APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

Bahasa Indonesia

Teks Deskripsi

MATERI

Pengertian Teks Deskripsi

Pernahkah sobat pintar mendengar atau membaca teks deskripsi?
Tentu sobat pintar pernah melihat acara jalan-jalan dari sebuah televisi yang menayangkan keindahan pariwisata Indonesia dengan pemaparan yang menarik. Atau pernahkah sobat pintar membaca informasi perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia? Ya, itulah beberapa contoh teks deskripsi.
 
Teks deskripsi adalah sebuah paragraf di mana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

Contoh Teks Deskripsi

Parangtritis Nan Indah

Salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta. Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.


Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.


Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Tua dan muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah.

1.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!


Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat merupakan jurang berdiameter mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. …. Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.


Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam paragraf tersebut adalah ...


A. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter
B. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat
C. Pengunjung sudah lama mengincar pemandangan ini
D. Tebing granit ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsin Sumatra Barat

JAWABAN BENAR

A.

Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter

PEMBAHASAN

Pilihan yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada paragraf di atas adalah Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter. Sebab, jawaban tersebut masih berhubungan dengan ketinggian, tidak keluar jalur dari apa yang sedang dibicarakan sebelumnya.

2.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf di mana  gagasan utamanya disampaikan dengan cara ...


A. Menggambarkan subjek dan sifat-sifatnya
B. Menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca
C. Menggunakan indera penciuman dan penglihatan
D. Lengkap dan tersampaikan dengan rinci

JAWABAN BENAR

B.

Menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca

PEMBAHASAN

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf di mana  gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.

3.

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat!


Cilok isi keju memiliki bentuk bulat dengan rasa manis dan asin.


Kalimat di atas menunjukkan pembuktian dari cerapan pancaindra ….


A. Penglihatan dan penciuman
B. Perabaan dan penciuman
C. Penglihatan dan pengecap
D. Perabaan dan pengecap

JAWABAN BENAR

C.

Penglihatan dan pengecap

PEMBAHASAN

Cerapan pancaindra yang terdapat dalam teks yaitu penglihatan yang ditunjukkan dari pernyataan tentang bentuk dari cilok yaitu bulat dan pengecap dari pernyataan tentang rasa asin dan manis dari cilok. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

redesain-navbar Portlet