APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Ekonomi

Bentuk-bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi

MATERI

Pengertian dan Fungsi Pasar

Apa Yang Dimaksud Pasar Sobat Pintar ?

Pasar atau market merupakan sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lainnya. Pada umumnya, pengertian pasar tidak menunjuk ke sebuah lokasi ataupun tempat-tempat tertentu, hal ini karena pasar tidak memiliki batas geografis. Adanya sistem jaringan komunikasi modern dapat meniadakan hambatan atau batasan-batasan geografis, sehingga dapat memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi tanpa harus saling melihat wajah satu sama lain. Pengertian pasar yang kita bahas disini lebih menitik beratkan ke arti ekonomi yaitu untuk transaksi jual dan beli. Dalam ilmu ekonomi, pengertian pasar yaitu sebagai besarnya permintaan serta penawaran pada jenis barang atau jasa tertentu. Pengertian pasar merupakan permintaan serta penawaran secara keseluruhan untuk jasa dan barang tertentu. Pengertian pasar lebih merujuk kepada semua aktivitas penawaran dan permintaan termasuk didalamnya modal, surat berharga, tenaga kerja, serta uang.

Pada prinsipnya, aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar didasarkan dengan adanya kebebasan dalam bersaing, baik itu untuk pembeli maupun penjual. Penjual mempunyai kebebasan untuk memutuskan barang atau jasa apa yang seharusnya untuk diproduksi serta yang akan di distribusikan. Sedangkan bagi pembeli atau konsumen mempunyai kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang sesuai dengan tingkat daya belinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan pasar sangat lah penting bagi kehidupan. Hal ini karena apabila terdapat kebutuhan yang tidak dapat dihasilkan sendiri, dapat memperoleh kebutuhan tersebut di pasar. Para konsumen atau pembeli datang ke pasar untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhannya dengan membawa sejumlah uang guna membayar harganya. Berikut ini pengertian pasar menurut para ahli.

 

Fungsi Pasar

Dalam kehidupan sehari-hari, pasar tentunya sangat penting. Karena pasar memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Pembentukan nilai harga

Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.

2. Pendistribusian

Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.

3. Promosi

Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen. Karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.

Syarat dan Peranan Pasar

Sobat Pintar Yuk Pelajari Peranan Pasar

Dalam kegiatan ekonomi, peranan pasar sangatlah penting untuk semua pelaku ekonomi, baik untuk produsen, konsumen, distributor ataupun pihak-pihak lain misalnya pemerintah, pekerja dan lain sebagainya. Adapun peran pasar untuk berbagai pihak yaitu:

1. Mempermudah konsumen memenuhi kebutuhan-kebutuhannya

Untuk masyarakat yang tempat tinggalny lebih dekat dengan pasar maka kebutuhannya akan lebih mudah untuk tercukupi apabila untuk mereka yang tinggal jauh dari pasar.

2. Mempermudah penjualan barang dan jasa yang telah dihasilkan.

Selain pihak konsumen, terdapat pelaku pasar yang utama lainnya yaitu para penjual/ produsen. Produsen merupakan orang/ pihak yang kegiatannya adalah memproduksi barang/ jasa dengan tujuan untuk dijual kepada para konsumen sehingga produsen akan memperoleh keuntungan guna untuk menjalankan kegiatan produksi yang selanjutnya. Dengan demikian bisa untuk menggerakkan perekonomian masyarakat. Dalam rangka untuk memudahkan bagi pihak produsen maka mereka akan membutuhkan pasar.

3. Bagi distributor (pedagang) pasar berperan mempermudah kegiatan distribusi.

Terdapat barang/ jasa yang cara pendistribusiannya dijalankan secara langsung dan ada sebagian barang dan jasa yang pendistribusiannya dilakukan tidak secara langsung. Jika secara langsung maka antara produsen dan konsumen dapat bertemu tanpa peru adanya perantara/ distributor. Sedang pada barang dan jasa yang cara pendistribusiannya dilakukan dengan cara tidak langsung, maka produsen tidak langsung dapat menjual barang kepada  konsumen, namun harus melalui perantara (distributor) yaitu dalam hal ini adalah pedagang. Mereka yang sudah melakukan pembelian kepada produsen akan menjual barang-barang tersebut kepada pihak konsumen. Supaya mempermudah dalam penjualan barang-barang, maka penjual (distributor) sangat memerlukan pasar.

4. Pasar berperan untuk mengendalikan dan mengatur kegiatan ekonomi serta keuangan pemerintah.

Peran dari pemerintah adalah ganda dalam sistem ekonomi kerakyatan yaitu sebagai pelaku ekonomi dan sebagai pengatur kegiatan ekonomi. Dalam hal sebagai pengatur kegiatan ekonomi maka pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan sarana dan juga prasarana supaya kegiatan ekonomi menjadi lancar. Salah satu dalam hal tersebut adalah membangun pasar. Keberadaan pasar bisa digunakan untuk mengatur dan mengendalikan kegiatan ekonomi. Selain itu dengan adanya pasar dapat berfungsi untuk mendapatkan sumber keuangan pemerintah melalui pajak dan iuran-iuran yang diungut.

5. Bagi masyarakat secara umum, pasar dapat berperan sebagai tempat untuk mendapatkan pekerjaan/penghasilan.

Dengan adanya pasar terdapat para pihak yaitu para penjual, para pembeli dan pihak-pihak lainnya yang fungsinya adalah supaya kegiatan jual beli menjadi lancar. Para pihak lain tersebut adalah para pekerja pasar yang terdiri dari para kuli, satpam, petugas kebersihan atau penjaga sepeda dan lain sebagainya.

Sobat Pintar Yuk Pelajari Syarat Terbentuknya Pasar

Pasar sebagai tempat transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli dapat terbentuk dengan adanya syarat-syarat sebagai berikut.

1. adanya penjual,

2. adanya pembeli,

3. tersedianya barang yang diperjualbelikan,

4. terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli.

1.

Tempat strategis dimana penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) melakukan interaksi disebut...


A. Pasar
B. Kegiatan
C. Transaksi
D. ATM
E. Loket

JAWABAN BENAR

A.

Pasar

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Pasar adalah tempat strategis yang digunakan oleh penjual (produsen) dan pembeli (konsumen) untuk melakukan interaksi atau kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

2.

Pasar mempunyai fungsi mempromosikan produk kepada konsumen. Fungsi ini disebut...


A. Fungsi Ketetapan Harga
B. Fungsi Keseimbangan Barang
C. Fungsi Distribusi
D. Fungsi Produsen
E. Fungsi Promosi

JAWABAN BENAR

E.

Fungsi Promosi

PEMBAHASAN

Pembahasan :

Fungsi Promosi. artinya pasar merupakan tempat yang paling cocok bgi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.

redesain-navbar Portlet