APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Materi Zat dan Perubahannya

MATERI

Pendahuluan

Sobat Pintar!, kita akan belajar tentang Campuran

Kopi yang Kita Minum Termasuk Campuran Apa Ya ?

Campuran  adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asalnya. Contoh beberapa campuran yang sering kita jumpai dalam kehidupan seharihari adalah susu cokelat, air sungai, udara, batuan, garam beryodium, dan paduan logam.

Kamu mungkin sering menggunakan berbagai jenis campuran, misalnya ketika memasak, membuat teh manis atau kopi. Campuran adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asalnya. Campuran dibedakan menjadi dua, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran Homogen

Yuk Sobat, kita beralih ke Campuran Homogen

Campuran homogen banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Larutan gula, larutan garam, dan sirop merupakan contoh campuran homogen.

Dalam larutan gula, apakah kamu dapat membedakan zat-zat penyusunnya?

Tentu saja tidak. Kamu tidak  dapat membedakan zat-zat yang menyusun larutan gula tersebut. Jadi, campuran homogen adalah campuran yang tidak dapat dibedakan zat- zat yang tercampur di dalamnya.

Larutan tersusun atas pelarut (solvent) dan zat terlarut (solute). Pelarut yang banyak digunakan adalah air. Senyawa lain yang dapat digunakan sebagai pelarut adalah senyawa organik yang dikenal juga sebagai pelarut organik, contohnya kloroform dan alkohol.

Dalam larutan, ukuran partikel zat terlarut sangat kecil dengan diameter kurang dari 1 nm sehingga partikel zat terlarut tidak dapat dilihat walaupun menggunakan mikroskop ultra. Oleh karena itu, larutan terlihat homogen (serba sama). Artinya zat yang terlarut dan pelarut dalam larutan tersebut tidak dapat dibedakan.

Campuran Heterogen

Yuk Sobat, kita beralih ke Campuran Heterogen

Apakah kamu dapat membedakan campuran pasir dalam air pada kegiatan tersebut?

Berbeda dengan larutan gula, pada campuran pasir dan air, tentu kamu dapat membedakan antara pasir dan air. Campuran pasir dan air merupakan salah satu contoh dari campuran heterogen.

Campuran heterogen terjadi karena zat yang tidak dapat bercampur satu dengan lain secara sempurna sehingga dapat dikenali zat penyusunnya. Dengan demikian, pada campuran heterogen, seluruh bagiannya tidak memiliki komposisi yang sama (tidak serba sama).

1.

Jawablah soal berikut ini!

Perbedaan senyawa dan campuran adalah dari penyusunnya. Senyawa disusun oleh unsur-unsur, sedangkan campuran disusun oleh ....


A. Atom
B. Zat
C. Partikel
D. Molekul

JAWABAN BENAR

B.

Zat

PEMBAHASAN

Campuran disusun dari beberapa macam zat.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Dari campuran di bawah ini yang merupakan campuran heterogen adalah...


A. campuran air dan garam
B. campuran air dan gula
C. campuran air dan kopi
D. campuran air dan susu

JAWABAN BENAR

C.

campuran air dan kopi

PEMBAHASAN

Campuran air dan kopi merupakan campuran heterogen karena masih bisa dibedakan antara zat terlarut dan pelarutnya.

3.

Jawablah soal berikut ini!

Campuran yang memiliki komposisi yang seragam di seluruh bagian disebut....


A. Campuran homogen
B. Campuran heterogen
C. Campuran homogen dan heterogen
D. Campuran tidak seragam

JAWABAN BENAR

A.

Campuran homogen

PEMBAHASAN

Campuran yang memiliki komposisi yang seragam di seluruh bagian disebut campuran homogen. Dalam campuran homogen, zat-zat penyusunnya terdistribusi secara merata dan tidak dapat dibedakan secara visual.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Contoh campuran homogen adalah....


A. Air dan minyak
B. Air dan pasir
C. Air garam
D. Air dan es

JAWABAN BENAR

C.

Air garam

PEMBAHASAN

Contoh campuran homogen adalah air garam. Dalam campuran air garam, garam terlarut secara merata dalam air sehingga tidak dapat dibedakan secara visual. 

redesain-navbar Portlet