APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Ekosistem dan Keanekaragaman Hayati

MATERI

Lingkungan

Sobat Pintar!, kali ini kita akan belajar tentang Lingkungan dan Ekosistem

Istilah lingkungan berasal dari kata "Environment", yang memiliki makna "The phy­sical, chemical, and biotic condition surrounding an organism." Berdasarkan istilah tersebut, ling-kungan secara umum dapat diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu.

Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks, sehingga dapat memengaruhi satu sama lain. Kondisi yang saling memengaruhi ini membuat lingkungan selalu dinamis dan dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi.

Selain itu, komponen lingkungan itu dapat saling memengaruhi dengan kuat. Ada saatnya kualitas lingkungan berubah menjadi baik dan tidak menutup kemungkinan untuk berubah menjadi buruk. Perubahan itu dapat disebabkan oleh makhluk hidup dalam satu lingkungan tersebut.

Setiap makhluk hidup memerlukan ling­kungan tertentu sebagai tempat hidupnya. Tahukah kamu, tempat hidup dinamakan habitat. Dalam suatu habitat, terdapat ber­bagai jenis makhluk hidup (biotik) dan makhluk tak hidup (abiotik).

Tempat yang kamu kunjungi merupakan suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Pada tempat tersebut akan terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.

Ekosistem dan Komponennya

Yuk Sobat, kita lanjut ke Ekosistem dan Komponennya

Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya, jadi kita tahu bahwa ada komponen biotik (hidup) dan juga komponen abiotik (tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem ini, kedua komponen ini tentunya saling mempengaruhi, contohnya saja hubungan heewan dengan air.

Interaksi antara makhluk hidup dan tidak hidup ini akan membentuk suatu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya masing-masing, dan selama tidak ada fungsi yang terngganggu maka keseimbangan dari ekosistem ini akan terus terjaga. Ilmu yang mempelajari ekosistem disebut ekologi.

Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru, yang baru muncul pada tahun 70-an. Akan tetapi, ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antarmakhluk hidup dan dengan benda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya.

Komponen dalam Ekosistem

Berdasarkan fungsi dan aspek penyusunannya, ekosistem dapat dibedakan menjadi dua komponen, yaitu :

  1. Komponen biotik, terdiri atas makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik.
  2. Komponen abiotik, terdiri atas benda-benda tidak hidup di antaranya air, tanah, udara, dan cahaya.

Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Yuk Sobat sekarang kita lanjut ke Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Satuan Makhluk Hidup dalam Ekosistem diantaranya adalah:

  1. Individu merupakan satu makhluk hidup, contohnya seekor burung.
  2. Populasi merupakan sekumpulan makhluk hidup yang menetap disuatu tempat dalam jangka waktu tertentu dan mampu berkembangbiak, contohnya sekumpulan semut.
  3. Komunitas merupakan kumpulan dari populasi yang menempati daerah yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang. Contohnya komunitas padang rumput.
  4. Ekosistem merupakan kumpulan dari komunitas yang melibatkan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Contohnya ekosistem darat.
  5. Biosfer, Seluruh ekosistem di dunia disebut biosfer. Dalam biosfer, setiap makhluk hidup menempati lingkungan yang cocok untuk hidupnya. Lingkungan atau tempat yang cocok untuk kehidupannya disebut habitat. Dalam biologi kita sering membedakan istilah habitat untuk makhluk hidup mikro, seperti jamur dan bakteri, yaitu disebut substrat.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Tempat dimana interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan abiotik yang terdapat di tempat itu, disebut …..


A. populasi
B. individu
C. ekosistem
D. komunitas

JAWABAN BENAR

C.

ekosistem

PEMBAHASAN

Ekosistem tersusun atas berbagai komponen dan satuan organisasi yang menyusunnya. Di dalam ekosistem terjadi interaksi antar komponen biotik dan abiotik.

2.

Jawablah soal berikut ini!

"Kumpulan dari populasi yang menempati daerah yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang" merupakan pengertian dari ...


A. individu
B. bioma
C. populasi
D. komunitas

JAWABAN BENAR

D.

komunitas

PEMBAHASAN

Komunitas adalah kumpulan dari populasi yang menempati daerah yang sama dalam waktu jangka waktu yang panjang, contohnya komunitas padang rumput.

redesain-navbar Portlet