APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Sosiologi

Perubahan Sosial dan Dampaknya terhadap Kehidupan Masyarakat

MATERI

Perubahan Sosial dan Perubahan Hubungan Antarindividu dan Antarkelompok

Sumber: https://www.sosiologimudah.com/ 
 


Perubahan sosial telah memengaruhi perubahan hubungan antarindividu dan antarkelompok yang terdapat dalam masyarakat. Menurut Robert Maclver, perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan keseimbangan hubungan sosial. Kemudian menurut George Ritzer, perubahan sosial mengacu pada variasi-variasi hubungan antarindividu, kelompok, organisasi, kultur, dan masyarakat pada waktu tertentu. 

Apabila kita membahas tentang individu atau kelompok yang berhubungan dengan perubahan sosial, asumsinya bahwa individu atau kelompok merupakan subjek sekaligus objek dari perubahan itu sendiri. Di sini individu atau kelompok merupakan pelaku perubahan sosial. Sementara itu, individu atau kelompok yang sebagai objek berarti merekalah yang menerima pengaruh perubahan sosial baik positif maupun negatif. Apabila individu dijadikan sebagai pelaku perubahan, diharapkan dapat memengaruhi kelompok atau tatanan sosial.  
 

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan keseimbangan hubungan sosial. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari perubahan sosial menurut….


A. Robert Maclver
B. George Ritzer
C. John Lewis Gillin
D. John Philip Gillin
E. Kingsley Davis

JAWABAN BENAR

A.

Robert Maclver

PEMBAHASAN

Menurut Robert Maclver, perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan keseimbangan hubungan sosial.

2.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Sikap masyarakat yang cenderung mengadaptasikan diri di mana ketika terjadi ketidakseimbangan dalam masyarakat dapat dipulihkan kembali setelah terjadi suatu perubahan disebut sebagai….


A. Maladjusment
B. Difusi
C. Adjusment
D. Akulturasi
E. Asimilasi

JAWABAN BENAR

C.

Adjusment

PEMBAHASAN

Adjusment merupakan sikap masyarakat yang cenderung mengadaptasikan diri di mana ketika terjadi ketidakseimbangan dalam masyarakat dapat dipulihkan kembali setelah terjadi suatu perubahan.

3.

Jawablah pertanyaan berikut ini!

Suatu keadaan di mana masyarakat tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sehingga perubahan dapat menyebabkan terjadinya sebuah anomie disebut sebagai….


A. Difusi
B. Maladjusment
C. Penetration Violente
D. Akomodasi
E. Adjusment

JAWABAN BENAR

B.

Maladjusment

PEMBAHASAN

Maladjusment merupakan suatu keadaan di mana masyarakat tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan sehingga perubahan dapat menyebabkan terjadinya sebuah anomie.

4.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam proses perubahan sosial adalah….
 


A. Difusi
B. Akulturasi
C. Asimilasi
D. Akomodasi
E. Dekulturasi

JAWABAN BENAR

E.

Dekulturasi

PEMBAHASAN

Proses perubahan sosial adalah sebagai berikut:

  1. Difusi: Proses penyebaran berbagai unsur pembentuk kebudayaan, baik berupa ide, keyakinan, dan lain sebagainya. Hal ini disebarkan dari individu ke individu yang lain, atau bahkan lebih luas dari pada itu.
  2. Akulturasi: Proses masuknya suatu kebudayaan asing ke dalam sekelompok masyarakat, hingga unsur kebudayaan asing itu dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan masyarakat tersebut. 
  3. Asimilasi: Proses adaptasi dua kebudayaan yang melahirkan budaya baru. 
  4. Akomodasi: Keadaan yang menunjukkan keseimbangan dalam hubungan sosial antara individu dengan kelompok-kelompok yang berkaitan dengan norma atau nilai yang berlaku di masyarakat.

5.

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

Suatu proses adaptasi dua kebudayaan yang melahirkan budaya baru disebut….


A. Asimilasi
B. Akulturasi
C. Difusi
D. Akomodasi
E. Semuanya salah

JAWABAN BENAR

A.

Asimilasi

PEMBAHASAN

Asimilasi merupakan suatu proses adaptasi dua kebudayaan yang melahirkan budaya baru.

redesain-navbar Portlet