APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Biologi

Bioteknologi

MATERI

Bioteknologi Modern

Sobat Pintar, bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dengan teknik rekayasa genetika (DNA), mikrobiologi, dan biokimia.

Ciri-ciri bioteknologi modern, antara lain:

  1. steril
  2. produksi dalam jumlah lebih banyak
  3. kualitasnya standar dan terjamin
  4. memanfaatkan metode-metode modern bioteknologi


Kultur Jaringan

Kultur jaringan merupakan suatu teknik atau metode untuk mengisolasi bagian-bagian tanaman (sel, jaringan, atau organ seperti akar, batang, daun, dan pucuk) kemudian menumbuhkan bagian tersebut secara aseptis pada medium kultur secara in vitro. Dengan demikian, bagian-bagian tanaman tersebut dapat memperbanyak diri dan dapat menjadi tanaman lengkap kembali.

Isolasi atau pemisahan bagian tanaman dapat dilakukan secara mekanis maupun kimiawi (enzimatis). Kultur jaringan pada tanaman dapat dilakukan karena setiap tanaman mempunyai sifat totipotensi. Totipotensi adalah kemampuan sel tanaman untuk menjadi tanaman baru yang lengkap, jika ditumbuhkan dalam medium atau lingkungan yang sesuai.

Keuntungan kultur jaringan antara lain:

  • untuk memperoleh bibit tanaman unggul dalam waktu singkat dan jumlah banyak
  • tidak membutuhkan area yang luas
  • sifat yang dikultur sesuai dengan induknya

Rekayasa Genetika

Tahun 1973 merupakan sejarah yang mengawali penelitian sebelum berkembangnya rekayasa genetika, yaitu pencangkokan gen mamalia ke dalam sel bakteri, sehingga menimbulkan fenotip maupun genotip yang baru. Teknik rekayasa genetika dapat dilakukan melalui Teknologi DNA Rekombinan, Transplantasi Nukleus, Kloning dan Teknologi Hibridoma.

Bioteknologi Modern

Prinsip yang digunakan untuk memperoleh organisme transgenik adalah sebagai berikut:

Teknologi DNA Rekombinan (Recombinant DNA Technology)

Teknologi DNA rekombinan atau disebut juga Rekayasa Genetika adalah suatu metode manipulasi gen, dengan cara menyisipkan (insert) gen yang dikehendaki ke dalam suatu organisme. Hasil penggabungan DNA dari individu yang tidak sama ini disebut DNA rekombinan.

Transplantasi Nukleus

Dua ahli mikrobiologi (Robert Briggs dan Thomas King) adalah orang yang pertama kali melakukan percobaan transplantasi nukleus pada tahun 1950-an. Kemudian, John Gurdon melanjutkan penelitian tersebut. Mereka menghancurkan nukleus dari sel telur katak menggunakan radiasi sinar ultra violet dan menggantinya dengan nukleus dari sel usus embrio katak (berudu) yang sedang berkembang.

Nukleus dari sel usus tersebut diambil dengan mikropipet. Bila nukleus berasal dari sel usus embrio muda yang belum terdiferensiasi, maka sel telur penerima (resipien) dapat berkembang menjadi berudu. Perkembangan ini tidak terjadi, jika nukleus diambil dari sel usus berudu yang telah terdiferensiasi. Transplantasi atau pemindahan nukleus dari satu sel ke sel yang lain dapat menghasilkan individu yang baru.

Kloning

Selain transplantasi gen, pembentukan individu baru dapat dilakukan dengan teknik yang disebut kloning. Kloning adalah suatu metode untuk menghasilkan keturunan atau individu yang identik secara genetik dengan induknya.

Pada tahun 1997, para peneliti dari Skotlandia (Ian Wilmut dan rekan-rekannya) berhasil menghasilkan seekor domba yang kemudian diberi nama Dolly. Pada penelitiannya, mereka mengambil sel telur dari satu domba dan menghilangkan nukleusnya.

Selanjutnya, sel telur tanpa nukleus tersebut digabungkan dengan sel kelenjar susu (kambing) dari domba lainnya menggunakan aliran arus listrik. Setelah 6 hari ditumbuhkan dalam kultur, terbentuk embrio dan ditanam di dalam uterus domba lainnya (domba ke-3 yang mirip dengan pendonor sel telur). Akhirnya, domba tersebut melahirkan anak yang identik dengan domba pendonor sel ambing.

Teknologi Hibridoma

Teknologi hibridoma adalah suatu metode penggabungan (fusi) dua macam sel dari organisme yang sama atau berbeda untuk mendapatkan sel hibrid (hibridoma) yang mempunyai kombinasi kedua sifat tersebut. Salah satu metode yang digunakan dalam proses penggabungan sel menggunakan tenaga listrik, sehingga prosesnya disebut elektrofusi. Hibridoma dimanfaatkan untuk memperoleh antibodi, misalnya antibodi monoklonal.

Dampak Positif Bioteknologi Modern

Sobat Pintar, bioteknologi berdampak bagi perkembangan berbagai bidang, baik bidang pangan, pertanian, kesehatan dan pengobatan, maupun bidang peternakan.

Dampak positif dari bioteknologi adalah dihasilkannya produk-produk yang bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan manusia.

Pembasmi hama tanaman

Penerapan bioteknologi untuk pembasmian hama tanaman dengan memanfaatkan mikroorganisme disebut biological control. Salah satu contoh mikroorganisme yang digunakan adalah Bacillus thuringiensis, yaitu bakteri yang digunakan sebagai patogen terhadap hama tanaman (ulat).

Tanaman Pengikat Nitrogen

Bioteknologi dapat menghasilkan tanaman yang mampu mengikat nitrogen bebas dari udara dengan menggunakan bakteri seperti Rhizobium dan Acetobacter.

Pengelola limbah

Bioteknologi dapat menghasilkan mikroorganisme strain baru yang dapat mengurangi polutan. Bakteri Clostridium butyricum digunakan untuk mengatasi limbah cair yang mengandung gula sebagai limbah buangan dari pabrik alkohol. Bakteri tersebut mampu menguraikan gula menjadi gas H2.

Bakteri kelompok metanogen (penghasil metana), yaitu Methanomonas mecanica dapat menguraikan limbah bahan-bahan organik (kotoran ternak). Mikroorganisme dapat digunakan dalam proses bioremediasi karena mengurangi bahan-bahan polutan dan meningkatkan kualitas tanah dan air.

Pemisah logam dari bijihnya

Bakteri Thiobacillus ferooksidans merupakan bakteri yang memperoleh energi hasil oksidasi zat anorganik (besi dan belerang pada batuan), sehingga tergolong dalam kemolitoautotrof. Bakteri ini dapat tumbuh subur pada lingkungan tanpa zat organik karena dapat menggunakan karbon langsung dari CO2 di udara dan dapat tumbuh pada lingkungan asam.

Menghasilkan bayi tabung

Pada umumnya, pasangan yang menginginkan bayi tabung adalah pasangan yang mempunyai hambatan dalam menghasilkan keturunan (infertilitas). Bayi tabung dilakukan dengan menyatukan sel telur dan sel sperma di laboratorium secara in vitro.

Menghasilkan masalah kesehatan
Penemuan berbagai obat-obatan, seperti vaksin, antibiotik, hormon, dan antibodi monoklonal dapat membantu mengatasi masalah kesehatan.

Dampak Negatif Bioteknologi Modern

Sobat Pintar, dampak negatif dari bioteknologi membahayakan terutama bagi orang yang tidak paham terhadap lingkungan. Ada etika yang harus dilakukan untuk mengembangkan produk bioteknologi.

Berikut ini dampak negatif dari bioteknologi.

  1. Rusaknya ekosistem, tanaman transgenik dapat menyebabkan adanya hama super akibat mutasi dan punahnya spesies tertentu yang menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu.
  2. Hilangnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan tertentu, bioteknologi hanya mengembangkan tanaman dan hewan yang berkualitas bagus saja, sedangakan hewan dan tumbuhan dengan kualitas kurang baik akan punah.
  3. Dapat menyebabkan alergi, karena tidak semua orang cocok dengan gen asing yang di masukkan ke dalam tubuhnya maka produk trangenik dapat menyebabkan alergi. Oleh karena itu harus berhati-hati ketika mengkonsumsi produk bioteknologi.
  4. Dapat merugikan petani tradisional, karena keuntungan bioteknologi dan adanya hak paten hasil rekayasa genetika yang berfokus pada suatu kelompok atau negara maju.

1.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Dampak negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan ilmu dan teknologi terhadap sumber daya manusia adalah....


A. Timbulnya pengangguran tenaga kerja pasar
B. Menurunnya sumber plasma nutfah
C. Produksi yang berlebihan menyebabkan turunnya harga
D. Terjadinya perubahan sikap sosial
E. Lahan pertanian berkurang, produksi kecil

JAWABAN BENAR

D.

Terjadinya perubahan sikap sosial

PEMBAHASAN

Kemajuan ilmu dan teknologi disamping memberikan dampak positif terhadap kelestarian sumber daya alam, juga dapat memberikan dampak negative terutama pada sumber daya alam manusia. Dampak negatif yang dapat dirasakan pada sumber daya manusia adalah terjadinya perubahan sikap sosial.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Salah satu cara pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran adalah menyambungkan....


A. DNA bakteri ke dalam pankreas manusia
B. Kromosom bakteri ke dalam DNA manusia
C. Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri
D. DNA virus ke dalam DNA bakteri
E. Gen virus ke dalam gen bakteri

JAWABAN BENAR

C.

Gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri

PEMBAHASAN

Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang kedokteran telah banyak ditemukan beberapa rekayasa gen, diantaranya adalah gen yang memproduksi insulin ke dalam DNA bakteri, sehingga bakteri itu yang menghasilkan hormon insulin dan orang yang menderita kencing manis (diabetes) bisa mendapat hormon insulin kembali. Teknik ini dikenal dengan teknik plasmid dengan merekayasa penyambungan sekuen DNA plasmid dengan DNA yang diinginkan. Kemudian plasmid yang terangkai gabungan DNA rekombinan dimasukkan kembali ke bakteri atau sebaliknya tergantung tujuannya.

3.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu spesies lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai....


A. Kultur jaringan
B. Rekayasa genetik
C. Transplantasi
D. Radiasi induksi
E. Mutasi buatan

JAWABAN BENAR

C.

Transplantasi

PEMBAHASAN

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu spesies lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai transplantasi gen atau rekombinasi gen, Transplantasi ini yang sering digunakan adalah memakai teknik plasmid, dengan gunting enzim berupa enzim Endonuklease Restriksi dan Lemnya Enzim ligase

4.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Berikut ini merupakan kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, kecuali....


A. Kesegaran bahan pangan tidak berubah
B. Tidak membusuk selamanya
C. Tidak menimbulkan polusi lingkungan
D. Meningkatkan mutu dan kebersihan bahan pangan
E. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan

JAWABAN BENAR

B.

Tidak membusuk selamanya

PEMBAHASAN

Penggunaan teknologi nuklir (radioisotop) dalam bidang teknologi pangan lazim disebut proses iradiasi. Iradiasi bahan pangan mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan proses pengawetan konvensional antara lain :

  1. Dapat dilakukan pada bahan yang telah dikemas
  2. Kesegaran bahan pangan tidak berubah
  3. Tidak menimbulkan residu zat kimia pada makanan
  4. Tidak menimbulkan polusi pada lingkungan
  5. Dapat menggunakan bahan pengeras yang murah
  6. Dapat meningkatkan mutu dan kebersihan bahan makanan
  7. Penggunaan Radio Isotop adalah Unsur kimia yang stabil yang dibuat labil karena penyinaran sinar radioaktif dari unsur radioaktif di reaktor

 

5.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Organisme yang mengandung gen dari spesies lain disebut….


A. transplantasi
B. transgenik
C. mutasi
D. implementasi
E. vaksinasi

JAWABAN BENAR

B.

transgenik

PEMBAHASAN

  1. Transplantasi: proses pemindahan suatu organ dari satu organisme/bagian tubuh ke individu lain.
  2. Transgenik: Organisme yang mengandung gen dari spesies lain
  3. Mutasi: perubahan materi genetik yang mengakibatkan terjadinya perubahan sifat atau karakter dan dapat bersifat menurun.
  4. Implementasi: penerapan.
  5. Vaksinasi: merupakan tahapan yang berguna untuk menahan daya tahan tubuh terhadap penyakit tertentu.

 

6.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Vektor yang umumnya digunakan dalam rekayasa genetika adalah….


A. mitokondria
B. kromosom
C. plasmid
D. kloroplas
E. ribosom

JAWABAN BENAR

C.

plasmid

PEMBAHASAN

Plasmid adalah DNA yang terdapat diluar kromosom, bentuknya melingkar. Plasmid digunakan sebagai vektor rekayasa genetika karena mampu membawa gen asing.

7.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

Bioteknologi untuk mentransfer gen antihama pada tanaman tembakau dapat memanfaatkan aktivitas mikroorganisme….


A. Propionibacterium
B. Lactobacillus casei
C. Acetobacter xylinum
D.  Bacillus thuringiensis
E. Rhizopus oryzae

JAWABAN BENAR

D.

 Bacillus thuringiensis

PEMBAHASAN

Bacillus thuringiensis adalah bakteri yang dimanfaatkan sebagai pengendalian hama.

redesain-navbar Portlet