APSiswaNavbarV2

redesain-navbar Portlet

BelajarPintarV3

IPS

Manusia, Tempat, dan Lingkungan

MATERI

Kuantitas Penduduk

Bicara tentang penduduk, akan selalu berkaitan dengan yang namanya Kuantitas Penduduk. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan Kuantitas Penduduk? Simak pembahasannya di bawah ini ya Sobat Pintar!

1. Jumlah Penduduk
Penduduk adalah orang yang mendiami suatu wilayah sekurang-kurangnya 6 bulan secara berturut-turut, yang disahkan dengan undang-undang. Jumlah penduduk suatu wilayah setiap saat bisa mengalami penambahan dan pengurangan. Jumlah penduduk masing-masing negara akan berbeda dengan negara lainnya. Berikut ini merupakan jumlah penduduk terbanyak di dunia pada tahun 2020:


Sumber: oriflameid.com

 

2. Pertumbuhan Penduduk
Penambahan dan pengurangan jumlah penduduk dinamakan pertumbuhan penduduk. Penyebab pertambahan atau pengurangan jumlah penduduk adalah adanya kelahiran (natalitas), kematian (mortalitas), dan perpindahan penduduk (migrasi). Kelahiran dan kematian merupakan faktor pertumbuhan alami, sedangkan perpindahan penduduk merupakan faktor pertumbuhan non alami.

Kualitas Penduduk


 

Kualitas Penduduk

Kualitas penduduk adalah kondisi penduduk dalam aspek fisik dan nonfisik yang meliputi derajat kesehatan, pendidikan, pekerjaan, produktivitas, tingkat sosial, ketahanan, kemandirian, kecerdasan, sebagai ukuran dasar untuk mengembangkan kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai manusia yang bertakwa, berbudaya, berkepribadian, berkebangsaan dan hidup layak. Oleh sebab itu, kualitas penduduk Indonesia perlu ditingkatkan dengan berbagai cara berikut, yaitu:

  1. Meningkatkan karakter dengan menjaga kepatuhan terhadap ajaran kehidupan dalam masyarakat;
  2. Meningkatkan akses dan fasilitas pendidikan, misalnya dengan pemberian beasiswa bagi pelajar berprestasi, adanya bantuan operasional sekolah (BOS), dan program wajib belajar dua belas tahun;
  3. Meningkatkan kualitas Kesehatan melalui perbaikan pelayanan dan infrastruktur Kesehatan;
  4. Meningkatkan kesejahteraan melalui pemberian layanan social, asuransi, dan perlindungan masyarakat miskin;
  5. Mendorong perluasan kesempatan kerja melalui revitalisasi pertanian serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
     

1.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Berikut ini merupakan faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk, kecualiā€¦


A. Kelahiran
B. Kematian
C. Pendidikan
D. Migrasi

JAWABAN BENAR

C.

Pendidikan

PEMBAHASAN

Faktor yang menyebabkan pertumbuhan penduduk adalah kelahiran, kematian, dan migrasi penduduk. Jadi, dalam soal tersebut yang bukan faktor pertumbuhan penduduk adalah pendidikan.

2.

Pilihlah jawaban yang tepat dari soal di bawah ini!

Pada masa Orde Baru pemerintah Indonesia gencar mengkampanyekan gerakan Keluarga Berencana (KB). Gerakan tersebut bertujuanā€¦


A. Mengendalikan laju pertumbuhan penduduk
B. Meningkatkan taraf perekonomian penduduk
C. Mengurangi jumlah kebutuhan pangan
D. Memproyeksikan jumlah penduduk masa depan

JAWABAN BENAR

A.

Mengendalikan laju pertumbuhan penduduk

PEMBAHASAN

Program Keluarga Berencana (KB) bertujuan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Apabila laju pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan maka kesejahteraan penduduk akan menurun dimana banyak terjadi pengangguran karena jumlah lapangan pekerjaan lebih sedikit daripada jumlah penduduk yang ada.

redesain-navbar Portlet