APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Sosiologi

Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

MATERI

Pengertian Globalisasi


Sumber: https://www.sosiologi79.com

Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah suatu proses radikalisasi dan universalisasi nilai-nilai modernitas peradaban Barat ke seluruh penjuru dunia yang kemudian berkembang menjadi modernitas global. Kemudian menurut Drucker, globalisasi adalah sebuah istilah menyeluruh untuk berbagai proses yang berada di jantung ekonomi global, yaitu penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional yang cepat, dan pasar uang global. 

Karakteristik Globalisasi

Robert Cohen dan Paul Kennedy berpendapat bahwa globalisasi adalah seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia. Seperangkat transformasi ini merupakan suatu karakteristik yang meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Perubahan dalam konsep ruang dan waktu, di sini perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi, satelit, dan internet menunjukkan komunikasi global terjadi semakin cepat.
  • Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung.
  • Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa.
  • Meningkatnya masalah bersama, misalnya masalah ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya seperti AIDS, flu babi, flu burung, perdagangan obat terlarang internasional, dan terorisme internasional.

Proses Globalisasi

Globalisasi tidak terjadi begitu saja, namun bertahap atau melewati beberapa proses berikut ini:

  • Globalisasi telah tumbuh ketika manusia mulai mengenal perdagangan antarnegara sekitar tahun 1000 dan 1500 SM. Saat itu, para pedagang dari Tiongkok dan India mulai menelusuri negara lain untuk berdagang. 
  • Fase selanjutnya ditandai dengan dominasi perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika yang membentuk jaringan perdagangan dan menyebarkan nilai-nilai Agama Islam, nama-nama, abjad, arsitektur, nilai sosial dan budaya Arab kepada warga dunia.
  • Fase berikutnya ditandai dengan eksplorasi dunia secara besar-besaran oleh bangsa Eropa dan kemudian didukung dengan terjadinya revolusi industri yang akhirnya dapat meningkatkan keterkaitan antarbangsa dunia. 
  • Fase selanjutnya terus berjalan dan mendapat momentumnya ketika perang dingin berakhir dan komunisme dunia runtuh yang seakan memberi pembenaran bahwa kapitalisme adalah jalan terbaik dalam mewujudkan kesejahteraan dunia. Akhirnya negara-negara di dunia mulai menyediakan diri sebagai pasar yang bebas. Di sini sekat-sekat antarnegara mulai kabur. 

Dari beberapa fase tersebut, globalisasi sebenarnya mulai menarik perhatian ketika dibahas oleh para ilmuwan penganut paham Marxis, salah satunya adalah Gunder Frank. Di mana ia mengemukakan bahwa gejala globalisasi adalah modernisasi, yaitu perkembangan yang bermula dari Eropa Barat dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. 

Faktor Pendorong Globalisasi

Proses globalisasi sudah ada sejak zaman dahulu dan berlangsung terus-menerus sampai sekarang. Proses perkembangannya pun berbeda, di mana zaman dahulu globalisasi berkembang secara lambat dan lama, sedangkan sekarang berkembang secara cepat dan seakan tanpa batas. Perkembangan globalisasi yang begitu cepat didukung oleh faktor sebagai berikut:

  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Semakin terbukanya sistem perekonomian negara-negara di dunia
  • Mengglobalnya pasar uang

Teori-Teori Globalisasi

Terdapat sejumlah teori globalisasi yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Cochrane dan Pain

  • Para globalis percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi konkret terhadap berjalannya orang atau lembaga di seluruh dunia.
  • Para tradisionalis percaya bahwa globalisasi hanyalah sebuah mitos, dan jika benar pun fenomena tersebut hanya dibesar-besarkan. 
  • Para transformalis berada di antara para globalis dan tradisionalis.

George Ritzer

  • Perkembangan awal komunikasi global berkembang melalui beragam media.
  • Terbentuknya kesadaran global sebagai hasil akhir globalisasi.

Thomas Friedman
Friedman menulis tentang metafora “Jaket Ikat Emas” yang menyatakan bahwa sementara globalisasi membatasi pilihan yang tersedia bagi pemerintah, globalisasi menawarkan kemakmuran bagi negara-negara yang memenuhi persyaratan.

Roland Robertson
Menurut Robertson, globalisasi membuat dunia menjadi suatu tempat yang tunggal namun tidak homogen karena globalisasi dunia diekspresikan melalui keberagaman antar wilayah atau benua. 

Thomas Meyer
Menurut Meyer, masyarakat di berbagai negara di dunia menjadi makin mirip dalam hal pemerintahan dan kebijakan yang biasa disebut sebagai “isomorphism”.

William Robinson
Menurut Robinson, perubahan besar telah terjadi dari ekonomi dunia menjadi ekonomi global. 

Gejala-Gejala Globalisasi di Indonesia

  • Bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, di sini dibuktikan dengan banyaknya penemuan dalam bidang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
  • Bidang ekonomi, di sini dapat dilihat dari meningkatnya saling ketergantungan ekonomi negara-negara di dunia berkat percepatan pergerakan barang, jasa, teknologi, dan modal lintas perbatasan. 
  • Bidang politik, di sini keberhasilan pembangunan di bidang politik semakin memantapkan tatanan kehidupan politik dan kenegaraan yang berdasarkan demokrasi pancasila, memantapkan perkembangan organisasi sosial politik dan kemasyarakatan, serta mendorong peningkatan kesadaran berpolitik rakyat. 
  • Bidang budaya, di sini globalisasi budaya telah meningkatkan kontak lintas budaya melalui perkembangan media massa yang akhirnya dapat mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih modern dan dinamis. 
  • Bidang agama, di sini globalisasi lebih terfokus pada aplikasi ajaran agama dalam konteks kekinian tanpa melanggar atau menabrak akidah-akidah agama. 

Dampak Globalisasi terhadap Perubahan Sosial di Tingkat Lokal atau Komunitas

Komunitas adalah suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial tertentu. Keberadaan komunitas ini biasanya didasari oleh lokalitas atau tempat tinggal dan perasaan komunitas yang merasa saling membutuhkan. 

Dampak globalisasi terhadap perubahan sosial adalah sebagai berikut:

  • Urbanisasi
  • Kesenjangan sosial ekonomi
  • Pencemaran lingkungan alam
  • Kriminalitas
  • Lunturnya eksistensi jati diri bangsa

1.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Suatu proses radikalisasi dan universalisasi nilai-nilai modernitas peradaban Barat ke seluruh penjuru dunia yang kemudian berkembang menjadi modernitas global merupakan pengertian globalisasi yang dikemukakan oleh….


A. Malcolm Waters
B. Anthony Giddens
C. Martin Albrow
D. Moss Kanter
E. Mansour Fakih

JAWABAN BENAR

B.

Anthony Giddens

PEMBAHASAN

Menurut Anthony Giddens, globalisasi merupakan suatu proses radikalisasi dan universalisasi nilai-nilai modernitas peradaban Barat ke seluruh penjuru dunia yang kemudian berkembang menjadi modernitas global. 

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu
  2. Peningkatan interaksi kultural melalui media massa
  3. Menurunnya masalah bersama
  4. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara berbeda saling bergantung
  5. Adanya sekat-sekat antarnegara

Dari poin di atas, karakteristik globalisasi ditunjukkan oleh nomor….


A. 1); 2); dan 3)
B. 2); 3); dan 4)
C. 3); 4); dan 5)
D. 1); 4); dan 5)
E. 1); 2); dan 4)

JAWABAN BENAR

E.

1); 2); dan 4)

PEMBAHASAN

Menurut Robin Cohen dan Paul Kennedy, karakteristik globalisasi adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu, di sini perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi, satelit, dan internet menunjukkan komunikasi global terjadi semakin cepat.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung.
  3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa.
  4. Meningkatnya masalah bersama, misalnya masalah ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya seperti AIDS, flu babi, flu burung, perdagangan obat terlarang internasional, dan terorisme internasional.

3.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

  1. Eksplorasi dunia secara besar-besaran oleh bangsa Eropa 
  2. Perdagangan antarnegara tahun 1000 dan 1500 SM.
  3. Perang dingin berakhir dan komunisme dunia runtuh
  4. Dominasi perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika

Urutan fase proses terjadinya globalisasi yang benar adalah….


A. 2); 4); 1); 3)
B. 3); 1); 2); 4)
C. 1); 2); 3); 4)
D. 2); 4); 3); 1)
E. 4); 2); 1); 3)

JAWABAN BENAR

A.

2); 4); 1); 3)

PEMBAHASAN

Urutan fase proses terjadinya globalisasi adalah sebagai berikut:

  1. Globalisasi telah tumbuh ketika manusia mulai mengenal perdagangan antarnegara sekitar tahun 1000 dan 1500 SM. Saat itu, para pedagang dari Tiongkok dan India mulai menelusuri negara lain untuk berdagang. 
  2. Fase selanjutnya ditandai dengan dominasi perdagangan kaum muslim di Asia dan Afrika yang membentuk jaringan perdagangan dan menyebarkan nilai-nilai Agama Islam, nama-nama, abjad, arsitektur, nilai sosial dan budaya Arab kepada warga dunia.
  3. Fase berikutnya ditandai dengan eksplorasi dunia secara besar-besaran oleh bangsa Eropa dan kemudian didukung dengan terjadinya revolusi industri yang akhirnya dapat meningkatkan keterkaitan antarbangsa dunia. 
  4. Fase selanjutnya terus berjalan dan mendapat momentumnya ketika perang dingin berakhir dan komunisme dunia runtuh yang seakan memberi pembenaran bahwa kapitalisme adalah jalan terbaik dalam mewujudkan kesejahteraan dunia. Akhirnya negara-negara di dunia mulai menyediakan diri sebagai pasar yang bebas. Di sini sekat-sekat antarnegara mulai kabur. 

4.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Metafora “Jaket Ikat Emas” yang menyatakan bahwa sementara globalisasi membatasi pilihan yang tersedia bagi pemerintah, globalisasi menawarkan kemakmuran bagi negara-negara yang memenuhi persyaratan ditulis oleh….


A. William Robinson
B. Thomas Meyer
C. Thomas Friedman
D. George Ritzer
E. Roland Robertson

JAWABAN BENAR

C.

Thomas Friedman

PEMBAHASAN

Thomas Friedman menulis tentang metafora “Jaket Ikat Emas” yang menyatakan bahwa sementara globalisasi membatasi pilihan yang tersedia bagi pemerintah, globalisasi menawarkan kemakmuran bagi negara-negara yang memenuhi persyaratan. 

5.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Di bawah ini yang bukan merupakan dampak globalisasi terhadap perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas adalah….


A. Urbanisasi
B. Modernisasi
C. Kesenjangan sosial ekonomi
D. Pencemaran lingkungan alam
E. Lunturnya eksistensi jati diri bangsa

JAWABAN BENAR

B.

Modernisasi

PEMBAHASAN

Dampak globalisasi terhadap perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas adalah urbanisasi, kriminalitas, kesenjangan sosial ekonomi, pencemaran lingkungan alam, dan lunturnya eksistensi jati diri bangsa.

redesain-navbar Portlet