APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Kimia

Hukum Termokimia

MATERI

Hukum Kekekalan Energi

Hukum Kekekalan Energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Hukum kekekalan energi disebut juga hukum pertama termodinamika. Energi juga dapat mengalami perpindahan dari sistem ke lingkungan atau sebaliknya. Sistem merupakan segala hal yang diteliti perubahan energinya. Sedangkan lingkungan merupakan segala sesuatu di luar sistem.

Contoh sistem dan lingkungan dapat diamati pada air teh panas dalam gelas. Air teh panas merupakan sistem, sementara gelas sebagai wadahnya termasuk lingkungan.

Energi terdiri atas berbagai jenis, di antaranya energi kinetik, energi potensial, energi kimia, energi radiasi, dan energi panas. Energi panas (kalor) mengalami perpindahan melalui dua cara :

  1. Kalor berpindah dari sistem ke lingkungan (disebut reaksi eksoterm)
  2. Kalor berpindah dari lingkungan ke sistem (disebut reaksi endoterm).

Untuk penjelasan mengenai berbagai jenis energi, sobat pintar dapat mempelajarinya di materi berikutnya

Jenis-Jenis Energi

Di materi sebelumnya, Sobat Pintar sudah mengetahui sekilas tentang jenis-jenis energi, di materi kali ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis energi tersebut. Berikut penjelasannya:

Energi Kinetik

Energi kinetik adalah energi yang terjadi ketika kita bergerak. Energi ini dimiliki oleh partikel atau benda karena gerakannya. Energi kinetik dibagi menjadi energi kinetik rotasi dan energi kinetik vibrasi.

Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi yang disimpan atau belum digunakan. Energi ini dilihat dari posisi sebuah benda. Entitas yang melekat dan aktif disimpan dalam sistem fisik, karena posisi dan struktur di lingkungan, bersama dengan gaya yang diterapkan disebut energi potensial. Nilai massa benda memainkan peran penting dalam menentukan hal itu.

Sebagai contoh, bayangkan seorang pemanah dengan busur dan anak panah siap untuk memulai itu. Ketika panah dibuat siap untuk meluncurkan dan tali busur kencang ditarik kembali, pada posisi itu, tali memiliki energi potensial elastis yang tersimpan di dalamnya. Dalam posisi ini, tali memiliki ‘potensi’ untuk melakukan usaha untuk meluncurkan panah.

Ada berbagai bentuk energi potensial, tergantung pada jenis gaya yang terlibat, seperti :

  • energi gravitasi potensial,
  • energi potensial kimia,
  • energi potensial listrik,
  • energi potensial magnet,
  • dan energi potensial nuklir.

Ketika gaya yang diterapkan pada benda, usaha dilakukan dalam arah tertentu. Usaha ini diwakili dengan memperhatikan energi potensial tubuh, yang dilambangkan dengan tanda negatif, karena energi dapat meningkat atau menurun tergantung pada apakah usaha dilakukan terhadap atau pada arah gaya, masing-masing.

Energi Kimia

Energi listrik merupakan bentuk energi yang ada ketika elektron bergerak dari satu atom ke atom lainnya, dan juga mengontrol proses yang berhubungan dengan kehidupan. Energi kimia dapat diwujudkan dalam bentuk lain seperti panas, cahaya, listrik, dll, dari berbagai sumber.

Energi Cahaya atau Radiasi

Energi cahaya adalah jenis energi radiasi elektromagnetik yang berpindah dalam bentuk gelombang. Energi ini disebarkan oleh gelombang elektromagnetik melalui ruang; misalnya, cahaya yang diterima dari Matahari adalah contoh dari energi radiasi. Spektrum radiasi elektromagnetik sangat luas, dari gelombang radio sampai sinar gamma dengan frekuensi tinggi. Energi yang berasal dari sumber ini berbanding lurus dengan frekuensi gelombang.

Manusia hanya dapat mendeteksi spektrum cahaya tampak dari radiasi elektromagnetik, dan semua panjang gelombang lain tidak terlihat. Mayoritas energi cahaya yang diterima oleh planet kita adalah dalam bentuk sinar matahari.

Energi Kalor

Hal ini dapat dipelajari atau diperkirakan dengan mengukur suhu benda atau zat yang sedang dipertimbangkan. Itu ada karena gerak getaran, rotasi, dan translasi dari benda, bersama dengan energi potensial atom dan molekul. Energi ini merupakan kombinasi dari kedua energi kinetik dan potensial dari benda, dan ditandai oleh aspek penyerapan panas dari atom, molekul, dan partikel sub-atom lainnya. Dalam kasus gas yang terdiri dari atom-atom dari unsur yang sama, maka energi kalor setara dengan seluruh energi kinetik gas tersebut.

Interaksi Sistem dengan Lingkungan

Interaksi Sistem dengan Lingkungan

Sistem merupakan bagian dari alam semesta yang menjadi perhatian kita. Lingkungan merupakan bagian sisa dari alam semesta yang terdapat diluar sistem. Secara umum terdapat tiga jenis sistem, yaitu sistem terbuka, sistem tertutup, dan sistem terisolasi.

Sistem terbuka, yaitu sistem yang memungkinkan terjadinya perpindahan kalor dan zat (materi) antara sistem dengan lingkungan.

Sistem tertutup, yaitu sistem dimana memungkinkan terjadinya transfer energi (panas) ke lingkungannya, tetapi tidak dapat terjadi pertukaran materi.

Sistem terisolasi, merupakan suatu sistem di mana tidak memungkinkan terjadinya perpindahan kalor dan materi antara sistem dengan lingkungan.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Segala hal yang diteliti perubahan energinya adalah....


A. Azas
B. Sistem
C. Energi
D. Termodinamika
E. Kalor

JAWABAN BENAR

B.

Sistem

PEMBAHASAN

Sistem merupakan segala hal yang diteliti perubahan energinya.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Azas kekekalan energi juga disebut sebagai...


A. Azas Energi
B. Azas Kekekalan Kalor
C. Azas Energi Kalor
D. Azas Termodinamika
E. Hukum Pertama Termodinamika

JAWABAN BENAR

E.

Hukum Pertama Termodinamika

PEMBAHASAN

Azas kekekalan energi disebut juga hukum pertama termodinamika.

3.

Jawablah soal berikut ini!

Secangkir kopi panas yang tutupnya dibuka merupakan salah satu contoh dari sistem....


A. terbuka
B. tertutup
C. terisolir
D. terisolasi
E. terbarukan

JAWABAN BENAR

A.

terbuka

PEMBAHASAN

Secangkir kopi panas yang dibuka tutupnya merupakan salah satu contoh dari sistem terbuka.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Di laboratorium larutan HCl direaksikan dengan larutan KOH dalam sebuah tabung reaksi. Sistem dalam percobaan tersebut yaitu....


A. larutan HCl dan larutan KOH
B. laboratorium dan larutan HCl
C. tabung reaksi dan larutan HCl
D. tabung reaksi dan larutan KOH
E. laboratorium dan larutan KOH

JAWABAN BENAR

A.

larutan HCl dan larutan KOH

PEMBAHASAN

Sistem = bagian tertentu dari alam yang mendapat pusat perhatian

Lingkungan = Segala sesuatu yang berada diluar sistem

Pada reaksi antara HCl dan KOH dalam tabung reaksi, yang ingin kita lihat atau perhatikan adalah apa yang akan terjadi jika kedua zat tersebut direaksikan. Berarti HCl dan KOH adalah sistem sementara tabung reaksi dan laboratorium tempat berlangsungnya reaksi adalah lingkungan.

5.

Jawablah soal berikut ini!

Suatu reaksi kimia terjadi dalam kalorimeter, terjadi perubahan suhu dari 20,22oC hingga 23,14oC. Jika kapasitas kalorimeter 8,44 kJ/oC, kalor yang dihasilkan pada reaksi tersebut adalah....


A. 2,89 kJ
B. 5,52 kJ
C. 9,12 kJ
D. 11,36 kJ
E. 24,6 kJ

JAWABAN BENAR

E.

24,6 kJ

PEMBAHASAN

6.

Jawablah soal berikut ini!

Energi yang berpindah akibat adanya perbedaan suhu adalah….
 


A. Energi kinetik
B. Energi potensial
C. Energi
D. Kalor
E. Entalpi

JAWABAN BENAR

D.

Kalor

PEMBAHASAN

Energi yang berpindah akibat adanya perubahan suhu adalah energi kalor

7.

Jawablah soal berikut ini!

Bagian dari alam semesta yang berinteraksi dengan suatu sistem adalah….
 


A. Sistem
B. Energi
C. Termokimia
D. Entalpi
E. Lingkungan

JAWABAN BENAR

E.

Lingkungan

PEMBAHASAN

Bagian dari alam semesta yang berinteraksi dengan suatu sistem adalah lingkungan

redesain-navbar Portlet