APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Geografi

Interaksi Negara Berkembang dan Negara Maju

MATERI

Karakteristik Negara Berkembang

Sobat Pintar, selanjutnya yang akan kita diskusikan ialah tentang Negara Berkembang!

Negara berkembang tergabung dalam kelompok negara Selatan-Selatan, terdiri atas sebagian besar negara di Asia (kecuali Jepang dan Korea Selatan), Afrika, dan Amerika Latin.

Ciri-ciri negara berkembang, antara lain;

  1. kurangnya tenaga ahli maupun tenaga terampil,
  2. modal kecil berasal dari pinjaman,
  3. rendahnya ilmu pengetahuan dan teknologi,
  4. pemasaran terbatas hanya dalam negeri,
  5. produktivitas dan daya saing rendah,
  6. belum memadainya sarana dan infrastruktur,
  7. masih dalam tahap pembangunan.

Masalah yang dihadapi negara berkembang, yaitu timbulnya kemiskinan. Rendahnya produktivitas dan ketidakadilan dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan sosial yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Karakteristik Negara Berkembang

Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan yang bertetangga dengan Namibia, Botswana dan Zimbabwe di utara, Mozambik dan Swaziland di timur laut. Keseluruhan negara Lesotho terletak di pedalaman Afrika Selatan.

Pada masa dahulu, pemerintahan negara ini dikecam karena politik 'apartheid'nya tetapi sekarang Afrika Selatan adalah sebuah negara demokratis dengan penduduk kulit putih terbesar di benua Afrika.

Afrika Selatan juga merupakan negara dengan berbagai macam bangsa dan mempunyai 11 bahasa resmi. Negara ini juga terkenal sebagai produsen berlian, emas dan platinum yang utama di dunia.

Kegiatan industri di Republik Afrika Selatan tergolong maju di Benua Afrika. Hal ini didukung dari modal dasar, yaitu hasil penjualan kekayaan mineral atau hasil tambangnya, seperti emas, yang merupakan komoditas ekspor. Selain itu, kegiatan pertanian juga memegang peranan penting. Pusat industrinya berada di Johannesburg dan Cape Town. Namun demikian, penduduk Republik Afrika Selatan masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Brazil

Republik Federasi Brasil atau Republik Federal Brasil (bahasa Portugis: República Federativa do Brasil, bahasa Inggris: Federative Republic of Brazil, bahasa Latin: Respublica Foederativa Brasiliae) adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan.

Negara tersebut merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia.

Sektor industri di negara Brasil berkembang dengan pesat dan berperan serta dalam menambah devisa negara. Dua per tiga kawasan industrinya terdapat di daerah Belo Horizonte dan Rio de Janeiro. Namun demikian, sebagian besar penduduk negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan gizi masih dialami oleh negara Brazil, terutama yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.

India

Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an.

Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli (PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar, dan memiliki kemampuan senjata nuklir.

Negara India merupakan negara agraris. Sektor pertanian menyerap banyak tenaga kerja sebab 80% penduduknya bekerja di bidang pertanian. Namun demikian, kegiatan industri mulai digalakkan berpusat di Bombay, Calcutta, dan Madras.

Cina

Republik Rakyat Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 miliar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya negara ke-4 terbesar di dunia. Negara ini didirikan pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok, dan sejak saat itu dipimpin oleh sebuah partai tunggal, yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT).

Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tahun 1980-an. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

Negara Cina merupakan negara terbesar ketiga setelah Kanada dan Rusia. Perekonomian negeri ini didukung oleh sektor pertanian. Kegiatan industri negara ini berkembang dengan pesat dan menambah devisa negara. Hasil utamanya adalah peleburan bijih besi sebagai bahan baku industri. Industri mesin, motor, dan lokomotif merupakan komoditi ekonomi yang utama.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Negara-negara berkembang sebagian besar berada di wilayah….


A. Asia, Afrika dan Australia
B. Afrika, Australia dan Amerika
C. Australia, Afrika dan Eropa
D. Afrika, Asia dan Amerika Selatan
E. Afrika, Asia dan Amerika Utara

JAWABAN BENAR

D.

Afrika, Asia dan Amerika Selatan

PEMBAHASAN

Negara-negara berkembang sebagian besar berada di Afrika, Asia dan Amerika Selatan.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Indonesia sampai saat ini masih digolongkan sebagai negara berkembang, hal ini disebabkan ….


A. sumber daya alam yang dimiliki tidak memadai
B. sumber daya alam penyebarannya tidak merata
C. sumber daya manusia yang masih rendah
D. sumber daya manusia tinggi tapi kekurangan modal
E. sumber daya alam melimpah tapi belum diolah

JAWABAN BENAR

C.

sumber daya manusia yang masih rendah

PEMBAHASAN

Indonesia sampai saat ini masih digolongkan sebagai negara berkembang. Hal ini disebabkan karena sumber daya manusia yang masih rendah.

3.

Jawablah soal berikut ini!

Negara berkembang dicirikan oleh aktivitas penduduknya dalam bidang….


A. pertanian
B. industri
C. perdagangan
D. pendidikan
E. ketenagakerjaan

JAWABAN BENAR

A.

pertanian

PEMBAHASAN

Negara berkembang dicirikan oleh aktivitas penduduknya dalam bidang pertanian.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Berikut ini adalah negara-negara dengan pendapatan perkapita rendah, kecuali….


A. Srilanka
B. Indonesia
C. Cina
D. Hongkong
E. Ghana

JAWABAN BENAR

D.

Hongkong

PEMBAHASAN

Negara-negara dengan pendapatan perkapita rendah diantaranya :

  • Srilanka
  • Indonesia
  • Cina
  • Ghana

5.

Jawablah soal berikut ini!

Ciri-ciri negara sedang berkembang yaitu diantaranya….


A. beban ketergantungan rendah
B. mayoritas penduduk bekerja di sektor industri
C. ketergantungan terhadap produksi pertanian dan ekspor barang-barang primer
D. kualitas tenaga kerja tinggi
E. tingkat pendapatan tinggi

JAWABAN BENAR

C.

ketergantungan terhadap produksi pertanian dan ekspor barang-barang primer

PEMBAHASAN

Ciri-ciri negara sedang berkembang yaitu diantaranya kebergantungan terhadap produksi pertanian dan ekspor barang-barang primer. Umumnya sebagian besar penduduk di negara-negara sedang berkembang bekerja di sektor pertanian yang menyumbang pendapatan nasional rata-rata 20%. Sektor primer seperti produksi pertanian, hasil hutan, hasil laut, dan berbagai bahan mentah merupakan andalan ekspor yang banyak diolah di negara berkembang.

redesain-navbar Portlet