida, senyawa hidroklorida (HFC) dan perfluorokarbon (PFC).

1.

Kerjakan soal berikut ini dengan benar!

Berikut ini yang bukan termasuk akibat dari “efek rumah kaca” adalah …..


A. berkurangnya areal hutan
B. meningkatnya kematian manusia karena penyakit
C. naiknya suhu bumi
D. turunnya permukaan air laut
E. mencairnya es di daerah kutub

JAWABAN BENAR

D.

turunnya permukaan air laut

PEMBAHASAN

Efek rumah kaca dapat berdampak pada pemanasan global yang menyebabkan suhu Bumi menjadi panas sehingga makhluk hidup sulit untuk bertahan hidup. Selain itu daratan es di kutub akan mencair dan menyebabkan naiknya permukaan laut.

2.

Kerjakan soal berikut ini dengan benar!

Lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari tembusnya sinar ultraviolet dari matahari ialah …..


A. stratosfer
B. litosfer
C. ozon
D. Ionosfer
E. troposfer

JAWABAN BENAR

C.

ozon

PEMBAHASAN

Ozon merupakan lapisan atmosfir yang melindungi bumi dari tembusnya sinar ultraviolet dari matahari

3.

Kerjakan soal berikut ini dengan benar!

Lapisan ozon di stafosfer berkurang karena terkontaminasi oleh CFC yang lebih dikenal dengan nama…..


A. methanol
B. aerosol
C. benzene
D. eter
E. freon

JAWABAN BENAR

E.

freon

PEMBAHASAN

Gas yang mampu merusak ozon pada lapisan stratosfer adalah Gas CFC (Chloro Fluoro Carbon) atau yang sering kita sebut gas Freon yang merupakan bahan baku pembuatan pendingin baik dalam bentuk cair maupun gas.

4.

Kerjakan soal berikut ini dengan benar!

Berikut ini merupakan dampak pemanasan global teradap ekosistem, kecuali ....


A. terganggunya keseimbangan ekosistem
B. terjadinya keseimbangan ekosistem
C. terganggunya pola interaksi antar makhluk hidup
D. hilangnya habitat untuk spesies
E. terputusnya rantai makanan

JAWABAN BENAR

B.

terjadinya keseimbangan ekosistem

PEMBAHASAN

Dampak pemanasan global teradap ekosistem diantaranya :

  • terputusnya rantai makanan

  • terganggunya keseimbangan ekosistem

  • terganggunya pola interaksi antar makhluk hidup

  • hilangnya habitat untuk spesies

5.

Kerjakan soal berikut ini dengan benar!

Banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh……


A. naiknya curah hujan
B. naiknya permukaan air sungai
C. naiknya permukaan air danau
D. naiknya permukaan air sumur
E. naiknya permukaan air laut

JAWABAN BENAR

E.

naiknya permukaan air laut

PEMBAHASAN

Banjir rob ini adalah banjir yang diakibatkan oleh pasang air laut, air pasang tersebut dapat menggenangi daratan. Banjir rob ini juga dikenal sebagai banjir genangan.

redesain-navbar Portlet