APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Narasi

MATERI

Struktur dan Kebahasaan Teks Narasi

 

Teks narasi berbentuk cerita yang tersusun dari 4 bagian, yaitu:

1. Orientasi

Teks narasi pada bagian orientasi berisi pengenalan tokoh, setting, latar (waktu, tempat, suasana). Bagian orientasi berada pada urutan pertama atau awalan dalam suatu cerita, sehingga pada bagian orientasi perlu dikemas secara menarik. Tujuan dari orientasi untuk menarik perhatian pembaca untuk mengetahui isi seluruh cerita.

2. Komplikasi

Teks narasi pada bagian komplikasi berisi pokok permasalahan atau konflik dalam cerita. Pada bagian komplikasi dimulai dengan pengenalan konflik dan jalan cerita mulai diketahui sampai menuju konflik yang lebih kompleks. Tujuan dari komplikasi untuk menunjukan konflik atau masalah dalam cerita kepada pembaca.

3. Resolusi

Teks narasi pada bagian resolusi berisi penyelesaian masalah atau konflik cerita. Pada bagian resolusi menceritakan kejadian yang akan selesai. 

4. Koda

Teks narasi pada bagian koda berisi akhir cerita atau ending, dapat berupa akhir cerita sedih ataupun bahagia. Tujuan koda dalam teks narasi untuk menunjukan akhir cerita sehingga pembaca dapat menarik pesan atau amanat cerita.

Contoh Teks Narasi

Contoh Teks Narasi


1. Contoh Teks Narasi Ekspositoris

Perjuangan Ir. Soekarno

Pada tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan Indonesia segera merdeka. Namun nyatanya pada tanggal 29 Desember 1929, Belanda memasukkan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di Bandung sampai pada tanggal 31 Desember 1931.

Beliau dibebaskan dan kemudian bergabung dengan Partindo namun untuk yang kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang ke Ende, Flores pada tahun 1933. Kemudian beliau dipindahkan ke Bengkulu. Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, beliau bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.


2. Contoh Teks Narasi Imajinatif

"Malam gelap gulita di hulu sungai Brantas. Sebentar-sebentar hiruk pikuk yang tiada berketentuan itu menjadi satu dengan gegap gempita yang mendasyatkan dan mengecilkan hati, pertanda seorang raja rimba alam jatuh ke tanah untuk selama-lamanya. Ramai peperangan di rimba itu dan rupanya tak akan berhenti. Tak ada kasihan- mengasihani, yang rebah tinggal rebah, tak akan ada yang mengangkatnya. Sekali-kali terang cuaca hutan belantara itu, seperti diserang api. Tetapi kenyataanya dalam sekejap mata hilangnya cahaya yang berani menyerbukan dirinya ke tengah peperangan itu, dimusnahkan oleh musuh lamanya “raja gulita”.


3. Contoh Teks Narasi Artistik

“Di sebuah desa yang jauh terdapat dua orang anak yatim piatu yang bernama Keila dan Tina. Kedua anak tersebut tinggal disebuah gubuk reot yang sebenarnya tidak layak untuk ditempati. Kakak beradik tersebut mendapatkan makanan dari belas kasihan para warga sekitar. Namun penderitaan Tina dan Keila berakhir karena terdapat salah satu warga kaya yang hendak mengasuh kedua anak tersebut. Akhirnya mereka dibawa ke rumah warga kaya tadi dan dirawat dengan baik.”

1.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Bagian teks narasi yang berisi pengenalan tokoh, setting, latar (waktu, tempat, suasana) disebut ...


A. Koda
B. Orientasi
C. Komplikasi
D. Resolusi

JAWABAN BENAR

B.

Orientasi

PEMBAHASAN

Teks narasi disusun berdasarkan empat bagian yaitu: orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Bagian yang berisi pengenalan tokoh dan setting (latar, waktu, suasana) disebut bagian orientasi. Bagian orientasi merupakan awal sebuah cerita sebelum memasuki bagian komplikasi (konflik cerita).

2.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!

Dalam suatu teks narasi terdapat bagian yang menunjukan konflik cerita, disebut ...


A. Resolusi
B. Koda
C. Komplikasi
D. Orientasi

JAWABAN BENAR

C.

Komplikasi

PEMBAHASAN

Teks narasi dibentuk oleh empat bagian yaitu: orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Bagian teks narasi yang berisi konflik cerita yaitu komplikasi. Pada bagian komplikasi diceritakan konflik atau permasalahan cerita secara kompleks, yang dimulai dari pengenalan konflik sampai dengan puncak konflik.

redesain-navbar Portlet