APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia (Wajib)

Teks Argumentasi

MATERI

Pengertian Fakta dan Opini


Teks argumentasi perlu dilengkapi dengan fakta-fakta yang relevan agar dapat memperkuat pendapat penulis atau bahkan meyakinkan pembacanya. Lalu, seperti apakah fakta itu? Yuk, kita simak penjelasannya sobat!
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) fakta adalah suatu hal yang benar-benar ada dan terjadi. Fakta juga sering disebut dengan kenyataan. Fakta dapat diperoleh melalui suatu pengamatan terhadap objek, peristiwa, atau kejadian tertentu. Kalimat fakta adalah kalimat yang di dalamnya terdapat suatu informasi yang sebenarnya dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Opini memiliki tiga pengertian, yaitu pendapat, pemikiran, dan pendirian. Kalimat opini berarti kalimat yang memuat gagasan, pendapat, pikiran, atau perkiraan seseorang yang belum dapat dipastikan kebenarannya. 

Fakta dan Opini dalam Teks Argumentasi


Untuk membedakan kalimat fakta dan opini dalam teks argumentasi, sobat perlu memahami ciri-cirinya.
Fakta sering kali diikuti oleh data yang jelas, seperti persentase, waktu atau tanggal kejadian, serta bersifat objektif (apa adanya), sedangkan opini berupa kalimat yang memuat perspektif penulis sehingga sering dijumpai pernyataan-pernyataan yang bersifat subjektif (berdasarkan sudut pandang) di dalamnya.

Perhatikan contoh berikut!
(1) Permasalahan yang paling besar di Indonesia saat ini sebenarnya adalah sampah, karena sudah tidak terkontrol lagi. (2) Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), volume timbulan sampah di Indonesia pada 2022 mencapai 19,45 juta ton. (3) Sampah rumah tangga, terutama plastik, menjadi satu di antara kendala yang sangat besar bagi negara Indonesia. 

Pada teks di atas, kalimat fakta terdapat pada kalimat nomor (2) sebab kalimat tersebut memuat informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya, sedangkan kalimat (1) dan (3) termasuk opini.

1.

Perhatikan teks berikut!

(1) Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. (2) Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam dan menanamkan budaya pelestari. (3) Upaya sederhana yang bisa kita lakukan, seperti tidak membuang sampah ke sungai atau selokan tentu saja dapat membantu keberlangsungan hidup yang lebih bersih dan sehat.

Kalimat fakta ditunjukkan oleh kalimat bernomor ...


A. 2
B. 2 dan 3
C. 3
D. 1 dan 3
E. 1

JAWABAN BENAR

A.

2

PEMBAHASAN

Kalimat fakta bersifat objektif sehingga di dalamnya tidak terdapat kata atau frasa yang merujuk pada pendapat seseorang (subjektif). Pada kalimat (1) terdapat kata seharusnya dan pada kalimat (3) terdapat frasa tentu saja yang merujuk pada pendapat atau pandangan seseorang.

2.

Perhatikan teks di bawah ini!

Pertanian merupakan salah satu sektor utama di negeri ini. Akan tetapi, kita ternyata masih sering mengimpor beras dari negara lain. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indonesia mengimpor beras sebanyak US$202,04 juta pada 2022. Nilai tersebut naik 9,92% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$183,80 juta. Pada masa ini, kita semua dituntut untuk lebih kreatif lagi, terutama dalam masalah meningkatkan kualitas dan kuantitas ketersediaan bahan pangan seperti beras.

Kalimat (3) termasuk kalimat fakta, sebab …


A. sedang terjadi
B. terdapat data yang lengkap
C. bersifat subjektif
D. kalimatnya panjang
E. masih perlu dikaji

JAWABAN BENAR

B.

terdapat data yang lengkap

PEMBAHASAN

Salah satu ciri kalimat fakta adalah terdapat data pendukung yang dapat memperkuat kebenaran dari informasi yang terkandung di dalamnya.

3.

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Sudah terjadi 
  2. Bersifat subjektif 
  3. Terdapat data 
  4. Kenyataan 

Ciri-ciri fakta ditunjukkan oleh kalimat bernomor …


A. 1), 3), dan 4)
B. 1), 2), dan 3)
C. 2), 3) dan 4)
D. 2) dan 4)
E. Semua benar

JAWABAN BENAR

A.

1), 3), dan 4)

PEMBAHASAN

Fakta sama dengan kenyataan. Ciri-ciri fakta di antaranya berisi informasi mengenai hal, peristiwa, atau fenomena yang sudah terjadi yang dibuktikan dengan adanya data. Fakta bersifat objektif (apa adanya) bukan subjektif.

4.

Pilihlah jawaban yang benar!

Letak perbedaan opini dan argumentasi adalah …


A. Opini disertai data pendukung, sedangkan argumentasi tidak
B. argumentasi disertai data pendukung, sedangkan opini tidak
C. opini lebih panjang, sedangkan argumentasi lebih pendek
D. argumentasi lebih panjang, sedangkan opini lebih pendek
E. semua salah

JAWABAN BENAR

B.

argumentasi disertai data pendukung, sedangkan opini tidak

PEMBAHASAN

Opini dan argumentasi sama-sama merujuk pada pendapat atau pandangan seseorang. Namun, argumentasi selalu diikuti oleh data pendukung sehingga pendapat dalam argumentasi lebih kuat.

5.

Jawablah soal di bawah ini!

Yang bukan termasuk ciri teks argumentasi adalah …


A. Teks argumentasi harus disertai fakta dan data yang relevan
B. Penulis dapat menulis pandangan, ide, atau gagasan untuk menyikapi suatu isu tertentu
C. Menggunakan kalimat-kalimat majas atau kalimat yang bermakna tidak sebenarnya.
D. Tidak terlalu banyak menggunakan gaya penulisan personal karena teks argumentasi harus ditulis secara objektif
E. Dapat merumuskan suatu kalimat secara kritis dan logis

JAWABAN BENAR

C.

Menggunakan kalimat-kalimat majas atau kalimat yang bermakna tidak sebenarnya.

PEMBAHASAN

Teks argumentasi bersifat lugas sehingga kalimat-kalimat yang digunakan di dalamnya seharusnya bermakna sebenarnya, bukan majas.

redesain-navbar Portlet