APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Interaksi Sosial dan Pembentukan Lembaga Sosial

MATERI

Pengertian Lembaga Sosial


 


Sumber: yuksinau.id

Pengertian Lembaga Sosial

Lembaga sosial merupakan wadah bagi sekumpulan norma sosial yang tersusun secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam lembaga sosial terdapat sekumpulan norma-norma yang ditaati oleh anggota dari lembaga sosial tersebut.
 

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

Ciri-Ciri Lembaga Sosial

  1. Memiliki simbol sendiri yang digunakan sebagai ciri khusus lembaga;
  2. Memiliki tata tertib yang digunakan sebagai peraturan baik secara tertulis dan tidak tertulis yang wajib ditaati oleh seluruh anggotanya;
  3. Adanya pewarisan antar generasi bagi lembaga yang berumur lama;
  4. Memiliki ideologi atau sistem gagasan mendasar yang dimiliki bersama dan dianggap ideal oleh anggotanya;
  5. Memiliki alat kelengkapan untuk mewujudkan tujuan lembaga;
  6. Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan agar lembaga tidak akan lenyap begitu saja ketika diterpa masalah maupun konflik.
     

Fungsi Lembaga Sosial

 


Apa saja sih fungsi lembaga sosial?

  1. Memberikan pedoman dalam bertingkah laku;
  2. Menjaga keutuhan masyarakat;
  3. Mendorong sistem pengendalian sosial (kontrol sosial).
     

Jenis-Jenis Lembaga Sosial

Sobat Pintar! Gak lengkap kalo kita udah belajar tentang lembaga sosial tapi ga belajar tentang jenis-jenis lembaga sosial. So, langsung simak materinya di bawah ini!

1. Lembaga Keluarga
Keluarga merupakan satuan kekerabatan yang paling mendasar dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak. Keluarga disebut lembaga karena dalam keluarga ada aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota. Misalnya aturan larangan pulang malam bagi semua anak-anak, aturan untuk tidak tidur larut malam.

2. Lembaga Agama
Lembaga agama merupakan sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat. Agama merupakan ajaran, sistem, yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia. Lembaga agama didasarkan pada aturan agama tertentu yang membuat hubungan umat dengan TuhanNya.

3. Lembaga Pendidikan
Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan di masyarakat. Lembaga pendidikan sangat penting untuk terus dipelihara oleh masyarakat karena fungsinya yang sangat penting. Lembaga Pendidikan merupakan lembaga yang berperan untuk mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang berpendidikan dan menjamin kualitas penduduk di suatu negara.

4. Lembaga Ekonomi
Lembaga ekonomi merupakan lembaga yang bertujuan untuk mengatur kegiatan ekonomi di masyarakat. Kegiatan ekonomi antara lain perdagangan, ketenagakerjaan, dan juga transaksi jual beli.

5. Lembaga Politik
Lembaga politik merupakan lembaga yang mengatur semua aktivitas yang berkaitan dengan perpolitikan. Lembaga politik ini bisa dilakukan oleh pihak swasta maupun negara.

Contoh lembaga politik yang diselenggarakan oleh pihak swasta adalah partai politik. Sedangkan contoh lembaga politik yang diselenggarakan oleh negara adalah Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, dll.
 

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Penjelasan yang tepat mengenai lembaga sosial ditunjukkan oleh pernyataan…


A. Pola peraturan yang mendorong individu melanggar aturan
B. Sekumpulan peraturan yang mengatur kehidupan masyarakat
C. Seperangkat aturan yang berlaku dalam kurun waktu tertentu
D. Sekumpulan norma yang digunakan untuk memaksa orang lain

JAWABAN BENAR

B.

Sekumpulan peraturan yang mengatur kehidupan masyarakat

PEMBAHASAN

Lembaga sosial merupakan wadah bagi sekumpulan norma sosial yang tersusun secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam lembaga sosial terdapat sekumpulan norma-norma yang ditaati oleh anggota dari lembaga sosial tersebut.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Perhatikan beberapa fungsi lembaga sosial berikut!
1. Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah
2. Menjaga kestabilan kegiatan ekonomi dalam masyarakat
3. Membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi
4. Membuka kesempatan untuk memperbaiki nasib
5. Fungsi lembaga ekonomi ditunjukkan oleh angka…
 


A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 3) dan 4)
D. 2) dan 3)

JAWABAN BENAR

D.

2) dan 3)

PEMBAHASAN

Fungsi lembaga ekonomi dalam soal tersebut yang tepat adalah menjaga kestabilan ekonomi dan membantu menyelesaikan permasalahan ekonomi. Misalnya ketika harga cabe rawit sedang tidak stabil dan melambung tinggi maka fungsi dari lembaga ekonomi adalah membuat harga cabe rawit tersebut menjadi stabil dan hal tersebut juga bermakna menyelesaikan permasalahan ekonomi.

redesain-navbar Portlet