APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia (Wajib)

Teks Prosedur

MATERI

Struktur Teks Prosedur


 

Nah, Sobat Pintar.

Tadi kita sudah selesai membahas definisi dan tujuan, sekarang waktunya mengetahui lebih lanjut tentang struktur teks prosedur.

Struktur Teks Prosedur

Menurut Priyatni teks prosedur dibangun oleh tiga struktur, yaitu:

  • Judul

Judul dalam teks prosedur menggambar “apa yang akan dilakukan” dalam teks oleh pembaca, sehingga judul harus dipertimbangkan dan sesuai dengan objek atau langkah kerja agar mudah dipahami.

  • Tujuan 

Tujuan dalam teks prosedur berisi paparan tujuan yang ingin dicapai dari langkah kerja yang akan dilakukan.

  • Bahan dan alat

Pada bagian ini berisi keterangan bahan dan alat yang wajib diperlukan untuk melakukan cara kerja.

  • Langkah-langkah

Langkah-langkah dalam teks prosedur berisi paparan langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan oleh pembaca secara urut.

Penanda langkah-langkah atau tahapan ini biasanya menggunakan keterangan waktu, atau urutan, dan kata perintah atau imperatif seperti pertama, kedua, selanjutnya, berikutnya, setelah ini, tiriskan, potonglah, ambil, dan lainnya.

Yuk, Sobat Pintar. Kita lanjut ke materi berikutnya.

Kebahasaan Teks Prosedur

Bagaimana dengan penjelasan sebelumnya tentang struktur teks prosedur?

Sekarang kita lanjut memahami tentang kebahasaan teks prosedur.

Kebahasaan Teks Prosedur

Sobat, teks prosedur ditandai dengan kaidah kebahasaan, yaitu:

  • Penggunaan kata imperatif

Dalam teks prosedur menggunakan kata imperatif atau perintah untuk mengarahkan pembaca mengikuti langkah atau pertunjuk kerja sesuatu hal yang diinginkan.

Contoh kata imperatif ditandai dengan penggunaan patikel –lah, dan –kan, seperti pada kata potonglah, tiriskan.

  • Kalimat deklaratif

Teks prosedur menggunakan kalimat deklaratif atau penjelasan untuk menyampaikan informasi tertentu kepada pembaca, seperti kalimat “setelah digoreng, tempe harus ditiriskan agar kandungan mintyak goreng dapat berkurang”.

  • Kalimat interogatif

Dalam teks prosedur juga menggunakan kalimat interogatif untuk seolah-olah terjalin interaksi antara penulis dengan pembaca dan membantu pembaca untuk melakukan langkah-langkah kerja.

  • Konjungsi temporal

Teks prosedur menggunakan konjungsi temporal atau kata urut waktu untuk memudahkan pembaca mengikuti urutan langkah kerja yang akan dilakukan.

Sebelum kita ke pembahasan yang berbeda, coba kerjakan latihan berikut ya!

1.

Cermati teks prosedur di bawah ini!

Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer.

Konjungsi temporal dalam teks prosedur di atas adalah....


A. cabutlah
B. pada
C. mengklik
D. setelah
E. untuk

JAWABAN BENAR

D.

setelah

PEMBAHASAN

Konjungsi temporal merupakan kata penghubung waktu. Konjungsi temporal dalam teks prosedur di atas adalah setelah, yang menandai langkah selanjutnya untuk mematikan komputer.

2.

Cermati teks prosedur di bawah ini!

Untuk mematikan komputer, Anda dapat mengklik tombol start. Kemudian pilih shutdown. Dengan menekan shutdown, komputer akan mati secara otomatis. Setelah program komputer hilang, tekanlah tombol power pada layar monitor dan stabilizer saluran listrik. Cabutlah steker listrik ke komputer untuk mengakhiri proses operasi komputer.

Verba material dalam teks prosedur di atas adalah....


A. mengakhiri proses
B. cabutlah steker
C. komputer akan mati
D. tombol power pada layar monitor
E. mati secara otomatis

JAWABAN BENAR

B.

cabutlah steker

PEMBAHASAN

Verba material merupakan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur yang ditandai dengan perbuatan mengacu pada tindakan. verba material dalam teks prosedur di atas adalah cabutlah steker.

3.

Baca dan cermati teks prosedur berikut ini!

(1)Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca. (2) Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca. (3) Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.

Teks prosedur di atas termasuk struktur bagian....


A. tujuan
B. langkah-langkah
C. penutup
D. pendahuluan
E. saran

JAWABAN BENAR

B.

langkah-langkah

PEMBAHASAN

Struktur teks prosedur terdiri dari tujuan, langkah-langkah, dan penutup. Teks prosedur di atas termasuk dalam struktur bagian langkah-langkah yang ditandai dengan penggunaan kata-kata imperatif.

4.

Kerjakan soal berikut ini dengan tepat!

Di bawah ini yang termasuk kebahasaan berupa partisipan dalam teks prosedur adalah....


A. campurkanlah, masukan
B. selanjutnya, kemudian
C. dan, untuk
D. bagaimana, mengapa
E. anda, kalian

JAWABAN BENAR

E.

anda, kalian

PEMBAHASAN

Dalam teks prosedur terdapat kaidah kebahasaan salah satunya partisipan yang merupakan keikutsertaan (subjek/manusia) sebagai pelaku. Yang termasuk kebahasaan berupa partisipan adalah anda, kalian.

5.

Bacalah teks prosedur berikut!

(1)Beberapa prosedur harus Anda ikuti untuk membuat SIM baru ini, agar Anda dapat mengurus SIM dengan hemat waktu dan biaya. (2) Pemohon SIM harus melampirkan KTP asli yang sah, fotokopi KTP, surat keterangan dokter sehat jasmani dan rohani, dan SIM A dilengkapi hasil uji simulator. (3) Setelah itu, pemohon akan masuk dalam tahap I dengan membayar biaya PNBP resi bank melalui ATM, mini ATM, atau teller bank.

Struktur bagian tujuan dalam teks prosedur di atas kalimat nomor....


A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1
D. 2
E. 3

JAWABAN BENAR

C.

1

PEMBAHASAN

Struktur teks prosedur terdiri dari tujuan, langkah-langkah, dan penutup. Struktur bagian tujuan merupakan pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat atau dilakukan dan motivasi dalam melakukannya yaitu pada kalimat nomor 1.

6.

Kerjakan pertanyaan di bawah ini dengan tepat !

Contoh konjungsi yang menyatakan syarat ….


A. dan
B. yang
C. kalau
D. agar
E. akan tetapi

JAWABAN BENAR

C.

kalau

PEMBAHASAN

Konjungsi syarat, yaitu kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan unsur bahasa yang memiliki makna persyaratan, seperti apabila, asalkan, jika

7.

Bacalah teks berikut!

Aplikasikan masker ke bagian mulut dengan memegang bagian tali maskernya lalu dikaitkan ke bagian kepala.

Ciri kebahasaan yang terkandung dalam kalimat tersebut adalah, kecuali ….


A. Menggunakan keterangan tujuan
B. Menggunakan keterangan cara
C. Menggunakan keterangan alat
D. Menggunakan kriteria/batasan
E. menggunakan keterangan waktu

JAWABAN BENAR

E.

menggunakan keterangan waktu

PEMBAHASAN

Dalam sebuah kalimat, keterangan cara berfungsi untuk menerangkan bagaimana cara subjek (orang) melakukan pekerjaan/kegiatan. Keterangan cara dalam kalimat ini dapat memberi jawaban atas pertanyaan “Bagaimana cara mengaplikasikan masker ke bagian mulut?” Jawab: dengan memegang bagian tali maskernya lalu dikaitkan ke bagian kepala.

Keterangan tujuan menerangkan apa tujuan dilakukannya suatu kegiatan, keterangan alat menerangkan alat yang digunakan untuk melakukan pekerjaan, dan kriteria/batasan menyatakan ukuran/jumlah/takaran secara akurat/cermat.

redesain-navbar Portlet