APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPA

Sel dan Sistem Organisasi Kehidupan

MATERI

Pengertian Jaringan dan Jaringan pada Hewan

Sobat Pintar!, kali ini kita akan belajar tentang Jaringan

Organisme yang bersel banyak dalam tubuh akan terdapat kumpulan sel–sel. Kumpulan sel–sel tersebut terdiri dari berbagai macam bentuk yang mempunyai fungsi yang berbeda–beda. Kumpulan sel atau sekelompok sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut jaringan.

Jaringan pada hewan dan manusia

  • Jaringan epitel merupakan jaringan yang melapisi permukaan tubuh atau organ baik permukaan dalam maupun permukaan luar. Bentuk jaringan ini pipih, kubus, dan silinder.
  • Jaringan otot merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel otot dan bersifat lentur. Terdapat tiga  (3) macam jaringan otot, yaitu: Otot polos terdapat pada dinding alat–alat dalam. Otot lurik terdapat pada rangka. Otot jantung terdapat pada dinding jantung.

  • Jaringan syaraf merupakan jaringan yang tersusun atas sel–sel syaraf. Setiap sel syaraf terdiri dari badan sel dan serabut syaraf.

  • Jaringan ikat merupakan jaringan yang menghubungkan bagian tubuh dengan bagian tubuh yang lain.

  • Jaringan penyokong atau penunjang merupakan jaringan yang terdiri dari jaringan tulang rawan dan jaringan tulang. Jaringan penyokong berfungsi untuk memberi bentuk tubuh, melindungi tubuh dan menguatkan tubuh.

Jaringan pada Tumbuhan

Yuk sekarang kita lanjut ke Jaringan pada Tumbuhan

Jaringan-jaringan pada tumbuhan diantaranya adalah:

  • Jaringan epidermis yaitu jaringan yang melapisi permukaan tubuh tumbuhan, baik pada akar, batang dan daun. Jaringan ini tersusun rapat berfungsi untuk sebagai jaringan pelindung.
  • Jaringan meristem yaitu tersusun atas sel sel yang selalu membelah. Terdapat pada embrio di ujung akar, ujung batang dan cambium. 
  • Jaringan pengangkutan yaitu jaringan sebagai pembuluh yang mengangkut air dan zat-zat makanan. Ada 2 macam jaringan pengangkutan yaitu :Jaringan floem atau pembuluh tapis berfungsi untuk mengangkut air dan hasil fotosintesis dari daun. Jaringan xilem atau pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar.
  • Jaringan penyokong Merupakan sel sel dinding yang mengalami penebalan sehingga menjadi keras. Contoh pada kulit biji. 
  • Jaringan parenkim Merupakan jaringan dasar yang terdapat di antara jaringan–jaringan lainnya. Berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Jaringan perenkim pada daun mengandung kloroplas untuk fotosintesis dan dibedakan menjadi dua yaitu jaringan spons dan jaringan pagar.

1.

Jawablah soal berikut ini!

Yang tidak termasuk dalam jenis jaringan otot adalah ...


A. otot tulang
B. otot lurik
C. otot jantung
D. otot polos

JAWABAN BENAR

A.

otot tulang

PEMBAHASAN

tiga (3) macam jaringan otot, yaitu: Otot polos terdapat pada dinding alat–alat dalam. Otot lurik terdapat pada rangka. Otot jantung terdapat pada dinding jantung.

2.

Jawablah soal berikut ini!

Proses fotosintesis tumbuhan dikotil  berlangsung efektif pada jaringan ……


A. epidermis
B. parenkim palisade
C. xilem
D. kolenkim

JAWABAN BENAR

B.

parenkim palisade

PEMBAHASAN

pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis dijaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons. Di daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi

3.

Jawablah soal berikut ini!

Apa yang membedakan jaringan epitelium pada hewan dan jaringan epidermis pada tumbuhan ?


A. Jaringan epitelium terdapat pada permukaan luar tubuh hewan, sedangkan jaringan epidermis terdapat pada permukaan luar tubuh tumbuhan
B. Jaringan epitelium terdiri dari sel yang rata dan tipis, sedangkan jaringan epidermis terdiri dari sel yang keras dan keras
C. Jaringan epitelium memiliki kloroplas, sedangkan jaringan epidermis tidak
D. Jaringan epitelium hanya ditemukan pada hewan herbivora

JAWABAN BENAR

A.

Jaringan epitelium terdapat pada permukaan luar tubuh hewan, sedangkan jaringan epidermis terdapat pada permukaan luar tubuh tumbuhan

PEMBAHASAN

Perbedaan utama antara jaringan epitelium pada hewan dan jaringan epidermis pada tumbuhan adalah lokasi mereka. Jaringan epitelium terdapat pada permukaan luar tubuh hewan dan melapisi organ-organ internal, sedangkan jaringan epidermis terdapat pada permukaan luar tubuh tumbuhan dan melindungi jaringan dalam dari lingkungan eksternal.

4.

Jawablah soal berikut ini!

Jaringan yang terdiri dari sel-sel yang menghasilkan dan menyekresikan bahan kimia seperti hormon dan enzim disebut....


A. Jaringan epitel
B. Jaringan ikat
C. Jaringan otot
D. Jaringan kelenjar

JAWABAN BENAR

D.

Jaringan kelenjar

PEMBAHASAN

Jaringan yang terdiri dari sel-sel yang menghasilkan dan menyekresikan bahan kimia seperti hormon dan enzim disebut jaringan kelenjar. Jaringan kelenjar dapat ditemukan dalam berbagai organ tubuh yang berperan dalam produksi dan sekresi zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

5.

Jawablah soal berikut ini!

Jaringan yang terdiri dari serabut-serabut yang mampu berkontraksi dan memungkinkan gerakan tubuh adalah....


A. Jaringan epitel
B. Jaringan ikat
C. Jaringan otot
D. Jaringan saraf

JAWABAN BENAR

C.

Jaringan otot

PEMBAHASAN

Jaringan yang terdiri dari serabut-serabut yang mampu berkontraksi dan memungkinkan gerakan tubuh adalah jaringan otot. Jaringan otot memungkinkan kontraksi dan relaksasi untuk menghasilkan gerakan pada organisme.

redesain-navbar Portlet