APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia (Wajib)

Cerpen

MATERI

Struktur Cerpen

Sumber : google.com

Dalam pembuatan cerpen kita juga harus mengetahui tentang kerangka atau struktur dari sebuah cerpen. Adapun struktur cerpen itu sendiri terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas kerangka tersebut satu persatu:

1. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan dari sebuah cerita. Abstrak merupakan inti dari cerita yang akan dikembangkan menjadi beberapa rangkaian kejadian. Abstrak juga bisa disebut sebagai gambaran awal dalam cerita. Abstrak bersifat opsional yang mana dalam sebuah cerpen, kita boleh tidak menggunakan abstrak.

2. Orientasi

Orientasi adalah hal-hal yang berhubungan dengan suasana, tempat dan waktu yang ada dalam cerita tersebut. Biasanya orientasi tidak hanya terpaku pada satu tempat, suasana dan waktu. Karena dalam sebuah cerita terdapat banyak kejadian dan tokoh yang berbeda-beda.

3. Komplikasi

Komplikasi merupakan rangkaian kejadian-kejadian yang berhubungan dan berisikan tentang sebab akibat kejadian sebuah cerita. Dalam struktur ini kamu bisa menentukan watak atau karakter dari tokoh cerita. Watak atau karakter dari tokoh dapat muncul karena kerumitan permasalahan yang mulai terlihat.

4. Evaluasi

Evaluasi yaitu struktur dari konflik-konflik yang terjadi dalam cerita yang mengarah pada titik klimaks atau puncak permasalahan dan mulai mendapatkan gambaran penyelesaian dari konflik tersebut. Struktur ini merupakan struktur yang sangat penting. Karena struktur ini sangat menetukan menarik tidaknya suatu cerita. Dalam struktur ini penulis dapat menyajikan konflik-konflik yang mampu mebuat hati pembaca terbawa suasana. Sehingga pembaca lebih menghayati dan menjiwai karakter yang ada dalam cerita ini.

5. Resolusi

Resolusi merupakan penyelesaian dari evaluasi. Biasanya resolusi sangat dinanti-nati oleh pembaca, karena pada struktur ini pengarang memberikan solusi mengenai permasalahan yang dialami seorang tokoh atau pelaku dalam cerita.

6. Koda

Koda ialah nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari suatu cerita. Koda merupaka hikmah yang terkandung dalam cerita. Koda biasanya dapat diketaui setelah pembaca semua cerita dalam cerpen yakni dari permulaan hingga ahir dari cerita. Koda dapat berupa nasehat, pelajaran dan peringatan bagi pembacanya.

Yuk, Sobat Pintar, kita lanjut ke materi berikutnya.

Nilai-nilai dalam Cerpen


Bagaimana dengan penjelasan sebelumnya tentang struktur cerpen?

Sekarang kita lanjut memahami tentang nilai-nilai dalam cerpen.

Saat selesai membaca sebuah karya sastra, mungkin sobat pintar pernah merasakan ada nilai-nilai yang sesuai untuk dijalankan dalam keseharian. Bisa juga isi cerita tersebut mengandung nilai kehidupan yang menyentuh hati dan membawa pengalaman batin. Hal tersebut merupakan keunikan sastra yang memiliki fungsi sebagai bahan pembelajaran bagi pembacanya.

Oleh sebab itu dalam sebuah cerpen terkandung suatu nilai-nilai. Nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen adalah sebagai berikut :

a. Nilai moral, yaitu nilai dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku.

b. Nilai sosial, yaitu nilaii dengan norma yang ada di dalam masyarakat.

c. Nilai religius, yaitu nilai agama yang dapat dipetik dari cerpen.

d. Nilai edukasi, yaitu nilai perubahan tingkah laku dari baik ke buruk (pengajaran).

e. Nilai etika, yaitu nilai yang berkaitan dengan sopan santun dalam kehidupan.

f. Nilai politis, yaitu nilai pemerintahan.

g. Nilai kemanusiaan, yaitu yang berhubungan dengan sifat-sifat manusia

Yuk, Sobat Pintar, kita kerjakan soal latihan terlebih dahulu.

1.

Kerjakanlah soal berikut ini!

Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam ...


A. abstrak
B. orientasi
C. kompilasi
D. deskripsi umum
E. evaluasi

JAWABAN BENAR

B.

orientasi

PEMBAHASAN

Orientasi adalah hal-hal yang berhubungan dengan suasana, tempat dan waktu yang ada dalam cerita tersebut. Biasanya orientasi tidak hanya terpaku pada satu tempat, suasana dan waktu. Karena dalam sebuah cerita terdapat banyak kejadian dan tokoh yang berbeda-beda.

2.

Kerjakanlah soal berikut ini!

Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur ...


A. abstrak
B. evaluasi
C. resolusi
D. koda
E. orientasi

JAWABAN BENAR

D.

koda

PEMBAHASAN

Koda ialah nilai ataupun pelajaran yang dapat diambil dari suatu cerita. Koda merupaka hikmah yang terkandung dalam cerita. Koda biasanya dapat diketaui setelah pembaca semua cerita dalam cerpen yakni dari permulaan hingga ahir dari cerita. Koda dapat berupa nasehat, pelajaran dan peringatan bagi pembacanya.

3.

Bacalah kutipan cerpen berikut!

Memang sebenarnya semenjak dia datang, kami sudah membenci dia. Kami membenci bukan karena kami adalah orang-orang yang tidak baik, tapi karena dia selalu menciptakan suasana tidak enak. Perilaku dia sangat kejam. Dalam berburu dia tidak sekedar berusaha untuk membunuh, namun menyiksa sebelum akhirnya membunuh.

Nilai moral pada kutipan teks cerpen di atas, yaitu ....


A. jangan bertindak kejam
B. berhati-hatilah pada orang lain
C. jangan menyusahkan orang lain
D. jangan suka berburu
E. jangan suka membenci

JAWABAN BENAR

A.

jangan bertindak kejam

PEMBAHASAN

Kutipan pada cerpen mengandung nilai berkaitan dengan akhlak/budi pekerti/susila atau baik buruk tingkah laku yaitu tokoh dia yang bertindak kejam.
Maka nilai moral yang terkandung pada kutipan cerpen adalah jangan bertindak kejam.

4.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

Pernyataan yang tepat mengenai cerpen adalah....


A. cerpen merupakan karangan prosa yang berkembang di masyarakat lama dan biasanya bersifat anonim atau tidak diketahui pengarangnya.
B. cerpen merupakan salah satu karya sastra yang menonjolkan dialog sebagai ciri khas karya sastra tersebut.
C. cerpen dapat dibaca dengan sekali berdiri
D. cerpen merupakan salah satu karya sastra pendek yang memuat kurang dari sepuluh ribu kata.
E. cerpen biasanya hanya memuat unsur intrinsik dan jarang memuat unsur ekstrinsik karena kisah yang terdapat pada cerpen tergolong pendek

JAWABAN BENAR

D.

cerpen merupakan salah satu karya sastra pendek yang memuat kurang dari sepuluh ribu kata.

PEMBAHASAN

Cerpen bukan merupakan prosa yang berkembang di masyarakat lama maupun bersifat anonim, namun hal itu merupakan pengertian dari prosa lama seperti hikayat. Cerpen bukan karya sastra yang menonjolkan dialog, hal itu merupakan pernyataan untuk drama. Cerpen juga bukan dibaca sekali berdiri, yang tepat adalah sekali duduk. Selain unsur intrinsik cerpen juga memuat unsur ekstrinsik. Maka jawaban yang paling tepat adalah salah satu karya sastra pendek yang memuat kurang dari sepuluh ribu kata.

5.

Cermati kutipan teks cerpen berikut!

Tetapi, dari Lebaran ke Lebaran semakin banyak saja orang-orang yang datang ke tukang jahit itu. Cerita tentang jarum dan benang ajaib itu mungkin membuat banyak orang penasaran. Tapi barang kali pula karena dari Lebaran ke Lebaran memang semakin banyak orang yang kian tenggelam dalam kekecewaan. Mereka ingin menjahitkan kekecewaan mereka kepada tukang jahit itu. Mereka antri agar bisa menikmati kebahagiaan Lebaran. 

Dikutip dari: Agus Noor, “Tukang Jahit”dalam Cinta di Atas Perahu Cadik Cerpen Kompas Pilihan 2007

Kutipan teks tersebut merupakan struktur teks bagian ….


A. abstrak
B. orientasi
C. konflik
D. komplikasi
E. resolusi

JAWABAN BENAR

E.

resolusi

PEMBAHASAN

Kutipan cerpen diatas merupakan akhir atau konklusi dari sebuah cerita. Terlihat pada kalimat “Cerita tentang jarum dan benang ajaib itu mungkin membuat banyak orang penasaran” sebagai akhir dari cerita tentang jarum dan benang. Maka kutipan tersebut ada pada struktur bagian resolusi

redesain-navbar Portlet