APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

MATERI

Permintaan

Definisi Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang dan/atau jasa yang diinginkan seseorang untuk dibeli pada berbagai tingkat satuan harga, waktu, dan tepat tertentu

Hukum Permintaan
Semakin rendah harga barang dan/atau jasa, semakin banyak jumlah barang dan/atau jasa yang diminta
Semakin tinggi harga barang dan/atau jasa, semakin sedikit jumlah barang dan/atau jasa yang diminta
Hukum permintaan akan berlaku jika faktor-faktor lain yang mempengaruhi jumlah barang dan/atau jasa yang diminta tidak berubah.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
1. Harga Barang
Harga barang berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta. Jika harga barang naik, jumlah barang yang diminta berkurang. Namun, jika harga barang turun, jumlah barang yang diminta bertambah.

2. Kualitas Barang
Jika kualitas barang bagus dan harganya sedikit lebih mahal dari barang yang sama, masyarakat lebih memilih barang tersebut. Jika kualitas barang buruk, permintaan terhadap barang tersebut akan berkurang.

3. Besarnya Pendapatan Konsumen
Jika pendapatan konsumen naik, maka permintaan terhadap suatu barang akan mengalami kenaikan. Sebaliknya, jika pendapatan konsumen turun, maka permintaan terhadap suatu barang akan mengalami penurunan.

4. Harga Barang Lain
Banyak sedikitnya jumlah barang yang diminta juga dipengaruhi harga barang pengganti (substitusi) dan barang pelengkap (komplementer). Jika harga barang pengganti turun, permintaan terhadap barang yang digantikan akan turun. Kondisi ini karena masyarakat akan beralih membeli barang pengganti (substitusi).

5. Jumlah Penduduk
Semakin banyak jumlah penduduk di suatu negara, maka akan semakin tinggi pula permintaan barang dan/atau jasa.

6. Selera Konsumen Itu Sendiri
Jika selera masyarakat terhadap suatu barang dan/atau jasa meningkat, maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat. 

7. Prediksi Masa Depan
Jumlah permintaan suatu barang dan/atau jasa dipengaruhi oleh prediksi harga masa depan. Jika harga suatu barang dan/atau jasa diperkirakan naik, maka konsumen akan menambah permintaan terhadap barang dan/atau jasa tersebut sebelum mengalami kenaikan. Jika harga tersebut diperkirakan turun, konsumen akan mengurangi permintaannya saat ini.
 

Penawaran

Definisi Penawaran

Penawaran (supply) adalah jumlah barang yang ditawarkan pada waktu, tempat, dan tingkat harga tertentu. Barang yang ditawarkan berasal dari proses produksi yang dilakukan oleh produsen. Selanjutnya, barang tersebut ditawarkan kepada masyarakat pada tingkat harga tertentu.

Hukum Penawaran
Semakin tinggi harga suatu barang dan/atau jasa, semakin banyak jumlah barang dan/atau jasa yang ditawarkan produsen (penjual)
Semakin rendah harga suatu barang dan/atau jasa, semakin sedikit jumlah barang dan/atau jasa yang ditawarkan produsen (penjual)

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
1. Harga
Harga barang mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan seperti dalam hukum penawaran, yaitu harga naik maka penawaran akan naik. Jika harga turun, maka penawaran juga akan mengalami penurunan.

2. Biaya Produksi
Biaya produksi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan/membuat sebuah produk. Jika biaya produksi mengalami kenaikan, maka kemampuan perusahaan dalam menciptakan barang/jasa akan mengalami penurunan sehingga penawaran yang dilakukan perusahaan akan mengalami penurunan. Sebaliknya, apabila biaya produksi turun, maka kemampuan perusahaan dalam menciptakan barang/jasa akan mengalami peningkatan sehingga penawaran akan mengalami kenaikan.

3. Teknologi
Tingkat teknologi yang digunakan akan membuat biaya produksi turun sehingga jumlah barang yang ditawarkan bertambah.

4. Prediksi Produsen di Masa Mendatang
Jika suatu produsen memprediksi kenaikan harga beras bulan depan, maka produsen tersebut akan mengurangi stok penjualan beras. Dengan membatasi stok, produsen berharap akan mendapatkan keuntungan penjualan di bulan depan.

Faktor Non Ekonomi
Faktor non ekonomi merupakan faktor yang dapat memengaruhi penawaran di luar faktor ekonomi seperti bencana alam.

Pasar

Definisi Pasar

Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Saat ini, pasar bisa dilakukan secara daring/online tanpa melakukan pertemuan secara langsung dimana penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli melalui marketplace atau situs jual beli online yang ada di internet.
 

Fungsi Pasar
1. Fungsi Distribusi
Dengan adanya pasar, kegiatan distribusi barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen menjadi lancar. Di satu sisi, adanya pasar memungkinkan produsen dapat memasarkan barangnya baik secara langsung maupun melalui perantara. Konsumen juga dapat memperoleh barang yang diinginkan secara mudah dan cepat. Lancarnya kegiatan distribusi barang dan/atau jasa menunjukkan pasar berfungsi dengan baik.

2. Fungsi Pembentuk Harga
Pada sebuah pasar dimungkinkan adanya tawar-menawar harga antara penjual dan pembeli. Kegiatan tawar-menawar tersebut akan menghasilkan kesepakatan harga atau harga pasar. Terbentuknya harga pasar menunjukkan fungsi pasar sebagai pembentuk harga.

3. Fungsi Promosi
Pasar berfungsi sebagai tempat mengenalkan hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Strategi promosi penjualan yang tepat akan berdampak pada jumlah omzet yang diperoleh produsen atas penjualan produk tertentu.

 

Jenis-Jenis Pasar
a. Pasar Konkret
Tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara langsung serta barang yang dijual tersedia di pasar atau pasar yang biasa dikunjungi.


Sumber: bisnis.tempo.co

 

b. Pasar Abstrak
Pasar abstrak merupakan tempat dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Pembeli juga tidak dapat melihat langsung barang yang dijual, tetapi hanya melihat gambar yang ditampilkan dalam sebuah aplikasi. Pasar abstrak juga dikenal sebagai pasar belanja online. Penjual dan pembeli melakukan komunikasi melalui telepon atau kiriman pesan yang ada di aplikasi online shop, dan sistem pembayarannya melalui antar rekening atau menggunakan alat yang disediakan aplikasi online shop.

Sumber: ginee.com

 

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Berikut ini yang merupakan bunyi hukum permintaan yang benar adalah…


A. Jika harga naik maka jumlah barang yang diminta naik, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta turun
B. Jika harga naik maka jumlah barang yang diminta tetap, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta naik
C. Jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan turun, sedangkan jika harga naik maka jumlah barang yang diminta tetap
D. Jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan turun, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta naik

JAWABAN BENAR

D.

Jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan turun, sedangkan jika harga turun maka jumlah barang yang diminta naik

PEMBAHASAN

Bunyi hukum permintaan yang tepat adalah ketika harga suatu barang dan/atau jasa sedang turun maka jumlah barang dan/atau jasa yang diminta oleh pasar akan mengalami kenaikan, namun apabila harga barang dan/atau jasa sedang naik maka jumlah barang dan/atau jasa yang diminta oleh pasar akan mengalami penurunan.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Kemudahan berbelanja secara daring/online dan tawaran produk asing dengan harga murah mendorong berkembangnya gaya hidup konsumtif dalam masyarakat. Sikap yang perlu diterapkan konsumen untuk mencegah pengaruh negatif tersebut adalah…


A. Menyimpan uang yang dimiliki untuk ditabung di bank
B. Membuat daftar prioritas tentang kebutuhan yang harus dipenuhi
C. Membuat kartu kredit agar memudahkan saat berbelanja
D. Membeli barang-barang yang sedang diskon dan flash sale

JAWABAN BENAR

B.

Membuat daftar prioritas tentang kebutuhan yang harus dipenuhi

PEMBAHASAN

Situs berbelanja online memberikan kelebihan dimana pembeli tidak perlu meluangkan waktu untuk datang ke toko/store dan menawarkan harga yang lebih murah dengan beragam diskon. Namun, hal tersebut nyatanya akan menimbulkan gaya hidup konsumtif dimana akan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Maka, sikap yang tepat adalah membuat daftar prioritas tentang kebutuhan yang harus dipenuhi atau kebutuhan yang sifatnya mendesak.

redesain-navbar Portlet