APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

MATERI

Konsep Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia


Sumber: manajemenppm.wordpress.com

Apa sih definisi kelangkaan dan kebutuhan manusia?

Kebutuhan bisa diartikan segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup dan memperoleh kesejahteraan. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia rela untuk melakukan berbagai aktivitas yang mampu melakukannya demi terpenuhi kebutuhan hidupnya. Sobat Pintar, tau nggak sih kalo setiap manusia pasti punya kebutuhan? Dari kebutuhan-kebutuhan yang super duper banyak dan tidak terorganisir itu akan menyebabkan terjadinya kelangkaan karena jumlah stok barang atau alat pemenuh kebutuhan itu jumlahnya terbatas. 

Lalu, apa sih yang disebut dengan kelangkaan itu? Kelangkaan (scarcity) adalah suatu keadaan dimana kebutuhan manusia yang tidak terbatas dihadapkan pada alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Jadi, kebutuhan manusia yang beraneka ragam dan banyak itu terbentur pada keadaan dimana jumlah stok barang dan alat pemenuh kebutuhannya yang terbatas sehingga tidak sepenuhnya dapat terpenuhi dan menyebabkan kelangkaan.
 

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
1. Jenis Kelamin
Jenis Kelamin menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia karena kebutuhan antara laki-laki berbeda dengan kebutuhan perempuan
Contohnya: Anak perempuan menyukai alat-alat make up sedangkan anak laki-laki menyukai permainan sepak bola.

2. Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan seseorang akan mempengaruhi kebutuhannya dikarenakan jenjang pendidikan seseorang memiliki kebutuhan yang berbeda
Contohnya: Siswa SD membutuhkan sempoa untuk alat bantu berhitung sedangkan mahasiswa pada perguruan tinggi membutuhkan laptop untuk menyusun tugas akhir kuliah.


Sumber: pixabay.com

3. Kondisi Lingkungan
Kondisi lingkungan tempat tinggal yang berbeda-beda menyebabkan adanya perbedaan kebutuhan antar masyarakatnya. Masyarakat di daerah dataran tinggi memiliki kebutuhan yang berbeda dengan masyarakat di daerah pesisir pantai dan juga dataran rendah.
Contohnya: Masyarakat di daerah dataran tinggi memerlukan pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh.

4. Tingkat Pendapatan
Kebutuhan seseorang akan menyesuaikan dengan tingkat pendapatan yang dimilikinya. Semakin tinggi pendapatan seseorang, maka kebutuhan hidupnya akan semakin banyak dan beragam.
Contohnya: Orang yang berpendapatan 1 juta/bulan dengan orang yang berpendapatan 10 juta/bulan tentunya akan memiliki kebutuhan yang berbeda dengan menyesuaikan pendapatannya.

5. Tingkat Ilmu Pengetahuan
Di tengah perkembangan Revolusi Industri dan Globalisasi, tingkat ilmu pengetahuan semakin mudah untuk diakses dan teknologi yang berkembang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Perkembangan Revolusi Industri dan Globalisasi yang tidak bisa dihindari menyebabkan semua manusia harus siap dengan teknologi dan mengikuti perkembangannya
Contohnya: Pada 20 tahun yang lalu paket data masih belum dikenal, namun pada saat ini paket data merupakan suatu kebutuhan manusia. Paket data digunakan untuk mengakses internet dimana manusia bisa belajar, bekerja, dan melakukan aktivitas-aktivitas di dunia maya.

Sumber: duniakampus7.blogspot.com

6. Status Sosial
Status sosial seseorang di masyarakat apabila semakin tinggi maka akan memiliki kebutuhan yang semakin banyak. Kebutuhan tersebut digunakan sebagai penunjang karir, keluarga, dan lain-lain.
Contoh: Seorang direktur membutuhkan laptop dengan teknologi yang terbaru serta penyimpanan yang besar, namun seorang mahasiswa hanya membutuhkan laptop yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran.
 

 

 

Faktor yang Mempengaruhi Kelangkaan

Faktor yang Mempengaruhi Kelangkaan
1. Kepadatan Penduduk
Menurut seorang ekonom Thomas Robert Malthus, kelangkaan dapat terjadi karena pertumbuhan manusia lebih cepat dibanding pertumbuhan produksi barang dan jasa. Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibanding pertumbuhan barang menyebabkan kelangkaan.

Sumber: economiczone.id

2. Perbedaan Letak Geografis
Perbedaan letak geografis bisa menyebabkan kelangkaan karena akses suatu wilayah geografis untuk dijangkau guna kegiatan distribusi barang. Akses yang jauh dari tempat produsen atau wilayah yang sulit diakses dengan transportasi akan menyebabkan ketersediaan barang sedikit dan kegiatan distribusi barang memerlukan waktu yang relatif lebih lama.
Contohnya: Harga ikan laut di daerah dataran tinggi relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan sayur-sayuran. 

Sumber: ockym.blogspot.com

3. Perkembangan Teknologi
Jika di negara maju perkembangan teknologinya menggunakan teknologi yang terbaru sehingga kegiatan transportasi dan produksi barang lebih cepat. Hal tersebut akan menunjang kegiatan distribusi barang kepada konsumen tidak memakan waktu yang lama dan kegiatan produksi barang lebih cepat dan menghasilkan barang yang banyak. Akan tetapi, jika di negara berkembang yang teknologinya masih tertinggal menyebabkan distribusi barang dan produksi barang memakan waktu yang lebih lama. Perkembangan teknologi inilah yang mempengaruhi kelangkaan suatu barang karena proses distribusi barang dan produksi barang yang memerlukan waktu yang lama.


Sumber: payrollbozz.com

4. Kemampuan Produksi
Kapasitas produksi perusahaan terbatas karena pekerja membutuhkan istirahat, libur, sakit, mengalami kebosanan dalam bekerja, keterbatasan bahan baku ataupun sumber daya sehingga jumlah produk yang dihasilkan tidak sebanyak kebutuhan.

5. Bencana
Bencana dapat mempengaruhi kelangkaan karena akses wilayah yang tertutup sehingga tidak bisa terjadi proses distribusi barang, perusahaan yang memproduksi barang tidak dapat melakukan produksi karena alat-alat dan mesin yang rusak, dan para pekerja yang tidak dapat melakukan aktivitasnya karena terdampak bencana. Bencana dapat dikategorikan sebagai bencana alam dan bencana non alam. Bencana alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus, dll. Sedangkan bencana non alam seperti wabah penyakit.

Sumber: malangtimes.com

Motif Ekonomi

 

Apa itu Motif Ekonomi?

Motif ekonomi merupakan keinginan atau alasan untuk melakukan tindakan atau kegiatan yang ada hubungannya dengan ekonomi. Motif ekonomi manusia dibedakan menjadi motif intrinsik yaitu keinginan yang berasal dari dalam diri sendiri dan motif ekstrinsik yaitu keinginan yang berasal dari luar diri sendiri. Secara umum, motif ekonomi digolongkan menjadi 4, yaitu:

1. Motif untuk memenuhi kebutuhan
Motif untuk memenuhi kebutuhan merupakan alasan seseorang melakukan kegiatan ekonomi. Setiap orang melakukan berbagai kegiatan ekonomi untuk memperoleh penghasilan. Selanjutnya, penghasilan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Jika penghasilannya tidak mencukupi, orang tersebut akan berusaha melakukan kegiatan ekonomi lain untuk memperoleh tambahan penghasilan.

2. Motif untuk berbuat sosial
Setiap orang memiliki rasa kemanusiaan. Selain ingin memenuhi kebutuhannya, manusia ingin menolong atau membantu manusia lain. Motif ini perlu dibiasakan dalam kehidupan masyarakat agar sesama manusia hidup layak.

3. Motif untuk mendapatkan penghargaan
Penghargaan yang ingin dicapai seseorang dalam melakukan tindakan ekonomi tidak hanya sebatas pujian atau piagam. Penghargaan yang dimaksud adalah meningkatkan status sosial seseorang di lingkungan sekitar. penghargaan dapat diperoleh jika seseorang mampu meraih prestasi. Adanya penghargaan dapat memotivasi seseorang untuk lebih giat berkarya. 

4. Motif untuk memperoleh kekuasaan
Motif ini muncul setelah seseorang mampu mengembangkan usahanya. Manusia terkadang tidak puas dengan sesuatu yang telah didapatkan sehingga muncul suatu kondisi dimana seseorang melakukan berbagai aktivitas dan mengembangkan usahanya agar semakin besar. Perluasan usaha dapat dilakukan dengan membuat diversifikasi produk, mendirikan anak perusahaan, dan membeli perusahaan lain. Perluasan usaha tersebut bertujuan menguasai pasar sehingga keuntungan dapat ditingkatkan.

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Pak Danu sebagai seorang guru memiliki kebutuhan untuk memiliki laptop, proyektor, LCD, dan sound guna menunjang bahan ajarnya. Sedangkan Mifta sebagai seorang siswa hanya memiliki kebutuhan untuk membeli alat tulis untuk mencatat materi yang telah diberikan oleh Pak Danu. Perbedaan kebutuhan antara Pak Danu dan Mifta disebabkan oleh .... 


A. Status sosial
B. Jenis kelamin
C. Kondisi lingkungan
D. Tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi

JAWABAN BENAR

A.

Status sosial

PEMBAHASAN

Pak Danu dan Mifta memiliki profesi yang berbeda. Pak Danu sebagai seorang guru sedangkan Mifta seorang siswa. Perbedaan ini dilatar belakangi karena status sosial Pak Danu dan Mifta di masyarakat berbeda. Perbedaan ini yang menyebabkan kebutuhan yang dimiliki menjadi tidak sama.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Bu Tina membuka butik atas namanya sendiri. Karena butiknya tersebut semakin maju dan ramai penjual dari berbagai kota di Indonesia, Bu Tina berniat untuk membuka berbagai cabang baru di berbagai kota. Bu Tina mempunyai banyak pekerja yang membantu mengurus butiknya. Dalam kasus ini, motif ekonomi yang dilakukan oleh Bu Tina adalah…


A. Memperoleh kekuasaan
B. Dapat berbuat sosial
C. Memperoleh penghargaan
D. Mencapai kemakmuran

JAWABAN BENAR

A.

Memperoleh kekuasaan

PEMBAHASAN

Pada ilustrasi tersebut Bu Tina berniat untuk mengembangkan usaha butiknya di berbagai kota di Indonesia dengan membuka cabang-cabang baru. Dengan melakukan hal tersebut, keuntungan yang didapatkan oleh Bu Tina akan semakin besar. Motif yang dilakukan oleh Bu Tina adalah untuk memperoleh kekuasaan yang mendorongnya untuk melakukan perluasan usaha.

redesain-navbar Portlet