APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Menulis Laporan

MATERI

Pengertian Laporan

Apa sih yang dimaksud Laporan ?

Laporan merupakan kegiatan menyampaikan segala hal tentang sesuatu yang telah dilakukan/dikerjakan. Menyusun laporan berarti menyusun kembali kegiatan, hasil pengamatan atau hasil penelitian/evaluasi secara sistematis berdasarkan fakta atau kejadian sesungguhnya.

Selain itu laporan juga dapat diartikan sebagai alat penyampaian berita, informasi, pengetahuan, atau gagasan dari seseorang kepada orang lain. Laporan ini dapat berbentuk lisan dan dapat berbentuk tulisan. Laporan yang disampaikan secara tertulis merupakan suatu karangan. Jika laporan ini berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh dari hasil penelitian, pengamatan ataupun peninjauan, maka laporan ini termasuk jenis karangan ilmiah. Dengan kata lain, laporan ilmiah ialah sejenis karangan ilmiah yang mengupas masalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang sengaja disusun untuk disampaikan kepada orang-orang tertentu dan dalam kesempatan tertentu.

Apa masih bingung sobat pintar dengan penjelasan diatas, jika belum coba baca penjelasan berikutnya ya

Tujuan dan Manfaat Laporan

Yuk Pelajari Tujuan dan Manfaat Laporan

Tujuan Menulis Laporan

Menulis laporan berarti menyusun kembali kegiatan, tujuan dari menulis laporan sendiri yaitu sebagai bahan pertanggungjawaban, alat menyampaikan informasi, alat pengawasan, bahan penilaian, dan terakhir sebagai bahan pengambilan keputusan.

Manfaat Menulis Laporan

Apabila memiliki suatu tujuan maka pasti memiliki manfaat, manfaat dari menulis laporan yaitu :

1. Dasar penentuan kebijakan

2. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya

3. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan

4. Sumber informasi

Ciri-ciri Laporan

Apa Saja Ciri-Ciri Laporan ?

Sebuah laporan dikatakan baik jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

1. Ringkas merupakan Laporan yang ditulis hanya mengemukakan hal-hal pokok secara ringkas yang berhubungan dengan tugasnya sehingga penerima laporan segera mengetahui permasalahannya.

2. Lengkap merupakan Laporan dapat semakin sempurna jika dilengkapi dengan bibliografi atau sumber kepustakaan.

3. Logis merupakan Laporan dianggap logis jika keterangan yang dikemukakannya dapat ditelusuri alasan-alasannya yang masuk akal.

4. Sistematis merupakan Laporan dianggap sistematik jika keterangan yamg tulisannya disusun dalam satuan-satuan yang berurutan dan saling berhubungan.

Contoh Laporan Sistematis

Struktur Laporan

Apa Saja yang Menjadi Struktur Laporan ?

Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian material, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya sobat pintar bisa lihat dibawah.

1. Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).

2. Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini (umumnya terdapat dalam resep masakan).

3. Bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.

1.

Perhatikan paragraf berikut!

Pada tahun 1960, pemerintah menentukan penggunaan tanah seluas 552 hektar sebagai tempat rekreasi. Daerah rekreasi di bagian tengah seluas 137 hektar inilah kemudian terkenal sebagai Taman Impian Jaya Ancol. Untuk melaksanakan pembangunan daerah Ancol, pemerintah membentuk sebuah panitia dan sekaligus menunjuk Gubenur DKI Jakarta sebagai penanggung jawab. Pembangunan dimulai bulan Oktober 1962 oleh Citra Engineering, sebuah perusahaan kontraktor Perancis, dan selesai pada bulan Februari 1966.

Judul yang tepat untuk paragraf laporan tersebut adalah ….


A. Taman Impian Jaya Ancol
B. Pembangunan Taman Impian Jaya Ancol
C. Sejarah Berdirinya Taman Impian Jaya Ancol
D. Silsilah Terbentuknya Taman Impian Jaya Ancol
E. Kegunaan Taman Impian Jaya Ancol

JAWABAN BENAR

B.

Pembangunan Taman Impian Jaya Ancol

PEMBAHASAN

PEMBAHASAN :

Judul laporan harus mencerminkan isi laporan sesuai data

Kata kunci : laporan berisi pembangunan…(melaksanakan pembangunan)..

redesain-navbar Portlet